Loading...

Pentingnya SEO dalam Bisnis Digital, Materi Kuliah Tamu Sekolah Vokasi Undip

 


Campusnesia.co.id - Artikelnya ini akan saya awali dengan pertanyaan, di era sosial media apakah website masih relevan dan penting? jawabannya masih.

Website ibarat markas besar, kantor dan toko online sedangkan sosial media bisa dikatakan stand pameran.

Sosial media memiliki karakteristik tren naik turun, dahulu ada Friendster bergeser ke Facebook, Instagram, Twitter dan kini TikTok. Butuh rumah besar sebagai tujuan utama yang bernama website.

Apalagi dengan perkembangan Web 3.0 yaitu  internet generasi ketiga di mana situs web dan aplikasi dapat memproses informasi dengan cara yang cerdas melalui teknologi seperti machine learning, big data, teknologi buku besar terdesentralisasi atau DLT dsb. 

Punya website dan bisa menulis artikel adalah satu hal, berhasil masuk halaman pertama Google adalah hal penting lainnya.

Untuk bisa berada di halaman mesin pencari Google, sebuah website perlu optimasi dengan serangkaian upaya dan cara yang disebut SEO.


Males baca?
Dengarkan versi audio, klik tombol play.




Pengertian SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian Google.

Dengan SEO memungkinkan sebuah website lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan akan mendatangkan traffic atau pengunjung.

Kenapa SEO Google yang jadi patokan padahal ada banyak mesin pencari seperti Yahoo!, Bing, Amazon dll? karena pengguna internet lebih banyak menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Berdasar data dari internetlivestats.com, bulan Mei 2022 setiap hari ada sekitar 7,4 miliar pencarian lewat Google, pengguna internet di dunia ada sebanyak 5,3 miliar.

Dan menurut Hootsuit pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah populasi di Indonesia.


Pentingnya SEO dalam Bisnis Digital

1. Masuk halaman pertama Google

2. Mendatangkan pengunjung 

3. Pengenalan brand dan merk 

4. Memudahkan pembaca menemukan website kita

5. Menjaring target pembaca yang spesifik

6. Menghasilkan uang dari monetasi

7. Meningkatkan penjualan produk

8. Membangun ingatan pada brand kita

9. Memperbesar peluang ide dan gagasan tersampaikan

10. Memenangkan persaingan dengan brand, usaha dan website lain



Jenis-jenis SEO

1. SEO On Page
SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pembaca. 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO On Page diantaranya:
- Permalink judul link saat artikel dishare
- Judul konten yang mengandung kata kunci
- Struktur dalam penulisan artikel
- Gambar dan ilustrasi pada artikel, jangan lupa rename nama file gambar
- Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian artikel
- Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif
- Internal link dari artikel lain dalam website
- Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori artikel


2. SEO Off Page
SEO off page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten kita bagi pembaca.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page yaitu:
- Link building dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.

- Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. Saat artikel ini ditulis skor DA Campusnesia.co.id adalah 18

- Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus. Saat artikel ini ditulis skor PA Campusnesia.co.id adalah 36

- Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

- Penulis Tamu menulis artikel berkualitas untuk website lain yang di dalamnya diberi backlink ke situs kita. Misalnya jika sobat pembaca mengetik kata kunci "Giving is New Healing" akan muncul di halaman pertama website Solopeduli.com atau kata kunci "Altruism Flexing" akan muncul situs ddhk.org keduanya adalah tulisan dari saya.


3. Technical SEO
Technical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian jeroan website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam Technical SEO:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs SSL (Secure Socket Layer)
- Tema yang responsive
- Layout website yang sederhana, clear dan clean 
- Navigasi halaman, kategori artikel dsb


Tips menulis agar masuk halaman pertama Google:
- Menulis dengan tulus 
- Pengalaman pribadi
- Mulai dari tema yang spesifik dan ruang lingkup sempit
- Riset kata kunci 
- Jadi penulis yang pertama dalam tema tertentu
- Konsisten dalam menulis, misa per minggu atau per hari, makin konsisten makin baik.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO dalam Bisnis Digital, yang merupakan versi tertulis dari Materi Kuliah Tamu undangan dari Sekolah Vokasi Undip.



Penulis
Nandar



===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys