Bagaimana Cara Memilih Kabel Ethernet Terbaik?

 



Campusnesia.co.id - Mencari tahu kabel Ethernet manakah yang akan berfungsi paling baik untuk Anda merupakan tugas yang tidak mudah. Jika Anda adalah orang yang kurang mengerti akan kabel Ethernet dan ingin mengetahui kabel Ethernet manakah yang mesti dipilih, maka pada artikel singkat yang singkat ini, kami akan memandu Anda cara memilih kabel Ethernet terbaik.

Berikut ini adalah cara-cara yang mesti Anda perhatikan sebagai berikut:


1. Cari tahu kecepatan internet Anda
Cara termudah untuk memilih sebuah kabel Ethernet adalah dengan memilih kabel yang disesuaikan dengan jangkauan dan performa yang Anda perlukan. Silakan periksa rata-rata kecepatan broadband di rumah Anda terlebih dahulu yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan layanan uji kecepatan internet secara online. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki koneksi internet yang lebih lambat, seperti 10 atau 20 megabit per detik, maka Anda bisa memilih kabel internet dengan Cat 5 atau lebih baru. Namun, jika Anda memiliki internet dengan kecepatan cepat seperti 1 gigabit per detik, maka kabel Ethernet yang lama pun tidak akan menjadi masalah.  

Istilah “Cat” pada paragraf di atas berarti Category atau Kategori dalam bahasa Indonesia. Angka setelahnya menunjukkan versi spesifikasi yang didukung oleh kabel. Angka yang lebih tinggi merepresentasikan kecepatan yang lebih cepat dan frekuensi yang lebih tinggi, diukur dengan satuan megahertz (MHz).


2. Kenali berbagai tipe kabel Ethernet
Ternyata Anda perlu mengenali lebih lanjut beberapa tipe kabel Ethernet berdasarkan Kategorinya yang dapat Anda temukan di pasaran, sebagai berikut:

Cat 1 hingga Cat 5
Tipe kabel Ethernet ini sangat lama dan bahkan sudah tidak diproduksi lagi untuk penggunaan saat ini. Tipe kabel ini dianggap terlalu lambat dan usang, bahkan secara teknis bukanlah termasuk standar Ethernet yang resmi.

Cat 5e
Huruf ‘e’ di sini merupakan singkatan dari ‘enhanced’ atau ditingkatkan. Sebenarnya tidak ada perbedaan secara fisik antara kabel Cat 5 dan Cat 5e. Namun, pabrik memproduksi kabel Kategori 5e untuk menghilangkan transfer sinyal yang tidak diinginkan antar saluran komunikasi. Nyatanya, Cat 5e saat ini adalah kabel yang paling umum digunakan, dikarenakan biaya produksinya yang murah dan adanya dukungan terhadap kecepatan yang lebih cepat dibanding kabel Cat 5.

Cat 6
Tipe kabel ini mendukung bandwidth yang lebih tinggi daripada kabel Cat 5 dan Cat 5e. Tipe Cat 6 secara teknis mendukung kecepatan hingga 10Gbps untuk hingga 55 meter dan berfungsi untuk mencegah gangguan bising. Namun tentunya, tipe kabel ini lebih mahal dibandingkan dengan  kedua varian di atas. 

Cat 6a
Huruf ‘a” pada Cat 6a adalah singkatan dari ‘augmented’ yang artinya ‘ditambah’ dalam bahasa Indonesia. Kabel dengan standar ini adalah kelanjutan dari kabel varian Cat 6 dengan mendukung dua kali maksimum bandwidth. Tipe kabel ini juga mampu mempertahankan kecepatan transmisi yang lebih tinggi pada kabel yang lebih panjang. 

Cat 7 dan Cat 7a
Tipe dengan Kategori 7 mendukung bandwidth yang tinggi dan secara signifikan kecepatan  transmisi yang lebih cepat dibandingkan tipe Cat 6. Cat 7 mendukung kecepatan hingga 100 Gbps pada jangkauan 15 meter, membuatnya sebagai kategori kabel yang paling diandalkan. 

Sementara itu, kabel Ethernet Cat 7a menawarkan salah satu kabel dengan spesifikasi tertinggi yang bisa Anda beli, namun sayangnya, kabel jenis ini tidak banyak tersedia di pasaran dan menawarkan hanya beberapa opsi hardware jaringan pendukung. Tipe kabel ini didesain untuk mendukung koneksi kecepatan cepat 40 Gigabit dengan panjang hingga 50 meter.

Cat 8
Kabel Ethernet dengan standar ini menjanjikan maksimum frekuensi 2000 MHz dan kecepatan hingga 40 Gbps dengan panjang 30 meter. Tentu saja harga kabel ini lebih mahal jika dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya, namun baru-baru ini, harganya menjadi lebih terjangkau, kurang dari Rp 200 ribu. 

Menurut kami, tipe kabel Cat 6 dianggap cukup memadai untuk penggunaan internet di rumah Anda dikarenakan jaringan yang sangat cepat, konektivitas internet cepat, dan tugas latensi lambat seperti bermain game. Selain itu, harganya juga jauh lebih terjangkau dan mudah dicari di pasaran dibandingkan dengan varian kabel Ethernet selainnya.



Demikian tadi postingan kita kali ini yang membahas tema Bagaimana Memilih Kabel Ethernet Terbaik, semoga bermanfaat sampai jumpa dipostingan selanjutnya.




Sumber foto: Unsplash.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon