Google Akan Nonaktifkan Layanan Google Profil Bisnis atau Google Business Profile Site Pada 1 Maret 2024, Ini Alternatifnya

 




Campusnesia.co.id - Semarang 09/01/2024. Tengah malam tadi saya mendapat email pemberitahuan penting tentang situs yang dibuat dengan Google Profil Bisnis. Isinya terkait situs yang dibuat dengan Google Profil Bisnis akan dinonaktifkan dalam waktu dekat.

Tepatnya akan dimulai pada 1 Maret 2024, pelanggan akan dialihkan ke "Google My Business" saat mereka mengunjungi situs tersebut.

Hal ini ditujukan bagi para pengguna Google yang menggunakan fitur Google untuk membuat situs sederhana berdasarkan informasi di "Google My Business".

Masih dalam email yang sama, Google menyampaikan bahwa fitur ini akan ditiadakan dalam beberapa bulan mendatang dan tidak lagi didukung, sehingga situs yang kita buat dengan fitur ini akan dihapus. Untuk membantu transisinya, mulai 1 Maret 2024, pelanggan yang mengunjungi namasituskita.​business.​site akan dialihkan ke "Google My Business" milik kita.

Kabar baiknya di Profil Bisnis, kita dapat menampilkan informasi serupa tentang bisnis kita, dan juga menambahkan link media sosial sehingga pelanggan dapat mempelajari bisnis kita lebih lanjut. Situs kita akan mengalihkan pelanggan ke Profil Bisnis hingga 10 Juni 2024. Selanjutnya, situs tersebut akan ditampilkan sebagai tidak tersedia.

Sebagai informasi, Google Profil Bisnis adalah alat yang mudah digunakan untuk bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran di internet melalui Google. Kita dapat membuat Profil Bisnis di Google secara gratis dan dapat mengelola bisnis dari Google Penelusuran dan Maps untuk mulai menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sedangkan Google My Business adalah alat dari Google membuat calon pelanggan lebih mudah menemukan informasi bisnis Anda di internet. Informasi tersebut meliputi nama brand, lokasi, kontak, website, jam operasional, ulasan produk, foto kantor dan sebagainya.


Alternatif Google Business Profile

Sebagai penutup di email pemberitahuannya, Google memberi saran bahwa kita dapat memperbarui Google Business Profile untuk menyediakan link ke situs yang berbeda. misalnya kita dapat menggunakan pembuat websote seperti Wix, Squarespace, GoDaddy, Google Sites, Shopify, atau WordPress dan tambahan dari saya sobat pembaca juga bisa menggunakan Blogger atau Blogspot yang juga produk dari Google.


Saya sempat mencoba klik salah satu rekomendasi yaitu Google Site dan ternyata sangat menarik, cocok untuk membuat website sederhana pengganti Google Business Profile tampilannya mirip landing page dengan proses pembuatan yang sangat mudah, tinggal pilih template seperti blog keluarga, portofolio, salon, restorang hingga undangan acara dan sepertinya bisa dicustome untuk undangan nikah misalnya.

Tampilan dan pilihannya templatenya menarik ala-ala flat desain dan minimalis website, lengkap dengan foto galery, menu dropdown di pojokan, tampilan untuk desktop dan mobile, hingga background gambar di hider. Di bagian footer sudah ada template untuk sosial media, tingga klik dan edit, sangat mudah tanpa harus bisa koding. 

Buat sobat yang mau coba langsung saja klik di sini:  Google Site 


Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Google Akan Nonaktifkan Layanan Google Profil Bisnis atau Google Business Profile Pada 1 Maret 2024, Ini Alternatifnya, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar:

  1. melihat banyak produk google yg dinonaktifkan, saya sebagai pengguna blogger sebagai web utama jadi khawatir. menurut mimin apakah blogger masih akan panjang di google? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya kak, mengingat masih banyak pengguna blogger dan jadi tempat penayangan iklan google adsense yang jadi pemasukan terbesar google sepertinya blogger akan masih dipertahankan, semoga demikian :).

      Hapus

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon