Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta agar Masuk Halaman Pertama Google

  


Campusnesia.co.id - Peran website untuk sekolah sekarang sangat penting, selaian sebagai kantor online yang menampilkan informasi standar seperti nama sekolah, alamat, nomer telpon dan guru dan karyawan, website sekolah juga wajib menampilkan artikel dan foto kegiatan, lebih bagus lagi jika banyak informasi artikel siswa dan guru.

Apalagi di era pandemi, peran website sekolah menjadi semakin krusial harus bisa menunjang pembelajaran online atau e-learning.

Tapi sekali lagi, seperti dalam artikel sebelumnya yang membahas SEO, punya website sekolah adalah satu hal namun agar bisa masuk halaman pertama Google adalah hal lainnya.

Indikator yang paling sederhana adalah bersaing dengan sekolah lain dalam satu wilayah, misalnya di kecamatan Trangkil Kabupaten Pati ada dua sekolah SMP yaitu SMP N 1 Trangkil dan SMP N 2 Trangkil.

Kami dari Campusnesia Web Service dimintai tolong oleh SMP N 1 Trangkil untuk membuat website smpn1trangkil.sch.id dan optimasi SEO dengan teknik dan engine sederhana dan budget seefisien mungkin, hasilnya dalam setahun untuk kata kunci "SMP Trangkil" SMP N 1 Trangkil bisa mengalahkan website SMP N 2 Trangkil yang sudah berusia jauh lebih lama.

Jadi untuk pembaca yang kebetulan adalah pengelola website sekolah atau guru di sekolah punya website saja tidak cukup, optimasi SEO website sekolah juga penting agar bisa ditemukan di halaman pertama Google.

Lewat postingan kali ini, kami akan sharing tentang Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta agar Masuk Halaman Pertama Google.


Pengertian Teknik SEO
SEO adalah Search Engine Optimization yaitu teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian Google.

Dengan SEO memungkinkan sebuah website sekolah lebih mudah ditemukan oleh calon siwa dan orang tua siswa dan akan mendatangkan pengunjung.

Kenapa SEO Google yang jadi patokan padahal ada banyak mesin pencari seperti, Amazon, Yahoo!, Bing dll? karena pengguna internet lebih banyak menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Berdasar data dari internetlivestats.com, bulan Mei 2022 setiap hari ada sekitar 7,4 miliar pencarian lewat Google, pengguna internet di dunia ada sebanyak 5,3 miliar.

Dan menurut Hootsuit pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta atau setara dengan 73,7% dari jumlah populasi di Indonesia.


Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta

1. Masuk halaman pertama Google

2. Mendatangkan pengunjung calon siswa, orang tua murid

3. Pengenalan sekolah

4. Memudahkan pembaca menemukan website sekolah kita

5. Menjaring target pembaca yang spesifik

6. Meningkatkan brand sekolah

7. Membangun ingatan pada sekolah kita

8. Memperbesar peluang ide dan gagasan siswa da guru tersampaikan

9. Memenangkan persaingan dengan sekolah lain

10. Sebagai sarana e-learning



Jenis-jenis SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta

1. SEO On Page
SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pembaca. 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO On Page diantaranya:
- Permalink judul link saat artikel dishare
- Judul konten yang mengandung kata kunci
- Struktur dalam penulisan artikel
- Gambar dan ilustrasi pada artikel, jangan lupa rename nama file gambar
- Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian artikel
- Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif
- Internal link dari artikel lain dalam website
- Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori artikel


2. SEO Off Page
SEO off page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten kita bagi pembaca.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page yaitu:
- Link building dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.

- Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. Saat artikel ini ditulis skor DA  smpn1trangkil.sch.id yang baru berumur 1 tahun adalah 6

- Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus. Saat artikel ini ditulis skor PA  smpn1trangkil.sch.id  yang baru berumur 1 tahun adalah 19.

- Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

- Menulis artikel berkualitas untuk website lain yang di dalamnya diberi backlink ke situs kita. Misalnya beberapa guru di SMP N 1 Trangkil mempublikasi artikel guru di Campusnesia.co.id dan diberi atribusi serta backlink ke web sekolah.


3. Technical SEO
Technical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian jeroan website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam Technical SEO:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs SSL (Secure Socket Layer)
- Tema yang responsive
- Layout website yang sederhana, clear dan clean 
- Navigasi halaman, kategori artikel dsb

Untuk pembaca kita juga punya artikel tentang 15 Tips Meningkatkan Rating Web Sekolah agar Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO Sederhana bisa dibaca di sini.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Website Sekolah Negeri dan Swasta agar Masuk Halaman Pertama Google.



Penulis
Nandar


===
Baca Juga:




Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys