Cara Jualan Token Listrik, Top Up Game dan Dompet Digital dengan Mitra Bukalapak 2023

0
  


Campusnesia.co.id - Setelah sebelumnya kita bahas cara jualan pulsa dan paket data dengan aplikasi Mitra Bukalapak, kali ini kita akan bahas lagi tentang jualan Token Listrik, Top Up Games dan Dompet Digital.

Hari ini nyaris semua listrik sudah menggunakan model token pulsa, namun belum semua orang punya aplikasi mobile banking sehingga toko yang menjual token listrik sangat dibutuhkan.

Kebutuhan token listrik ini akan selalu ada setiap minggu setiap bulan, jadi kemungkinan besar customer repeat order sangat besar.

Selain token listrik, bisa juga Top Up baik untuk Game maupun Dompet Digital dari Dana, Gopay, Shopeepay, LinkAja dan lain sebagainya. Cara ini bisa jadi cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan yang akan kami bahas adalah Cara Jualan Token Listrik, Top Up Game dan Dompet Digital dengan Mitra Bukalapak 2023.

Mitra Bukalapak adalah salah satu unit usaha yang diciptakan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengembangkan usaha hingga mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjadi mitra.

Semua orang saya yakin pasti bisa, cocok untuk sobat yang masih pelajar, mahasiswa, karyawan hingga orang ibu rumah tangga karena mudah dan praktis.

Sebenarnya banyak juga aplikasi serupa, misal dari shopee dan tokopedia, namun menurut pengalaman pribadi Mitra Bukalapak lebih sederhana dan simpel.

Kalau soal harga ya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan lah ya, ada yang lebih murah dan tentu saja ada yang lebih mahal.


Cara Jualan Token Listrik, Top Up Game dan Dompet Digital dengan Mitra Bukalapak 2023:

1. Download aplikasi Mitra Bukalapak di Playstore di sini

2. Instal aplikasi

3. Lakukan pendaftaran

4. Isi data diri sesuai permintaan

5. Isi saldo dengan mobile banking atau transfer ATM

6. Mulai jualan



Tentang harga jual silahkan sesuaikan dengan daerah masing-masing, selama masih untung silahkan. Umumnya setiap transaksi ditambahi marging keuntungan antara Rp 1.000-2.000.

Misal pulsa Top Up Game Free Fire 140 diamond dijual Rp 21.000 saldo Bukalapak akan terpotong Rp 21.200 yang artinya keuntungan kita adalah Rp 800.

Untuk dompet digital antara Rp 1.000-2.500 tergantung jumlah transaksi. Token listrik sendiri cukup besar, biasanya ditambah Rp 2.000 per transaksi.

Kecil memang, tapi kalau dalam sehari ada 25 kali pembelian maka sudah untung Rp 50.000 jadi kuncinya adalah mempernayak jumlah transaksi hariannya.

Demikian tadi postingan kita tentang Cara Jualan Token Listrik, Top Up Game dan Dompet Digital dengan Mitra Bukalapak 2023. Bagaimana sobat Campusnesia, mudah bukan? selamat mencoba semoga laris manis ya.


Penulis
Nandar

Cara Jualan Pulsa dan Paket Data dengan Mitra Bukalapak 2023

0
 




Campusnesia.co.id - Konon kabarnya tahun 2023 akan terjadi resesi ekonomi, jangan sedih sobat Campusnesia iansyallah rejeki enggak kemana. Buat sobat yang ingin dapat penghasilan tambahan yang halal dan mudah, kami punya kabar baiknya.

Penghasilan tambahan yang akan kami bahas adalah Jualan Pulsa dan Paket Data dengan Mitra Bukalapak 2023.

Mitra Bukalapak adalah salah satu unit usaha yang diciptakan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengembangkan usaha hingga mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjadi mitra.

Semua orang saya yakin pasti bisa, cocok untuk sobat yang masih pelajar, mahasiswa, karyawan hingga orang ibu rumah tangga karena mudah dan praktis.

Sebenarnya banyak juga aplikasi serupa, misal dari shopee dan tokopedia, namun menurut pengalaman pribadi Mitra Bukalapak lebih sederhana dan simpel.

Kalau soal harga ya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan lah ya, ada yang lebih murah dan tentu saja ada yang lebih mahal.


Cara Jualan Pulsa dan Paket Data dengan Mitra Bukalapak 2023:

1. Download aplikasi Mitra Bukalapak di Playstore di sini

2. Instal aplikasi

3. Lakukan pendaftaran

4. Isi saldo dengan mobile banking atau transfer ATM

5. Mulai jualan



Tentang harga jual silahkan sesuaikan dengan daerah masing-masing, selama masih untung silahkan. Umumnya setiap transaksi ditambahi marging keuntungan antara Rp 1.000-2.000.

Misal pulsa Telkomsel yang 10.000 dijual Rp 12.000 saldo Bukalapak akan terpotong Rp 10.650 yang artinya keuntungan kita adalah Rp 1.350.

Kecil memang, tapi kalau dalam sehari ada 50 kali pembelian maka sudah untung Rp 67.500 jadi kuncinya adalah mempernayak jumlah transaksi hariannya.

Bagaimana sobat Campusnesia, mudah bukan? selamat mencoba semoga laris manis ya.


Penulis
Nandar

Highly Recomendation 14 Websites to Have Fun With Your Photos Free

0
 


Campusnesia.co.id - Bosen gak sih efek foto yang ada di HP dan aplikasi terinstal? untuk lebih leluasa mengedit foto sekrang tidak perlu menguasai Photoshop atau corel draw untuk mengedit dan menambahkan efek ke foto kita. 

Karena ada beberapa website yang sangat bagus yang memungkinkan menambahkan efek ke foto kita dengan menggunakan template efek yang ada.

Kabar bailknya semuanya Free dan bisa dikerjakan dengan online tanpa harus download aplikasinya terlebih dahulu.

Bebrapa diantaranya bahkan sudah menerapkan teknologi Ai, apa saja? ini dia Highly Recomendation 14 Websites to Have Fun With Your Photos.


1. Canva   (https://www.canva.com)


2. PhotoFunia  (https://photofunia.com/)


3. Photo505  (https://photo505.com/)


4. Loonapic  (https://www.loonapix.com/)
 

5. Write On It   (https://www.photofunny.net/)
 

6. Dumpr   (http://www.dumpr.net/)
 

7. Anymaking   (https://anymaking.com/)


8. PiZap   (https://www.pizap.com/)


9. Funny Photos  (https://funny.pho.to/)


10. Fake Magazine Cover  (https://www.yourcover.com/)


11. Personalized money   (https://www.festisite.com/money/us_dollar_1/




13. BeFunky   (https://www.befunky.com/)


14. Gifmaker   (http://freegifmaker.me/)



sumber: https://www.hongkiat.com/blog/25-websites-to-have-fun-with-your-photos/

Recomendation Aesthetic Minimalistic Wallpaper Desktop Background

0
 

Campusnesia.co.id - For our reader, if you are find out Wallpaper Desktop Background, this is for you guys, Recomendation Aesthetic Minimalistic Wallpaper Desktop Background.

Good wallpaper desktop background make mood and spirit to doing many task.



















source: https://www.hongkiat.com/blog/beautiful-minimalist-desktop-wallpapers/

Daftar Kedai Roti Bakar Enak di Sekitar Tembalang Semarang Dekat Undip

0
 



Campusnesia.co.id - Roti bakar adalah salah satu pilihan tepat untuk ngemil yang bisa menahan lapar sekaligus banyak varian. Karena biasanya dalam satu potong roti bakar ada setidaknya dua pilihan isian selai.

Ada pula yang berbentuk roti lapis, disajikan dengan selai dan toping beragam dari nutela, parutan keju hingga siraman susu kental manis.

Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan Daftar Kedai Roti Bakar Enak di Sekitar Tembalang Semarang Dekat Undip.


1. Roti Bakar Bandung Mas Royy
Alamat: 
Pedalangan, Kec. Banyumanik, 
Kota Semarang,
 Jawa Tengah 50268



2. Roti Bakar Enaque
Alamat: 
Jl. Banjarsari No.28, Tembalang, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Jam Tutup pukul 22.00
Telepon: 0899-5577-779



3. Roti Bakar Bukedbakar Tembalang
Alamat: 
Jl. Banjarsari No.42, Tembalang, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Jam Tutup pukul 22.00
Telepon: 0813-9042-1931



4. Roti Bakar Serasa
Alamat: 
Jl. Banjarsari No.14a, Tembalang, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275



5. Roti Bakar Pastry 24
Alamat: 
Jl. Banjarsari Selatan No.24, 
Bulusan, Kec. Tembalang, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50268
Jam Tutup pukul 23.00
Telepon: 0812-2871-2147



6. Roti Bakar Juragan Muda
Alamat: 
Pedalangan, Kec. Banyumanik, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50268
Jam Tutup pukul 23.30



7. Waroeng Roti Bakar Baroekah
Alamat: 
Jl. Mulawarman Selatan Raya Kelurahan No.27, 
Kramas, Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50175
Jam Tutup pukul 22.30
Telepon: 0812-3577-2167



8. Roti Bakar Atom
Alamat: 
Jl. Jati Emas No.2, Pedalangan, 
Kec. Banyumanik, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50268
Jam tutup pukul 23.00
Telepon: 0812-1509-3569



9. Roti Bakar Pelangi Kramas
Alamat: 
Jl. Mulawarman Raya No.28, Kramas, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang,
Jawa Tengah 50278
Jam Tutup pukul 22.00
Telepon: 0812-2583-6417



10. Roti Bakar  ASEP TI Bandung
Alamat: 
Jl. Prof. Sudarto No.20, Pedalangan, 
Kec. Tembalang, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50275
Jam Tutup pukul 00.00
Telepon: 0822-2646-3033



Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Daftar Kedai Roti Bakar Enak di Sekitar Tembalang Semarang Dekat Undip. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


How does Synthetic Division Make Polynomials Division Easy?

0
 


Campusnesia.co.id - Synthetic division is a difficult concept for the students and they find it industrious to understand it. But if we break the various parts of the polynomial division then it would become a little easy for us. The synthetic division calculator can be a good online tool to make long division simple and fast for yourself. Without creating an understanding of the basics of the long division then it can be easy for you to do the long division. The design of the polynomial has been done by the same procedure as the First you need to identify the various parts of the synthetic division and how we can solve it:

Parts of the Synthetic division:

The four parts of the synthetic division of the polynomial are as follows:

“Dividend= Divisor × Quotient + Remainder”

The Dividend:
The dividend is equal to the multiplication of the divisor and the quotient and you need to add the reminder if it exists. It is essential to learn the long division manually and for online help just use the synthetic division calculator with steps.

The Divisor:
The Divisor is the number by which you are dividing the dividend, In the long division of the polynomial the divisor and the dividend both should be the polynomial.They can’t be a number in the long division of the polynomial, but they can be used after the variable like x+4,x+8, or x+12 etc. The synthetic substitution calculator can be used to find the answer to the synthetic division.

The Quotient:
The Quotient is actually the answer to the long division and you need to remember the quotient is also the polynomial in the long division of the polynomial. It is calculated by measuring the difference between the dividend and the divisor.

The Remainder:
The reminder is the remaining portion of the long division, and you normally write at the end of the long division. The synthetic division calculator is used to find the quotient and the remainder of the long division.

When you are able to find the Quotient and the Remainder, then you will be able to find the answer to the question.


For The Practical Example lets we explain in PDF format view:

Google My Business, Inovasi Google Bak Pedang Bermata Dua

0
 


Campusnesia.co.id - Baru-baru ini ramai di twitter seorang pemimpin redaksi sebuah media alternatif yang mentwit pengalaman tidak menyenangkan saat malan di sebuah kedai.

Twit tersebut ramai hingga beberapa balasan mencantumkan screenshot rating bintang 1 serta ulasan negatif di akun Google my Business.

Sehari berselang yang bersangkutan kembali mentwit bahwa owner kedai tersebut sudah menghubungi dan keduanya saling memaafkan.

Sayang bola sudah bergulir dengan beragam opini netijen, di twit baru tersebut ada beberapa yang membalas dengan tangkapan layar rating bintang 1 serta ulasan negatif di akun Google my Business media yang dipimpinnya.

Postingan ini tidak bermaksud memperuncing perdebatan siapa yang benar dan salah, tapi saya pribadi jadi prihatin (baca ngeri) dengan cara-cara warganet dalam melakukan cancel culture.

Google my Business adalah produk google yang memungkinkan penggunanya membuat akun untum tempat usaha, kantor, warung, resto dan lain-lain.

Fiturnya bagus, selain informasi alamat, nomer telpon, website, jam operasional juga dilengkapi integrasi dengan titik lokasi di Google Map. Dengan ekosiatem google, nyaris setiap pencarian tetang alamat suatu tempat, Google my Business akan muncul paling atas, sangat membantu sekali.

Sistem rating dan ulasan juga tadinya jadi hal yang bagus, pelanggan yang sudah merasakan pengalaman bisa memberi apresiasi sekaligus meninggallan kesan.

Namun sayangnya ya itu tadi, sekaramg jadi sasaran tiap kali ada kesalahfahaman yang viral langsung jadi amukan massa.

Jujur, ketika memang kejadiannya sesuai fakta pelajaran dengan melampiaslan ke google ny business bisa dipahami.

Akan tetapi untuk kasus-kasus yang kesalahfahaman dan sudah diselesaikan, jejak rating dan ulasan negatif sering kali masih membekas.

Bak pedang bermata dua, bisa jadi senjata dan juga bumerang yang berbahaya nagi pemiliknya.

Senagai penutup, saya ingin mengajak pengguna internet untuk bijak, tak jarang hanya karena merasa kita anonim, antah barantah lalu tanpa berpikir panjang jadi jahat dengan ketikan.

Berlaku juga untuk sosial media seperti twitter dan instagram, apa-apa sekarang langsung menyerang sosial media.


Penulis
Mumun

Daftar 15 Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak Tahun 2022

0
 


Campusnesia.co.id - Tahun 2022 menjadi reborn dan pecah telur untuk industri perfilman Indonesia setelah dilanda pandemi nyaris dua tahun.

Akun twitter @bicaraboxoffice menyebut per tanggal 4 Desember 2022 jumlah penonton yang datang ke bioskop untuk menikmati film indonesia sebanyak 52.065.326.

Di tanggal yang sama, website filmindonesia.or.id mempublish 15 Film Indonesia peringkat teratas dalam perolehan jumlah penonton pada tahun 2022 berdasarkan tahun edar film.


Dari 15 film di atas, 9 diantaranya didominasi oleh film horor, KKN di Desa Penari yang sempat berkali-kali diundur penayangannya berhasil memecahkan rekor sebagai film Horor Terlaris dan Film Indonesia Terlaris Sepanjang masa (setidaknya hingga 4 Desember 2022) dengan perolehan 9.233.847 mengalahkan Warkop DKI Reborn.

Film Joko Anwar Pengabdi Setan 2 nangkring di posisi dua dengan 6.390.970 3 penonton dan Miracle in Cell No 7 di posisi tiga dnegan capaian 5.852.916 penonton.


Sumber: http://filmindonesia.or.id/movie/viewer#.Y425OdIxc0N

Cara Efektif Menambah Subscriber YouTube 2023 Semua Orang Pasti Bisa

0
 


Campusnesia.co.id - Menjadi youtuber masih jadi cita-cita favorit banyak orang, bulan hanya anak kecil tapi juga orang dewasa.

Kalau anak-anak mungkin ingin jadi youtuber karena ingin terlihat keren serta terkenal layaknya idola mereka, para orang dewasa justru melihat peluang penghasilannya.

Namun, nyatanya tak semudah itu, agar sebuah channel bisa dimonetise dan memghasilkan pundi-pundi uang harus memenuhi persyaratan dari youtube yaitu minimum jumlah subscriber harus 1000 dan sudah ditonton setidaknya 4000 jam tayang.

Kalau jam tayang mungkin tidak begitu sulit, bebwrapa waktu lalu saya mencari tutorial dan menemukan cara yang sederhana walau mungkin agak curang, yaitu dengan menonton sendiri video kita dengan Google Chrome tanpa Sig In dan kecepatan videonya diperlambat jadi 0.25.

Dengan cara di atas, seorang youtuber ada yang membuktikan ampuh hingga hanya butuh 10 hari saja untuk bisa mencapai 4000 jam tayang.

Ketimbang mendapat 4000 jam tayang, 1000 subscriber menurut saya lebih susah, tapi bukan berarti tidak mungkin.

Lewat postingan kali ini, kami ingin berbagi tips dapat 1000 subciber dengan cara yang sederhana dan yakin semua oramg bisa.

Disclaimer, saat artikel ini ditulis subscriber channel youtube kami memang belum 1000 tapi progresnya menunjukkan hasil yang positif dan optimis bisa mencapai ketentuan minimal yang disyaratkan oleh Youtube.


1. Sering Upload Video
Meminjam istilah comika dan youtuber Nopek Novian ia menyebut dengan strategi Quantity Content.

Upload beberapa video dalam sehari, benar saja setidaknya 2-5 follower baru bisa saya dapatkan dengan mempraktekkan tips ini.

Mungkin beberapa pembaca akan merasa berat karena harus merekam video, edi da upload berkali-kali dalal sehari, padahal kan tidak mudah membuat video yang proper.

Solusinya buat saja video dengan editing seperlunya, saya coba dengan rekam durasi 5-10 menit, upload degan handphone dan kalau sudah ada waktu luang membuat desain tumbhnail yang menarik dengan software seperti corel draw atau canva.


2. Sering membuat Short
Short yang diciptakan youtube sebagai saingan Instagram Reels dan TikTok juga bisa jadi solusi.

Membuat Short jauh lebih kudah karena syarat durasinya di bawah 60 detik atau kurang dari 1 menit.

Kalau males, upload saja video-video yang tersimpan di galeri dari penyimpanan otomatis status whatsapp dan reel instagram.


3. Share di media sosial
Cara berikutnya setelah mengupload videp di youtube cobalah share di media sosial.

Berharap follower akan melihat postingan kita dan berminat untuk klik link untuk menonton bahkan subscribe.


4. Share di grup whatsapp
Cara ini ampuh, jangan lupa minta subcribes teman-teman grup whatsapp atau telegram biar segera mencapai 1000 subs.

Tapi jangan sering-sering ya, nanti dianggap spam.


5. Share di Kolom Komentar Youtube
Jadi misal saya pernah coba, share link video youtube tentang review drama korea di video trailer drama korea tersebut yang diupload oleh stasiun tv atau platform ott mereka.

Kuncinya jangan spam dan lakukan dengan smooth.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Cara Efektif Menambah Subcriber YouTube 2023 Semua Orang Pasti Bisa.

Oh ya jika menurut pembaca tulisan ini bermanfaat tolong subs channel youtube kami ya >> https://youtube.com/@campusnesia9969

Akan kami update jika ada tambahan tips baru, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis:
Nandar

Sejarah OpenAI AI Pencipta ChatGPT yang Lagi Viral

0
 



Campusnesia.co.id - Di twitter sedang ramai dibicarakan tentang website berbasis Ai yang bisa menuliskan artikel panjang hanya dengan beberapa kata sebagai clue.

Lalu banyak pula yang membicarakan sebuah perusahaan penelitian bernama OpenAI yang telah melahirkan ChatGPT, chat dengan kecerdasan buatan.

Lewat postingan kali ini, kami kutip dari lama openai.com dan wikipedia.org berikut kami hadirkan Mengenal OpenAI AI Pencipta ChatGPT yang Lagi Viral.



Tentang OpenAI

OpenAI adalah laboratorium penelitian kecerdasan buatan (AI) yang terdiri dari perusahaan nirlaba OpenAI LP dan perusahaan induknya, OpenAI Inc. nirlaba. Perusahaan, yang dianggap sebagai pesaing DeepMind, melakukan penelitian di bidang AI dengan menyatakan tujuan mempromosikan dan mengembangkan AI ramah dengan cara yang bermanfaat bagi umat manusia secara keseluruhan. 

Organisasi ini didirikan di San Francisco pada akhir 2015 oleh Elon Musk, Sam Altman, dan lainnya, yang secara kolektif menjanjikan US$1 miliar. Musk mengundurkan diri dari dewan pada Februari 2018 tetapi tetap menjadi donor. Pada 2019, OpenAI LP menerima investasi US$1 miliar dari Microsoft.



Sejarah OpenAI

Pada bulan Desember 2015, Elon Musk, Sam Altman, dan investor lainnya mengumumkan pembentukan OpenAI dan menjanjikan lebih dari US$1 miliar untuk usaha tersebut. Organisasi tersebut menyatakan akan "freely collaborate" dengan institusi dan peneliti lain dengan membuat paten dan penelitiannya terbuka untuk umum.

Pada tanggal 27 April 2016, OpenAI merilis versi beta publik "OpenAI Gym", platformnya untuk penelitian pembelajaran penguatan.

Pada tanggal 5 Desember 2016, OpenAI merilis "Universe", sebuah platform perangkat lunak untuk mengukur dan melatih kecerdasan umum AI di seluruh pasokan game, situs web, dan aplikasi dunia lainnya.

Pada 21 Februari 2018, Musk mengundurkan diri dari kursi dewannya, dengan alasan "potensi konflik (kepentingan) di masa depan" dengan pengembangan Tesla AI untuk mobil self-driving, tetapi tetap menjadi donor.

Pada tahun 2019, OpenAI beralih dari nirlaba menjadi "dibatasi" untuk laba, dengan batas laba ditetapkan menjadi 100X untuk investasi apa pun. Perusahaan membagikan ekuitas kepada karyawannya dan bermitra dengan Microsoft Corporation, yang mengumumkan paket investasi sebesar US$1 miliar ke dalam perusahaan. OpenAI kemudian mengumumkan niatnya untuk melisensikan teknologinya secara komersial, dengan Microsoft sebagai mitra pilihannya.

Pada tahun 2020, OpenAI berkantor pusat di Distrik Misi San Francisco, dan berbagi bekas gedung Pioneer Trunk Factory dengan Neuralink, perusahaan lain yang didirikan bersama oleh Musk.

Pada Juni 2020, OpenAI mengumumkan GPT-3, model bahasa yang dilatih untuk triliunan kata dari Internet. Ia juga mengumumkan bahwa API terkait, yang diberi nama sederhana "API", akan menjadi jantung dari produk komersial pertamanya. GPT-3 ditujukan untuk menjawab pertanyaan dengan bahasa alami, tetapi juga dapat menerjemahkan antar bahasa dan menghasilkan teks improvisasi secara koheren.


Pada Januari 2021, OpenAI memperkenalkan DALL-E. Satu tahun kemudian, sistem terbaru mereka, DALL·E 2, menghasilkan gambar yang lebih realistis dan akurat dengan resolusi 4x lebih besar.

Pada November 2022, OpenAI membuka ChatGPT yang berinteraksi menggunakan percakapan untuk masyarakat umum.


Orang-orang yang terlibat
CEO dan salah satu pendiri: Sam Altman, mantan presiden akselerator startup Y Combinator

Presiden dan salah satu pendiri: Greg Brockman, mantan CTO, karyawan ke-3 Stripe

Kepala Ilmuwan dan salah satu pendiri Ilya Sutskever, mantan pakar Google dalam pembelajaran mesin

Chief Technology Officer: Mira Murati, sebelumnya di Leap Motion dan Tesla, Inc.

Chief Operating Officer: Brad Lightcap, sebelumnya di Y Combinator dan JPMorgan Chase


Pendukung proyek lainnya termasuk:
Reid Hoffman, salah satu pendiri LinkedIn
Peter Thiel, salah satu pendiri PayPal
Jessica Livingston, mitra pendiri Y Combinator

Perusahaan:
Infosys, salah satu perusahaan IT terbesar di India
Divisi layanan cloud Microsoft


Kelompok ini dimulai pada awal Januari 2016 dengan sembilan peneliti. Menurut Wired, Brockman bertemu dengan Yoshua Bengio, salah satu "bapak pendiri" dari gerakan pembelajaran mendalam, dan menyusun daftar "peneliti terbaik di lapangan". 

Peter Lee dari Microsoft menyatakan bahwa biaya peneliti AI top melebihi biaya prospek quarterback NFL teratas. Sementara OpenAI membayar gaji tingkat perusahaan (bukan tingkat nirlaba), saat ini OpenAI tidak membayar gaji peneliti AI yang sebanding dengan Facebook atau Google. 

Namun demikian, Sutskever menyatakan bahwa dia bersedia meninggalkan Google untuk OpenAI "sebagian karena kelompok orang yang sangat kuat dan, sebagian besar, karena misinya." Brockman menyatakan bahwa "hal terbaik yang dapat saya bayangkan lakukan adalah mendekatkan umat manusia untuk membangun AI nyata dengan cara yang aman." Peneliti OpenAI Wojciech Zaremba menyatakan bahwa dia menolak tawaran "gila batas" dua hingga tiga kali lipat dari nilai pasarnya untuk bergabung dengan OpenAI.



Produk dan aplikasi
Penelitian OpenAI cenderung berfokus pada pembelajaran penguatan. OpenAI dipandang sebagai pesaing penting bagi DeepMind.


1. Gym
Gym bertujuan untuk menyediakan tolok ukur kecerdasan umum yang mudah diatur dengan berbagai macam lingkungan yang berbeda—agak mirip, tetapi lebih luas daripada, Tantangan Pengenalan Visual Skala Besar ImageNet yang digunakan dalam penelitian pembelajaran yang diawasi—dan berharap untuk menstandarkan cara di mana lingkungan didefinisikan dalam publikasi penelitian AI, sehingga penelitian yang diterbitkan menjadi lebih mudah direproduksi.

Proyek mengklaim untuk menyediakan pengguna dengan antarmuka yang sederhana. Mulai Juni 2017, Gym hanya dapat digunakan dengan Python. Mulai September 2017, situs dokumentasi Gym tidak dikelola, dan pekerjaan aktif difokuskan pada halaman GitHub-nya.



2. RoboSumo
Dalam "RoboSumo", robot "metalearning" humanoid virtual awalnya tidak memiliki pengetahuan tentang cara berjalan, dan diberi tujuan untuk belajar bergerak, dan mendorong agen lawan keluar dari ring. 

Melalui proses pembelajaran permusuhan ini, agen belajar bagaimana beradaptasi dengan kondisi yang berubah; ketika sebuah agen kemudian dikeluarkan dari lingkungan virtual ini dan ditempatkan di lingkungan virtual baru dengan angin kencang, agen tersebut bersiap untuk tetap tegak, menunjukkan bahwa ia telah belajar bagaimana menyeimbangkan dengan cara yang umum.
 
Igor Mordatch dari OpenAI berpendapat bahwa persaingan antar agen dapat menciptakan "perlombaan senjata" intelijen yang dapat meningkatkan kemampuan agen untuk berfungsi, bahkan di luar konteks persaingan.


3. Debate Game
Pada tahun 2018, OpenAI meluncurkan Debate Game, yang mengajarkan mesin untuk memperdebatkan masalah mainan di depan hakim manusia. Tujuannya adalah untuk meneliti apakah pendekatan semacam itu dapat membantu dalam mengaudit keputusan AI dan dalam mengembangkan AI yang dapat dijelaskan.


4. Dactyl
Dactyl menggunakan pembelajaran mesin untuk melatih Tangan Bayangan, tangan robot mirip manusia, untuk memanipulasi objek fisik. Ia belajar sepenuhnya dalam simulasi menggunakan algoritme pembelajaran penguatan dan kode pelatihan yang sama dengan OpenAI Five. 

OpenAI menangani masalah orientasi objek dengan menggunakan pengacakan domain, sebuah pendekatan simulasi yang menghadapkan pelajar ke berbagai pengalaman daripada mencoba menyesuaikan diri dengan kenyataan. 

Pengaturan untuk Dactyl, selain memiliki kamera pelacak gerak, juga memiliki kamera RGB untuk memungkinkan robot memanipulasi objek sewenang-wenang dengan melihatnya. Pada tahun 2018, OpenAI menunjukkan bahwa sistem tersebut mampu memanipulasi kubus dan prisma segi delapan.

Pada tahun 2019, OpenAI mendemonstrasikan bahwa Dactyl dapat memecahkan Rubik's Cube. Robot mampu memecahkan teka-teki 60% dari waktu. Objek seperti Kubus Rubik memperkenalkan fisika kompleks yang lebih sulit untuk dimodelkan. 

OpenAI memecahkan ini dengan meningkatkan ketahanan Dactyl terhadap gangguan; mereka menggunakan teknik yang disebut Pengacakan Domain Otomatis (ADR), sebuah pendekatan simulasi di mana lingkungan yang semakin sulit dihasilkan tanpa henti. ADR berbeda dari pengacakan domain manual karena tidak memerlukan manusia untuk menentukan rentang pengacakan.


5. Generative models

GPT
Makalah asli tentang pra-pelatihan generatif (GPT) model bahasa ditulis oleh Alec Radford dan rekannya, dan diterbitkan dalam pracetak di situs web OpenAI pada 11 Juni 2018.

Ini menunjukkan bagaimana model bahasa generatif mampu memperoleh pengetahuan dunia dan memproses ketergantungan jangka panjang dengan pra-pelatihan pada korpus yang beragam dengan bentangan panjang teks yang berdekatan.

GPT-2
Generatif Pre-trained Transformer 2, umumnya dikenal dengan singkatannya GPT-2, adalah model bahasa transformer tanpa pengawasan dan penerus GPT. GPT-2 pertama kali diumumkan pada Februari 2019, dengan hanya versi demonstratif terbatas yang awalnya dirilis ke publik. 

Versi lengkap GPT-2 tidak segera dirilis karena khawatir akan potensi penyalahgunaan, termasuk aplikasi untuk menulis berita palsu. Beberapa ahli menyatakan skeptis bahwa GPT-2 merupakan ancaman yang signifikan. Allen Institute for Artificial Intelligence menanggapi GPT-2 dengan alat untuk mendeteksi "berita palsu saraf".

Peneliti lain, seperti Jeremy Howard, memperingatkan tentang "teknologi untuk benar-benar mengisi Twitter, email, dan web dengan prosa yang terdengar masuk akal, sesuai konteks, yang akan menenggelamkan semua ucapan lain dan tidak mungkin untuk disaring". 

Pada November 2019, OpenAI merilis versi lengkap dari model bahasa GPT-2. Beberapa situs web menyelenggarakan demonstrasi interaktif dari contoh GPT-2 yang berbeda dan model transformator lainnya.

Penulis GPT-2 berpendapat model bahasa tanpa pengawasan menjadi pembelajar tujuan umum, diilustrasikan oleh GPT-2 yang mencapai akurasi dan kebingungan yang canggih pada 7 dari 8 tugas zero-shot (yaitu model tidak dilatih lebih lanjut pada tugas apa pun - contoh input-output tertentu). 

Korpus tempat pelatihannya, disebut WebText, berisi lebih dari 8 juta dokumen dengan total 40 GB teks dari URL yang dibagikan dalam kiriman Reddit dengan setidaknya 3 suara positif. Itu menghindari masalah tertentu pengkodean kosa kata dengan token kata dengan menggunakan pengkodean pasangan byte. Hal ini memungkinkan untuk mewakili rangkaian karakter apa pun dengan menyandikan karakter individu dan token multi-karakter.


GPT-3
Generatif Pre-trained Transformer 3, umumnya dikenal dengan singkatannya GPT-3, adalah model bahasa Transformer tanpa pengawasan dan penerus GPT-2. Ini pertama kali dijelaskan pada Mei 2020. OpenAI menyatakan bahwa versi lengkap GPT-3 berisi 175 miliar parameter, dua kali lipat lebih besar dari 1,5 miliar parameter dalam versi lengkap GPT-2 (walaupun model GPT-3 hanya memiliki 125 juta parameter juga dilatih).

OpenAI menyatakan bahwa GPT-3 berhasil dalam tugas "meta-learning" tertentu. Itu dapat menggeneralisasi tujuan dari pasangan input-output tunggal. Makalah ini memberikan contoh pembelajaran terjemahan dan transfer lintas bahasa antara bahasa Inggris dan Rumania, dan antara bahasa Inggris dan Jerman.

GPT-3 secara dramatis meningkatkan hasil benchmark dibandingkan GPT-2. OpenAI memperingatkan bahwa peningkatan model bahasa seperti itu dapat mendekati atau menghadapi keterbatasan kemampuan mendasar dari model bahasa prediktif. 

Pra-pelatihan GPT-3 membutuhkan komputasi beberapa ribu petaflop/s-hari, dibandingkan dengan puluhan petaflop/s-hari untuk model GPT-2 penuh.

Seperti pendahulunya, model GPT-3 yang sepenuhnya terlatih tidak segera dirilis ke publik karena kemungkinan penyalahgunaan, meskipun OpenAI berencana untuk mengizinkan akses melalui API cloud berbayar setelah beta pribadi gratis selama dua bulan yang dimulai. pada Juni 2020.

Pada tanggal 23 September 2020, GPT-3 dilisensikan secara eksklusif kepada Microsoft.


Music

API

DALL-E and CLIP

Microscop

Codex

Video game bots and benchmarks



Contoh Aplikasi OpenAI

Q&A
Answer questions based on existing knowledge.

Grammar correction
Corrects sentences into standard English.

Summarize for a 2nd grader
Translates difficult text into simpler concepts.

Natural language to OpenAI API
Create code to call to the OpenAI API using a natural language instruction.

Text to command
Translate text into programmatic commands.

English to other languages
Translates English text into French, Spanish and Japanese.

Natural language to Stripe API
Create code to call the Stripe API using natural language.

SQL translate
Translate natural language to SQL queries.

Parse unstructured data
Create tables from long form text

Classification
Classify items into categories via example.

Python to natural language
Explain a piece of Python code in human understandable language.

Movie to Emoji
Convert movie titles into emoji.

Calculate Time Complexity
Find the time complexity of a function.

Translate programming languages
Translate from one programming language to another

Advanced tweet classifier
Advanced sentiment detection for a piece of text.

Explain code
Explain a complicated piece of code.

Keywords
Extract keywords from a block of text.

Factual answering
Guide the model towards factual answering by showing it how to respond to questions that fall outside its knowledge base. Using a '?' to indicate a response to words and phrases that it doesn't know provides a natural response that seems to work better than more abstract replies.

Ad from product description
Turn a product description into ad copy.

Product name generator
Create product names from examples words. Influenced by a community prompt.

TL;DR summarization
Summarize text by adding a 'tl;dr:' to the end of a text passage. It shows that the API understands how to perform a number of tasks with no instructions.

Python bug fixer
Find and fix bugs in source code.

Spreadsheet creator
Create spreadsheets of various kinds of data. It's a long prompt but very versatile. Output can be copy+pasted into a text file and saved as a .csv with pipe separators.

JavaScript helper chatbot
Message-style bot that answers JavaScript questions

ML/AI language model tutor
Bot that answers questions about language models

Science fiction book list maker
Create a list of items for a given topic.

Tweet classifier
Basic sentiment detection for a piece of text.

Airport code extractor
Extract airport codes from text.

SQL request
Create simple SQL queries.

Extract contact information
Extract contact information from a block of text.

JavaScript to Python
Convert simple JavaScript expressions into Python.

Friend chat
Emulate a text message conversation.

Mood to color
Turn a text description into a color.

Write a Python docstring
An example of how to create a docstring for a given Python function. We specify the Python version, paste in the code, and then ask within a comment for a docstring, and give a characteristic beginning of a docstring

Analogy maker
Create analogies. Modified from a community prompt to require fewer examples.

JavaScript one line function
Turn a JavaScript function into a one liner.

Micro horror story creator
Creates two to three sentence short horror stories from a topic input.

Third-person converter
Converts first-person POV to the third-person. This is modified from a community prompt to use fewer examples.

Notes to summary
Turn meeting notes into a summary.

VR fitness idea generator
Create ideas for fitness and virtual reality games.

ESRB rating
Categorize text based upon ESRB ratings.

Essay outline
Generate an outline for a research topic.

Recipe creator (eat at your own risk)
Create a recipe from a list of ingredients.

Chat
Open ended conversation with an AI assistant.

Marv the sarcastic chat bot
Marv is a factual chatbot that is also sarcastic.

Turn by turn directions
Convert natural language to turn-by-turn directions.

Restaurant review creator
Turn a few words into a restaurant review.

Create study notes
Provide a topic and get study notes.

Interview questions
Create interview questions.


Sumber: