Loading...

Pentingnya SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah

 


Campusnesia.co.id - Bagi perusahaan dan Instansi Pemerintah, website adalah hal yang wajib. Karena web berfungsi sebagai kantor online, membantu masyarakat menemukan perusahaan dan instansi di dunia maya.

Dalam generasi awal website, situs company profile dan instansi pemerintah hanya sebatas menampilkan konten tulisan dan gambar, memberi informasi seperlunya seperti sejarah, produk dan jasa, jajaran pimpinan, staff dan karyawan, alamat, kontak dan beberapa artikel serta pengumuman.

Masuk era web 3.0 web company profile dan instansi pemerintah kini sudah bisa melakukan banyak hal, melamar kerja secara online, belanja produk dan jasa misalnya.

Untuk instansi pemerintah beberapa sudah dilengkap dengan fitur pengurusan surat penting secara online, pembayaran dan fitur lainnya.

Tapi punya website saja belum cukup, agar perusahaan dan instansi pemerintah semakin relevan dan mudah ditemukan juga perlu dioptimasi, supaya tidak hanya sekedar punya website saja yang menghabiskan banyak anggaran namun juga membantu masyarakat.

Teknik optimasi ini yang biasa disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization.


Penjelasan tentang Search Engine Optimization
Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.


Manfaat penerapan SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subjek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:

1. Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.

2. Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

3. Memenangkan persaingan dengan perusahaan kompetitor di mesin pencari

4. Bagi instansi pemerintah jadi rujukan prioritas dan teratas bagi masyarakat yang butuh bantuan alih-alih mengunjungi website individu atau media

5. Penerapan SEO untuk situs pemerintah perlu diperhatikan mengingat stigma yang melekat bahwa situs-situs pemerintah kurang user friendly dengan pengelolaan ala kadarnya dibanding milik swasta

6. Bagi perusahaan penerapan SEO yang baik bisa dan mendatangkan kunjungan yang besar bisa dimanfaatkan untuk menjaring calon clien baru

7. Meningkatkan Brand Awareness bagi perusahaan 

8. Meningkatkan citra baik pelayanan bagi situs pemerintah


Cara Optimasi SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah
Penerapan SEO untuk nutuk situs Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah secara garis besar bisa dilakukan dengan 3 hal, yaitu SEO On Page, SEO off Page dan SEO Practical terkait kode website, tema dan template, user friendly, kecepatan loading dan kenyamanan serta keamanan.

Untuk sobat webmaster di perusahaan dan instansi pemerintah, berikut beberpa tips agar SEO maksimal kami kumpulkan dari pengalaman dan berbagai sumber:

1. Gunakan Permalink Sederhana
Permalink atau permanen link, adalah URL yang mengarah pada suatu catatan blog atau forum tertentu setelah melewati halaman depan ke arsip. Karena Permalink bersifat permanen tanpa ada batas waktu, maka permalink lebih tahan terhadap kerusakan. Tips masukan key word yang ditarget dalam permalink.


2. Buat Judul Konten yang Menarik
Judul yang menarik dan perlu clickbait, buat saja denga jujur dan menjawab pertanyaan atau memberi informasi yang memiliki unsur kebaruan

3. Tambahkan Gambar atau Video
Cukupp gambar dan video yang terkait, jangan lupa sebelum upload gambar rename dulu dengan kata kunci yang ditarget, untuk video agar lebih ringan bisa diupload ke youtube dulu dan yang diposting di web cukup embed saja.

4. Optimasi Gambar
Dengan rename, ukuran yang sesuaid an resolusi yang memadai, gambar blur dan editing yang tidak proporsional akan berdampak tidak maksimal.

5. Manfaatkan Heading dan Subheading
Judul turunan dalam sebuah artikel beserta penjelasannya

6. Letakkan Focus Keyword di 100 Kata Pertama
Pastikan tulisan tetap enak dibaca jangan asal banyak keyword namun tidak nyaman dibaca manusia.

7. Gunakan Tema Responsif 
Indikator sederhana tema atau template web yang responsif diantaranya user friendly, mobile friendly, loading cepat, tidak terlalu banyak popup, tema clear dan clean, tidak norak.

8. Sisipkan Outbound Link
Menyertakan link dari website lain, bisa untuk kutipan, data atau pengertian suatu istilah. Outbound link akan membuat data yang kita sajikan jadi valid dan ada sumber yang jelas, bukan hasil ngarang bebas.

9. Maksimalkan Internal Link
Bisa dengan artikel terkait yang sudah pernah ditulis sebelumnya.

10. Tingkatkan Kecepatan Website
Toleransi kecepatan website adalah 4 detik. Akan tetapi, di google speed insight,  kecepatan yang disarankan adalah dibawah 200 ms.

11. Gunakan LSI Keyword
LSI keyword artinya Latent Semantic Indexing adalah kata dan frasa yang oleh Google atau mesin pencari dianggap memiliki keterkaitan secara semantik dengan suatu topik.


12. Tambahkan Tombol Share Media Sosial dan Instant messaging
Memudahkan pembaca yang merasa relevand an dapat manfaat untuk membagikan postingan kita ke sosial media dan pesan singkat seperti whatsapp dan telegram.

14. Tulisa Konten Berkualitas dan Solutif
Jangan tema yang repetitif dan tidak memberi solusi atau mengandung unsur kebaruan dari artikel lain yang sudah lebih dulu ada.

15. Setting Link Jadi Open in New Tab
Gunakan link Dofollow sehingga kalau diklik akan membuka di tab baru.

16. Desain UX dan UI website yang menarik dan tidak norak
Masukan untuk instansi pemerintah agar tampilan dan fitur dalam website diperhatikan karena kebanyakan hanya mementingkan fungsi tanpa memperhatikan estetika.

Karena User Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam pengembangan website dan aplikasi memang sangat penting dan saling berkaitan.

User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Kita bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk. 

Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Namun, tak hanya harus indah, UI juga harus mudah digunakan. 

Beberapa komponen UI diantaranya adalah komponen tombol, ikon tipografi, tema, layout, animasi yang tampil pada produk, dan visual interaktif lainnya. Semua komponen UI tersebut didesain dengan berfokus pada keindahan dan kemudahan pengguna. Jadi, pengguna dapat menikmati produk kita. 


Sebagai informasi tambahan berikut adalah daftar Tokoh-tokoh SEO Populer di Dunia
Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin pencari dan SEO.

Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.

Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.

Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini dalam serial SEO yang berjudul Pentingnya SEO untuk Website Company Profile, Perusahaan dan Instansi Pemerintah. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar




Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys