Waspada Modus Penipuan di Google Map dan Google My Business Seolah-olah Pemilik Usaha

 




Campusnesia.co.id - Sebagai pemilik usaha umkm percetakan, saya beberapa kali mengalami percobaan penipuan. Pertama modus order dan transfer melebihi nominal yang seharusnya, pelaku mengirimkan bukti transfer palsu dan meminta kembalian.

Modusnya terus menagih tidak memberi kesempatan korban untuk berfikir jernih atau cek saldo dan mutasi rekening minta segera di transfer balik. Alhamdulillah belum pernah sampai tertipu dengan mewaspadai beberapa ciri misalnya to good to be true, misal customer penipu tidak masalah dengan harga, waktu produksi yang lama dan desain yang biasanya asal-asalan main comot dari google.

Tips selanjutnya adalah cek nomer telepon asing yang masuk di aplikasi seperti Get Contact dan nomer rekening pelaku.

Selain modus di atas kini ada modus penipuan baru yaitu membalas pertanyaan calon customer di Google Map atau Google My Business.

Pelau penipuan membuat akun dengan nama "Pemilik" kemudian membalas komen menyertakan nomer wa paslu. 

Jika dihubungi akan muncul nomer wa dan foto profile seolah-olah itu adalah nomer kontak usaha yang asli.

Tips jika usaha sobat sedang dikerjain oleh penipu pasti akan ada notifikasi atau pemberitahuan di HP bahwa ada komentar baru di google map atau google my business kita. Segera cek jika itu adalah komentar dari penipu segera laporkan sebagai spam atau informasi tidak benar.


Minta tolong kepada keluarga dan teman untuk melaporkan komentar yang sama sebagai spam dan informasi tidak benar sehingga pihak Google segera menghapus komentar si penipu.

Simpan nomernya sebagai penipu agar jika mau menipu lewat whatsapp kita sudah antisipasi, posting saja di media sosial seperti IG, twitter dan facebook beserta nomer teleponya agar yang lain waspada, tambahkan tag di get contact supaya tidak ada korban penipuan lagi.

Berikut daftra nomer telepon dan whatsapp wa penipu modus komen di google map dan google my business:

- +6283136734808

- 083136734808

- 083890071171

- +6283890071171

- 083890071172

- +6283890071172



Demikikian postingan kami kali ini, semoga bermanfaat dan waspada, buat penipu tobat cari uang yang halal.



Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon