Resep Simpel dan Cara Membuat Roti Mirip Roti O dan Rotiboy, Bisa Dicoba di Rumah

 


Campusnesia.co.id - Ngomongin roti kekinian yang sedang mulai ekspansi di berbagai daerah ada dua merk terkenal yaitu Roti O dan Roti Boy, setiap kali lewat depan outletnya selalu tercium aroma khas roti yang baru dipanggang walau ada juga yang bilang itu adalah bau parfum khusus untuk marketing.

Sekedar info, Roti'O adalah produk makanan dan minuman (seperti roti) yang dimiliki oleh PT Sebastian Citra Indonesia. Produk ini didirikan pada 23 Mei 2012.

Sedangkan Rotiboy adalah produk roti asal Malaysia yang didirikan Page 2 2 pada bulan April 1998 di Bukit Mertajam, Penang oleh Hiro Tan mantan dosen di bidang ekonomi yang kemudian memutuskan untuk membuka usaha toko roti sendiri dengan menawarkan roti dengan model tempurung dan berkulit renyah dengan rasa mentega yang khas.

Untuk sobat campusnesia yang ingin mencoba membuat sendiri roti ala Roti'o dan Rotiboy berikut kami hadirkan Resep Simpel dan Cara Membuat Roti Mirip Roti'O dan Rotiboy, Bisa Dicoba di Rumah.


Berikut ini adalah resep untuk membuat roti yang mirip dengan Rroti'O:

Bahan-bahan:
- 500 gram tepung terigu protein tinggi
- 7 gram ragi instan
- 50 gram gula pasir
- 8 gram garam
- 50 gram mentega, lelehkan
- 300 ml air hangat
- Telur (opsional)
- Tepung terigu tambahan untuk taburan
- Selai atau isian sesuai selera (misalnya selai kacang, cokelat, atau strawberry)


Langkah-langkah cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam mangkuk besar. Aduk rata.
2. Tuangkan mentega leleh dan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Uleni adonan hingga menjadi adonan yang elastis dan tidak lengket. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan sedikit air hangat. Jika terlalu basah, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
3. Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastik wrap dan biarkan adonan fermentasi selama sekitar 1 jam atau hingga mengembang dua kali lipat.
4. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan menekannya secara perlahan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil, sesuai dengan ukuran roti yang diinginkan.
5. Bulatkan setiap bagian adonan dan letakkan di atas loyang yang telah diolesi sedikit mentega atau dialas kertas roti.
6. Tutup roti dengan kain bersih atau plastik wrap dan biarkan adonan mengembang lagi selama sekitar 30-45 menit.
7. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.
8. (Opsional) Kocok telur dan oleskan di atas permukaan roti yang sudah mengembang untuk memberikan warna kuning yang indah setelah dipanggang.
9. Taburkan sedikit tepung terigu di atas permukaan roti dan buat irisan di atasnya sesuai selera.
10. Panggang roti dalam oven selama sekitar 20-25 menit atau hingga berwarna kecokelatan.
11. Setelah matang, keluarkan roti dari oven dan biarkan dingin sebelum dihidangkan.
12. Jika diinginkan, buat irisan di bagian tengah roti dan isi dengan selai atau isian sesuai selera.

Itulah resep untuk membuat roti yang mirip dengan roti "O". Selamat mencoba dan semoga berhasil!



Berikut adalah resep untuk membuat roti yang mirip dengan Roti Boy:

Bahan untuk adonan roti:
- 350 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram tepung terigu protein sedang
- 50 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sachet (7 gram) ragi instan
- 1 butir telur
- 200 ml susu cair hangat
- 50 gram mentega, lelehkan


Bahan untuk topping:
- 100 gram mentega, suhu ruang
- 100 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 1 butir telur
- 1 sendok teh pasta kopi instan


Langkah-langkah membuatnya:
1. Siapkan mangkuk besar, campurkan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, gula pasir, garam, dan ragi instan. Aduk rata.

2. Tambahkan telur dan susu cair hangat ke dalam mangkuk. Uleni adonan menggunakan tangan atau mixer dengan kecepatan rendah hingga menjadi adonan yang lembut dan elastis.

3. Tambahkan mentega leleh ke dalam adonan dan uleni kembali hingga tercampur rata. Uleni adonan selama sekitar 10-15 menit hingga elastis dan tidak lengket di tangan.

4. Tutup mangkuk dengan kain bersih dan diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Sementara menunggu adonan mengembang, kita bisa membuat toppingnya. Campurkan mentega, gula pasir, tepung terigu, telur, dan pasta kopi instan dalam mangkuk. Aduk rata hingga menjadi adonan yang lembut. Sisihkan.

6. Setelah adonan roti mengembang, kempiskan adonan dengan menekannya menggunakan tangan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar.

7. Ambil satu bagian adonan, bulatkan, dan letakkan di atas loyang yang telah diolesi margarin atau dialasi kertas roti. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.

8. Ambil sejumput adonan topping, pipihkan, dan tempelkan di atas masing-masing roti.

9. Diamkan roti selama 15-20 menit agar mengembang kembali.

10. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.

11. Panggang roti di dalam oven yang sudah dipanaskan selama 15-20 menit atau hingga roti matang dan berwarna kecokelatan di bagian atasnya.

12. Setelah matang, keluarkan roti dari oven dan biarkan dingin sebentar sebelum disajikan.

Roti seperti Roti Boy siap dinikmati! Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap segar lebih lama. Selamat mencoba!



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Resep Simpel dan Cara Membuat Roti Mirip Roti'O dan Rotiboy, Bisa Dicoba di Rumah, semoga bermanfaat sampai jumpa.


sumber foto: pergikuliner.com


===
Baca juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon