Loading...

Pentingnya SEO untuk Penulis Blogger, Micro Influencer dan Reviewer

 


Campusnesia.co.id - Ketika media online semakin menjamur, semuanya ingin punya topik dan kategori yang mencakup nyaris semua hal tema yang diperbincangkan masyarakat, akhirnya semua media online maintream tidak punya spesifikasi.

Brand yang ingin melakukan promosi akhirnya melihat sebuah peluang yaitu micro influencer, alih-alih memfokuskan semua budget iklan untuk macro influencer.

Secara terminologi micro influencer adalah pengguna media sosial instagram yang memiliki jumlah followers sebanyak 10.000 hingga 50.000 followers.

Sedangkan Macro influencer yaitu seorang influencer yang memiliki cakupan lebih luas dibanding micro influencer, yaitu memiliki lebih dari 100.000 hingga 1.000.000 pengikut. Kebanyakan yang termasuk ke dalam macro influencer adalah seorang selebriti atau vlogger.

Tapi tenang saja, bahkan brand sekarang mencari micro influencer dengan minimal 1.000 follower di sosial media Twitter dan Instagram dan untuk blogger patokannya adalah skor Domain Authority atau DA mulai dari minimal 10.

Alasan brand mengambil langkah ini adalah, micro influencer dianggap punya target audien yang spesifik dan niche banget. Banyangin sobat mahasiswa dengan 1.000 follower yang umumnya adalah teman kuliah, kakak dan adik angkatan, bagi brand yang sedang menyasar calon customer kalangan mahasiswa sobat adalah tempat promosi yang efektif dibanding dengan akun dengan follower lebih besar dari demografi followernya gado-gado.

Hal ini berlaku juga untuk para blogger, tidak salah menjadikan blog sebagai diary untuk menulis pengalaman pribadi, namun ketika ingin mulai memonetasi dengan artikel placement atau review produk customer ada baiknya mulai fokus untuk cari tahu ciri khas sobat blogger dalam bidang apa, misal kuliner, teknologi, atau seperti Campusnesia.co.id yang fokus pada konten Pendidikan dan Hiburan.

Mulai diliriknya micro influencer ini juga karena pertimbangan budget, dibanding menggandeng macro influencer, micro influencer jauh lebih terjangkau oleh brand dari sisi biaya promosi namun efektif dalam impact campaign.

Problemnya dari banyak blogger yang saya temui di twitter, bahkan dengan follower dan DA PA blog yang lebih bagus dari blog saya, jarang sekali ketika sedang berseluncur di internet untuk kata kunci tertentu tidak menemukan postingan dan tulisan mereka.

Jika dilihat sekilas tidak lain sebabnya adalah artikel yang di post belum terindeks oleh Google, atau kalaupun sudah terindeks belum mampu tampil di halaman pertama Google, sehingga perlu dilakukan apa yang disebut dengan optimasi SEO.


Optimasi SEO
SEO bukan istilah baru untuk blogger, artinya Search Engine Optimization, yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik, targetnya berada di halaman pertama Google.

Kenapa hanya Google? karena mayoritas pengguna internet saat ini menggunakan Google sebagai mesin pencari utama, setiap hari setidaknya ada 7,7 milyar pencarian dari seluruh dunia, kalau sudah memenangkan pertarungan di mesin pencarian Google, masuk page one Yahoo dan Bing bukanlah hal yang susah.


Pentingnya SEO untuk Penulis Bloger dan Reviewer
1. Muncul di halaman pertama Google

2. Memenangkan persaingan dengan blog kompetitor

3. Mendatangkan traffic organic yang besar dan konsisten
Traffic dari sosial media memang bagus, hanya saja efeknya jangka pendek bahkan ketika bisa viral, sedangkan traffic dari pencarian cenderung bertahan lama dan stabil

4. Meningkatkan brand awareness

5. Peluang mendapatkan uang dari monetasi

6. Meningkatkan peluang tersampaikannya ide dan gagasan kepada pembaca yang lebih banyak



Optimasi SEO untuk Penulis Blogger dan Reviewer bisa dilakukan dengan 4 langkah berikut ini.

1. On-Page SEO
SEO On-page, juga kadang-kadang disebut sebagai SEO on-site, adalah proses mengoptimalkan konten di situs web Anda. Ini dapat mencakup konten yang kita tulis, kata kunci, editorial, judul meta, deskripsi meta, gambar, dan banyak lagi.

Beberapa tips untuk SEO on-page antara lain:

a. Riset Kata Kunci
Tentukan istilah dan frasa yang ingin sobat rangking di mesin pencari. Lakukan riset kata kunci tentang istilah mana yang memiliki relevansi dan volume pencarian yang tinggi, tetapi pertimbangkan juga untuk memilih istilah dengan persaingan yang lebih sedikit. Setelah Anda menentukan kata kunci yang tepat, pastikan sobat mengoptimalkan konten halaman untuk memasukkannya saat mereka menulis.

b. Optimalkan metadata
Metadata memberi tahu Google, dan pencari, tentang konten halaman. Pastikan judul meta dan deskripsi meta sobat menyertakan konten yang relevan dan frasa kata kunci sobat sehingga kita memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi. Penting untuk dicatat bahwa Google terkadang juga menulis ulang metadata kami dengan salinan lain di halaman, yang membuatnya penting untuk memastikan seluruh halaman kita dioptimalkan.

c. Lakukan penautan internal 
Tautan internal adalah URL yang menautkan ke halaman lain di situs web kita. Sisipkan tautan pada kata kunci yang ditargetkan dalam artikel kita dan tautkan ke halaman otoritas tinggi untuk membantu Google membaca situs kita dengan lebih baik, dan membuatnya lebih user friendly.

Memasukkan SEO pada halaman sebagai salah satu upaya pemasaran kita sangat membantu mesin pencari untuk memahami konten di situs kita. Demikian juga Google dalam memahami situs web kita, Google akan memberi penghargaan kepada kita dengan menampilkan situs kita untuk kueri penelusuran yang dianggap relevan.


2. Off-Page SEO
Off-Page SEO adalah semua hal yang tidak termauk SEO On Page. SEO fokus pada menciptakan eksposur dan kepercayaan untuk website kita, yang pada akhirnya dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung dan penjualan.

Sebagian besar pekerjaan Off-Page SEO difokuskan pada Linkbuilding. Mendapatkan backlink dari situs lain adalah cara efektif menaikkan popularitas, DA dan PA situs kita. Berikut beberapa tips memasksimalkan Off-Page SEO:

a. Artikel Placement
Artikel placement dan backlink seperti disebut di atas salah satu cara efektif menaikkan rating web kita, namun juga perlu diperhatikan website tempat kita menaruh backlink itu relevan atau enggak dengan teman blog kita dan seperti apa kualitasnya, bisa dicek dari skor DA PA dll.

b. Riset pesaing
Lihat profil backlink dari pesaing terbesar kita. Cari tahu di mana mereka memperoleh tautan dan situs mana yang mengizinkan hyperlink. Panduan ini dapat memberikan beberapa petunjuk tentang cara memulai riset pesaing.

c. Share di Sosial Media dan Pesan Instan
Share di sosial media akan menambah potensi pengunjung, dari facebook, instagram, twitter, pinterest, twitter menurut pengalaman masih jadi sosmed yang paling efektif mendatangkan traffic pembaca disusul oleh pinterest.

Pesan instan seperti whatsapp dan telegram juga bagus, pastikan share di grup yang tepat dan jangan terlalu sering biar gak spaming.

Pastikan bahwa tautan yang kita peroleh, berasal dari sumber resmi.


3. Technical SEO
Technical SEO mengacu pada tindakan yang dilakukan untuk membantu mesin telusur merayapi situs web kita dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Ketika mesin pencari dan algoritmenya menjadi lebih kompleks, persyaratan ini berubah yang berarti bahwa jenis SEO ini selalu berkembang.

Untuk memastikan tidak ada masalah dengan crawlability dan UX, upaya teknis SEO Anda harus efisien. Upaya SEO teknis yang harus ditangani harus mencakup:

a. Kecepatan situs web 
Kecepatan situs web yang lebih cepat selalu lebih baik, dan baru-baru ini, Google telah memasukkan lebih lanjut berbagai variabel waktu buka sebagai faktor peringkat. Pastikan untuk membuat template web yang sederhana, batasi pengalihan, jangan ada pop-up yang mengganggu dan optimalkan visual blog kita agar lebih nyaman.

b. Mobile friendliness
Banyak pengguna beralih dari desktop ke seluler untuk melakukan serangkaian pencarian produk dan layanan. Coba cek blog sobat di perangkat seluler untuk memastikannya mudah dinavigasi bagi setiap pengunjung yang datang melalui seluler.

c. Site structure
Gunakan hypertext HTTPS, struktur URL yang ramah pengguna dan konsisten, hierarki navigasi yang bersih, dan tautan internal yang konsisten untuk membantu membuat struktur situs kita jadi ringkas, clean dan clear.


4. Local SEO
SEO lokal adalah variasi dari SEO yang berfokus pada area tertentu, bukan fokus nasional. Ini semua tentang meningkatkan kehadiran online kita di komunitas kita dan mempromosikan produk atau layanan kita kepada pelanggan lokal.

Seringkali, seberapa baik peringkat kita di Google bergantung pada profil Google Bisnisku milik kita. Di sinilah kita memasukkan alamat, jam buka, deskripsi, ulasan, dan foto kita.

Halaman hasil mesin pencari akan melihat kedekatan, relevansi, dan keunggulan berdasarkan permintaan pencarian pengguna, dan memilih bisnis kita jika kita memenuhi berbagai persyaratan.

Ini adalah rahasia kenapa Campusnesia.co.id bisa memenangkan kata kunci yang berkaitan dengan Tembalang, mulai dari Burjo Tembalang, Warung Makan Tembalang, Loundry Tembalang, Pet Shop Tembalang, Salon Tembalang, Bengkel Tembalang, Dokter Gigi Tembalang dll hingga kata "Tembalang".

Mulailah dari memenangkan kata kunci yang lokal, spesifik dan memiliki cakupan ruang lingkup yang sempit. Memang secara volume tidak besar tapi jika sudah berhasil menang untuk kata lokal akan lebih mudah bersaing dalam kata kunci nasional dan internasional serta kata kunci pendek.

Manfaat SEO lokal antara lain:
- Sangat Tertarget
- Sangat Spesifik
- Sangat Lokal
- Gratis
- Ada peluang lebih besar untuk menentukan peringkat secara lokal karena hanya 44% bisnis yang mengklaim daftar Google My Business mereka.

Kami pernah menulis tentang Google My Business, judulnya "Cara Mendulang Traffic dari Google My Business" baca di sini. 


Tips untuk Penulis Blogger, Micro Influencer  dan Reviewer
Berdasar pengalaman dan pengamatan berikut beberapa tips yang bisa saya share untuk sesama penulis Blogger, Micro Influencer  dan Reviewer

1.  Kejujuran
Dalam tulisan yang kita tulisan kita harus paham ada di level mana. Level pertama adalah pengetahuan, level kedua pengalaman dan level ketiga adalah kearifan. Jadi ilmu yang sudah kita amalkan adalah jadi pengalaman dari kombinasi ilmu dan pengalaman itu kita akan mendapatkan  kebijaksanaan. 

Tulisalah apa yang kamu yakini dari kebenaran atau ilmu yang kita jalani, agar apa yang kita tulis memiliki energi dan emosi. Orang tidak ingin membaca seluas apa yang kamu tahu, tetapi ingin mendapatkan kebijaksanaan dari ilmu yang kamu jalani.

2. Titik pertemuan ide dan relevansi
Untuk menentukan sebuah tulisan relevan atau tidak, kita harus tentukan terlebih dahulu tulisan ini untuk siapa. Pesannya untuk apa dan  Apa yang mereka butuhkan sehingga ide kita punya relevansi dalam kehidupan nyata.

3. Makna
Makna yang kita sampaikan harus memiliki dua unsur, kebaruan dan keunikan. Seni menemukan kata yang mewakili makna yang ingin disampaikan. 

4. Tulis hal sederhana dan pengalaman pribadi
Mulainya menulis dari tema-tema sederhana dan pengalaman pribadi, hasil tulisan dari tips ini adalah tulisan yang jujur dan genuin bukan dibuat karena semata-mata ingin masuk halaman pertama google.

5. Menjawab Pertanyaan dan memberi solusi
Tips berikutnya adalah menulislah untuk menjawab pertanyaan, degan demikian setidaknya sudah ada calon pembaca tulisan kita yaitu mereka yang bertanya. Pastikan memberi solusi dan jalan keluar.

6. Mulai dari hal kecil, spesifik dan ruang lingkup yang sempit
Sebelumnya sudah kami jelaskan bahawa ni adalah salah satu kunci keberhasilan Campusnesia.co.id bisa menang kata kunci yang berkaitan dengan Tembalang.

Mulailah dari menang pada kata kunci yang lokal, spesifik dan memiliki cakupan ruang lingkup yang sempit. 


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Penulis Blogger, Micro Influencer dan Reviewer. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


Referensi:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys