5 Penyebab Traffic Blog Turun Drastis Tahun 2024

 



Campusnesia.co.id - Hingga bulan oktober tahun 2023 lalu, saya masih menikmati puluhan ribu traffic pembaca per hari pada blog atau website ini. Namun menginjak bulan november, desember hingga awal tahun 2024 ini traffic blog turun drastis.

Penasaran dengan apa yang terjadi saya coba mencari tahu, sebenarnya apa Penyebab Traffic Blog Turun Drastis Tahun 2024 ini?

Hasil analisis saya ada beberapa sebab mengapa jumlah pengunjung harian ke blog saya semakin menurun diantaranya:


1. Perubahan tren pencarian di internet
Sejak tahun 2021 saya menikmati puluhan ribu traffic dari bebeapa artikel viral seperti kumpulan website yang menyediakan template ppt gratis, manfaat sertifikat webinar dan kumpulan artikel tentang webinar setiap bulannya.

Seiring berjalannya waktu tren pencarian ini menurun, berkaitan tentang webinar karena pandemi mulai berlalu dan tren mengikuti webinar tak seantusias dahulu.

Hingga tahun 2023 saya masih menikmati traffic dari postingan tentang daftar aplikasi Ai yang membantu kegiatan sehari-hari dan daftar film yang tayang di bioskop setiap bulannya, namun seperti paragraf pembuka di atas menjelang akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 tren pencarian ini menurun.


2. Dampat Chat-GPT dan Ai di mesin pencari
Menurut saya kemunculan Chat-GPT dan Ai di mesin pencarian sedikit banyak mempengauhi penurunan traffic ke blog karena dengan Ai sudah dibuatkan rangkuman sehingga mengurangi tindakan klik ke blog.


3. Tren pencarian informasi di sosial media seperti TikTok dan Instagram
Generasi Z kini lebih suka mencari sesuatu di sosial media seperti Youtube, TikTok dan Instagram hal ini berkaitan dengan kecenderungan lebih suka mengkonsumsi informasi berupa audio-visual, singkat dan ringkas dibanding harus membaca artikel di blog atau website yang biasanya berisi tulisan lebih panjang.


4. Perubahan algoritma google
Tidak dipungkiri perubahan algoritma google juga mempengaruhi traffic, artikel dengan judul mengandung kata kunci tahun yang sudah lampau biasanya akan mengalami penurunan karena dituntut untuk selalu update setiap tahunnya.


5. Persaingan ketat dengan media online besar yang lebih establish
Dalam banyak kesempatan saya sering berbangga diri karena berhasil masuk halaman pertama dalam pencarian google dalam topik tertentu. Salah satu kuncinya adalah memenangkan kata kunci yang spesifik dan memiliki ruang lingkup yang sempit misal informasi tentang tempat loundry di Tembalang Semarang, namun ketika media online besar yang sudah mapan ikut membuat konten yang sama tentu blog kecil seperti kami otomatis bakal kegeser dari rangking pertama di halaman google.


Dampak Traffic Blog Turun Drastis Tahun 2024

Dampak yang paling terasa dari penurunan traffic blog saya di tahun 2024 ini adalah penurunan penghasilan dari google adsense. Jika tahun-tahun yang lalu bisa payout setiap bulan, kini dengan turunnya traffic harus bersabar nunggu beberapa bulan untuk mendapatkan gajian dari mbah google.

Tapi hikmahnya dengan turunya traffic blog harian ini jadi harus kembali berfikir bagaimana agar tetap menghasilkan cuan yang minimal sama atau kalau bisa lebih besar.

Justru ketika penghasilan dari google adsense turun kami menemukan peluang baru yaitu jasa artikel placement, tidak hanya dari dalam negeri juga dari luar negeri, kuncinya di tengah tren penurunan traffic ini adalah tetap konsisten menulis, menghadirkan informasi yang memberi sudut pandang baru, kebermanfaat dan kebaruan.

Terima kasih untuk pembaca setia Campusnesia, semoga kami senantiasa bisa istiqomah menulis untuk pembaca. Demikian postingan kita kali ini tentang 5 Penyebab Traffic Blog Turun Drastis Tahun 2024, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar



===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon