Review dan Penjelasan Ending Series 3 Body Problem, Ketika Bumi Terancam Alien Dari Trisolaris




Campusnesia.co.id - Netflit baru saja merilis series science fiction berjuudl 3 Body Problem yang merupakan adaptasi dari novel populer dengan judul The Three-Body Problem yang dutulis oleh novelis Liu Cixin, pertama dipublikasikan pada tahun 2006.

3 Body Problem adalah serial televisi fiksi ilmiah Amerika yang dibuat oleh David Benioff, D. B. Weiss dan Alexander Woo, berdasarkan novel Tiongkok pemenang Penghargaan Hugo, The Three-Body Problem karya Liu Cixin. Ini adalah adaptasi live-action kedua setelah serial televisi Tiongkok tahun 2023. Serial ini tayang perdana di Netflix dengan delapan episode pada 21 Maret 2024.


Sinopsis Pemeran series 3 Body Problem
Ye Wenjie adalah seorang astrofisikawan yang melihat ayahnya dipukuli sampai mati selama sesi perjuangan di Revolusi Kebudayaan Tiongkok. Dia wajib militer oleh militer karena latar belakang ilmiahnya dan dikirim ke pangkalan militer rahasia di daerah terpencil. Keputusannya yang menentukan di pangkalan itu bergema melintasi ruang dan waktu bagi sekelompok ilmuwan di masa kini, memaksa mereka menghadapi ancaman terbesar umat manusia.


Pemeran series 3 Body Problem
Jovan Adepo sebagai Saul Durand (berdasarkan karakter Luo Ji)
John Bradley sebagai Jack Rooney (berdasarkan karakter Hu Wen)
Rosalind Chao sebagai Ye Wenjie dewasa
Zine Tseng sebagai Ye Wenjie muda
Liam Cunningham sebagai Thomas Wade
Eiza González sebagai Augustina "Auggie" Salazar (berdasarkan karakter Wang Miao)
Jess Hong sebagai Jin Cheng (berdasarkan karakter Wang Miao dan Cheng Xin)
Marlo Kelly sebagai Tatiana Haas
Alex Sharp sebagai Will Downing (berdasarkan karakter Yun Tianming)
Sea Shimooka sebagai Sophon
Saamer Usmani sebagai Prithviraj "Raj" Varma (berdasarkan karakter Zhang Beihai)
Benedict Wong sebagai Clarence "Da" Shi (berdasarkan karakter Shi Qiang/Da Shi)
Jonathan Pryce sebagai Mike Evans


Review series 3 Body Problem
Jujur untuk versi Netflix saya baru nonton hingga episode 3 kemudian karena penasaran langsung loncat ke episode 8 karena penasaran dengan endingnya.

Karena makin bingung saya coba memdingkan adaptasi versi China baik yang series maupun animasi. Jujur versi China yang diproduksi Tencent Video dan bisa ditonton di We TV jauh lebih setia pada versi novelnya.

Masih juga penasaran saya mencari rangkuman dari novelnya yang terdiri dari tiga bagian dan kesimpulan saya sungguh mind blowing sangat menarik disimak bagi sobat yang suka science fiction bakal suka banget.

Tindakan Ye Wenjie di awal cerita yang mengirim pesan ke angkasa dan membalasnya padahal sudah diingatkan agar tidak membalas membuat semua peristiwa di semesta Three Body Problem berawal. Tapi kalau dilihat dari sudut pandang Ye Wenjie tindakannya juga bisa dipahami, bagaimana ia sudah sangat tertekan dengan apa yang dilakukan pemerintahnya terhadap masyarakat dan para akademisi.

Alien dari Trisolaris gak langsung datang dan menguasai bumi begitu saja, karena butuh waktu setidaknya 400 tahun perjalanan untuk sampai di Bumi dengan membawa seluruh armada dan panghuni planetnya. Sebagai info alasan alien trisolaris berencana datang ke bumi selain undangan Ye Wenjie juga didorong pada keadaan dimana planet mereka sudah sekarat akibat anomali dari tiga matahari yang mengorbit dan menyebabkan bencana bagi penduduk planet mereka.

Invasi mereka secara diam-diam, dengan teknologi yang lebih canggih mereka mengawasi gerak gerik manusia dengan teknologi mata-mata hingga level quantum bernama sophons. Tujuan mereka selaian mengetahui persiapa manusia bumi juga menyabotase setiap kemajuan ilmu pengetahun dan penemuan teknologi baru yang bisa membawa kemajuan kehidupan manusia.

Sabotase sophons ini berakibat beberapa penelitian ilmuan bumi hasilnya jauh dari hipotesis, membuat mereka stress dan despetarate berujung bunuh diri yang nantinya rentetan peristiwa ini bakal dari trigger manusia untuk menyelidiki dan menyadari kehadiran alien dari trisolaris yang ingin menjajah bumi.


Spoiler ending series 3 Body Problem
Saya tidak bisa memastikan apakah versi Netflix bakal setia pada alur seperti dalam novelnya, tapi jika merujuk pada versi novelnya apa yang terjadi di season pertam 3 Body Problem versi Nerflit baru awalan saja.

Jika menutip versi novel maka nanti wallfacer yang jadi harapan manusia bumi akan membuat strategi yang disebut dengan The Dark Forest. Dalam novel dilakukan oleh karakter  Luo Ji yang versi Netflix diganti jadi Saul Durand.


Penjelasan tentang strategi The Dark Forest
Menyusul penggunaan teknologi oleh Trisolaran untuk mengunci ilmu pengetahuan Bumi dan meluncurkan armada ruang angkasa besar langsung ke tata surya, manusia juga menciptakan armada ruang angkasa besar untuk bereaksi terhadap krisis peradaban Bumi yang belum pernah terjadi sebelumnya, sementara PDC menggunakan kelemahan fatal dalam sistem tersebut. Logika Trisolarans untuk menciptakan "Rencana Wallfacer". Sebagai salah satu dari empat "penghadap tembok" yang melancarkan serangan balasan rahasia terhadap Trisolaran, profesor sosiologi Luo Ji secara tak terduga terpilih. Meskipun mereka tidak mampu memahami taktik manusia, para Trisolaran mengandalkan "penghancur tembok" yang dipilih oleh para pengkhianat Bumi untuk memulai pertarungan cerdas.

Dalam perjuangan sengit untuk kelangsungan hidup peradaban, Luo Ji akhirnya menyadari tanggung jawabnya untuk melarikan diri dan hedonisme pada awalnya dan menyusun strategi untuk melawan invasi peradaban Trisolaris. Luo Ji juga membenarkan Aturan Hutan Gelap, yang menyatakan bahwa setiap peradaban yang mengungkapkan lokasinya akan musnah. Dengan penemuan ini, ia mengancam akan mengungkap koordinat posisi Trisolaris ke seluruh alam semesta, untuk sementara menunda invasi Trisolaran ke tata surya dan membangun keseimbangan strategis yang berbahaya antara Bumi dan Trisolaris.


Semua kisah tentang alien dan makhluk bumi ini akan berakhir dalam babak yang berjudul Death's End.

Menggunakan kehidupan manusia Cheng Xin di Bumi sebagai alur utamanya, buku ini melanjutkan sejarah manusia setelah terbentuknya pencegah dalam karya kedua, Hutan Gelap, dan selanjutnya mengungkap kebenaran kesulitan Hutan Gelap di kosmos. Pandangan pertama umat manusia tentang kebenaran alam semesta yang gelap datang dari pertarungan dengan peradaban Trisolaran, yang membuat peradaban bumi menggigil di malam yang gelap seperti anak kecil yang ketakutan. Mereka percaya bahwa mereka telah menemukan kunci untuk bertahan hidup, namun kenyataannya, mereka jauh dari memenuhi syarat untuk pertarungan antarbintang.

Di medan perang kosmik, serangan di Hutan Gelap yang mengancam kelangsungan hidup dua peradaban hanyalah sebuah episode kecil. Karena teknik dan senjata perang telah jauh melampaui imajinasi manusia dan hari menyaksikan medan perang adalah hari pemusnahan, tidak ada seorang pun yang pernah melihat perang antarbintang yang nyata, dan mustahil untuk melihatnya. Meskipun tata surya tidak bertahan dalam buku tersebut, Cheng Xin dan Guan Yifan dari peradaban Starship berhasil menjaga api peradaban manusia di tata surya.


Bagi sobat yang mau mendengarkan rangkuman dari buku The Three-Body Problem karya Liu Cixin kami rekomendasikan channel youtube The Orbital Array berikut ini:

1. The Three Body Problem, by Cixin Liu, Book 1 of 3


2. The Three Body Problem: The Dark Forest, by Cixin Liu, Book 2 of 3


3. The Three Body Problem: Death's End, by Cixin Liu, Book 3 of 3



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Review Series 3 Body Problem, Ketika Bumi Terancam Alien Dari Trisolaris. Semoga bermanfaat sampai jumpa.






Penulis
Nandar


===
Yuk support Campusnesia hadirkan konten pendidikan dan hiburan berkualitas dengan Saweria di link berikut ini: https://saweria.co/Campusnesia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon