2024 Apakah Jadi Blogger Masih Worth It dan Relevan?

 


Campusnesia.co.id - Semarang 01/12/2023. Sampailah kita di bulan Desember 2023, sesaat lagi bakal memasuki tahun baru 2024 yang salah satu hal penting bakal ada gelaran Pemilu dan Pilpres 2024.

Lewat postingan kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman blogging selama tahun 2023 dan refleksi beberapa tahun ke belakang beserta kira-kira bakal seperti apa tahun 2024 akan datang.

Judul yang saya pilih adalah 2024 Apakah Jadi Blogger Masih Worth It dan Relevan?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas ada beberapa hal yang jadi catatan saya setelah setidaknya tiga tahun monetise blog dengan adsense.


1. Saat pandemi pendapat adsense naik drastis

Tahun 2021 saat masih pandemi, pemberlakuan PSBB, sekolah dan kampus online dan wfh pendapatan adsense naik drastis.

Hal ini kemungkinan karena banyak orang di rumah menghabiskan waktu lebih lama mengakses internet. Selain itu juga banyak start up dan perusahaan yang spending iklannya tinggi sehingga pay per clik jadi besar.

Tanpa bermaksud pamer, sombong atau flexing di tahun 2021 ini total penghasilan tertaksir sebesar 18,9 juta dan terhitung dari pertama iklan aktif tanggal 29 Januari 2021 bisa payout pertama bulan Agustus, selanjutnya alhamdulillah setiap bulan sepanjang tahun itu bisa dapat bayaran dari mbah Google.

Januari 2022 masih bisa payout per bulan namun selanjutnya kadang butuh 2-3 bulan selama tahun 2022 untuk bisa payout.

Tahun 2023 ini sayangnya penghasilan dari adsense turun drastis, butuh 3-5 bulan untuk bisa payout. Hal yang saya syukuri ketika adsense turun ada penghasilan dari article placement yang besarnya tidak kalah ari adsense.


2. Tren naik turun dan tidak selamanya konten gloden keyword ada di halaman pertama

Saya bersyukur dalam perjalanan sebabai blogger beberapa kali berhasil membuat konten yang masuk kategori golden keyword, menempati posisi halaman pertama google dan menghasilkan traffic yang luar biasa banyak.

Contoh konten tentang website penyedia template ppt gratis sampai hari ini sudah dibaca sebanyak 870 ribu kali, dan beberapa konten lainnya.

Pelajaran yang saya ambil, keberhasilan masuk halaman pertama google ini tidak akan bertahan selamanya, bisa disebabkan karena pergeseran tren, jumlah pembaca baru yang berkurang dan saingan dengan web lain yang juga bikin konten serupa.

Pelajarannya ya memang tidak boleh mudah berpuas diri, harus selalu mencari ide baru untuk membuat tulisan yang syukur-syukur bisa jadi the next golden keyword.


3. Kehadiran Ai, Chat GPT dan Google Bard

Tahun 2023 diramaikan dengan kahadiran ChatGPT dan Google Bard, konon katanya bakal jadi saingan mematikan bagi para blogger. 

Saya coba membuat artikel dengan chat gpt memang sangat mudah dan bakal jadi zona nyaman bagi penulis, tapi bisa juga melenakan karena google sebagai mesin pencari awalnya tidak mau mengindeks tulisan buatan Ai.

Belakangan sudah bisa di indeks tapi untuk jadi tulisan yang masuk halaman pertama google bakal sulit. Jadi saran saya jangan terlalu bergantung pada chat gpt untuk menulis artikel. Alih-alih menggunakan Ai untuk menulis lebih baik untuk melakukan riset atau setidaknya jangan 100 persen hasil buatan Ai kemudian diposting begitu saja.


4. Perubahan algoritma google dan blogspot?

Ini selalu terjadi, bahwa google senantiasa memperbaharui algoritmanya dan nampaknya ini berdampak pada traffic pengunjung blog.

Termasuk implemenstasi chat gpt di bing dan Bard di mesin penelusuran google yang bisa meringkas hasil pencarian, mungkin saja juga mengurangi kunjungan ke blog atau website.


Sejauh ini demikian empat catatan perjalan nge-blog saya sepanjang tahun 2021 hingga 2023 terhitung sejak dimonetise karena sebenarnya Campusnesia.co.id sudah eksis sejak 22 September 2016.

Sekarang saya akan jawab pertanyaan di judul konten ini, 2024 Apakah Jadi Blogger Masih Worth It dan Relevan?

Jawaban saya masih, dengan beberapa tips yaitu:

1. Tetaplah membuat konten yang informatif dan bermanfaat serta ada unsur kebaruan. Jadi tidak asal nulis apa yang lagi rame apalagi bergantung pada chat gpt untuk membuat konten. Tidak masalah hal kecil yang ada disekitar kita yang penting ada nilai manfaatnya.


2. Untuk yang sedang berjuang mendapatkan bayaran adsense tetap semangat jangan menyerah.


3. Usahakan jangan hanya bergantung pada adsense, cobalah untuk menawarkan jasa article placement, back link dan iklan banner dengan demikian kita jadi punya beberapa alternatif penghasilan dari blog


4. Konsisten 


5. Tetap semangat 


Demikian tadi postingan kita kali ini tentang 2024 Apakah Jadi Blogger Masih Worth It dan Relevan?. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis 
Nandar


Tulisan ini juga tersedia dalam bentuk video






Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon