Kenal Lebih Dekat dengan Bard, Teknologi AI Buatan Google Saingan Open AI ChatGPT



Campusnesia.co.id - Pasca akuisisi Open Ai dan ChatGPT oleh Microsoft, Google bak kebakaran jenggot karena dianggap ketinggalan dalam hal pengembangan teknologi berbasis Artificial Inteligent.

Apalagi kini Microsoft telah mengintegrasikan teknologi Ai dari Open Ai dalam mesin pencarian Bing dan layanan microsoft lainnya, wajar jika Google juga segera membuat langkah strategis salah satunya dengan merilis teknologi Ai mereka bernama Bard.

Mengutip laman wikipedia.org, Bard adalah chatbot generative artificial intelligence yang dikembangkan oleh Google, berdasarkan keluarga LaMDA model bahasa besar. 

Bard dikembangkan sebagai respon terhadap munculnya ChatGPT OpenAI, dan dirilis dalam kapasitas terbatas pada Maret 2023 untuk tanggapan suam-suam kuku, sebelum diperluas ke negara lain pada bulan Mei.

Pada November 2022, OpenAI meluncurkan ChatGPT, sebuah chatbot berdasarkan keluarga besar model bahasa (LLM) GPT-3. ChatGPT mendapat perhatian dunia setelah dirilis, menjadi sensasi viral di Internet.

Khawatir dengan potensi ancaman ChatGPT terhadap Google Penelusuran, eksekutif Google mengeluarkan peringatan "kode merah", menugaskan kembali beberapa tim untuk membantu upaya kecerdasan buatan (AI) perusahaan. 

Dalam langkah yang langka dan belum pernah terjadi sebelumnya, pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, yang mengundurkan diri dari peran mereka sebagai co-CEO perusahaan induk Alphabet pada 2019, dipanggil ke pertemuan darurat dengan eksekutif perusahaan untuk membahas tanggapan Google terhadap ChatGPT. 

Awal tahun itu, perusahaan telah meluncurkan LaMDA, sebuah prototipe LLM, tetapi tidak merilisnya ke publik. Ketika ditanya oleh karyawan pada rapat umum apakah LaMDA adalah peluang yang terlewatkan bagi Google untuk bersaing dengan ChatGPT, CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai, bersama dengan kepala Google AI Jeff Dean, menyatakan bahwa sementara perusahaan memiliki kemampuan yang mirip dengan ChatGPT, pindah juga cepat di arena itu akan mewakili "risiko reputasi" besar karena Google secara substansial lebih besar dari OpenAI.

Pada Januari 2023, CEO DeepMind Demis Hassabis menggoda rencana untuk saingan ChatGPT, dan karyawan Google diperintahkan untuk mempercepat kemajuan pesaing ChatGPT, secara intensif menguji "Apprentice Bard" dan chatbot lainnya.

Pichai meyakinkan investor selama panggilan investor pendapatan kuartalan Google pada bulan Februari bahwa perusahaan memiliki rencana untuk memperluas ketersediaan dan aplikasi LaMDA.


Sejarah tekbologi Ai Bard

Pada tanggal 6 Februari, Google mengumumkan Bard, chatbot kecerdasan buatan generatif percakapan yang didukung oleh LaMDA. Bard pertama kali diluncurkan ke grup terpilih yang terdiri dari 10.000 "penguji tepercaya", sebelum rilis luas yang dijadwalkan pada akhir bulan.

Bard diawasi oleh pimpinan produk Jack Krawczyk, yang menggambarkan produk tersebut sebagai "layanan AI kolaboratif" daripada mesin telusur, sementara Pichai merinci bagaimana Bard akan diintegrasikan ke dalam Penelusuran Google. 

Reuters menghitung bahwa menambahkan fitur seperti ChatGPT ke Google Penelusuran dapat membebani perusahaan sebesar $6 miliar dalam pengeluaran tambahan pada tahun 2024, sementara firma penelitian dan konsultasi SemiAnalysis menghitung bahwa hal itu akan membebani Google sebesar $3 miliar.

Teknologi ini dikembangkan dengan nama kode "Atlas", dengan nama "Bard" mengacu pada istilah Celtic untuk pendongeng dan dipilih untuk "mencerminkan sifat kreatif dari algoritme di bawahnya". 

Beberapa outlet media dan analis keuangan menggambarkan Google sebagai pengumuman Bard yang "terburu-buru" untuk mendahului acara Microsoft yang direncanakan pada 7 Februari yang meluncurkan kemitraannya dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT ke dalam mesin pencari Bing-nya, serta bermain "mengejar ketinggalan " ke Microsoft.

Tom Warren dari The Verge dan Davey Alba dari Bloomberg News mencatat bahwa ini menandai awal dari bentrokan lain antara dua perusahaan Teknologi Besar mengenai "masa depan pencarian", setelah "gencatan senjata" enam tahun mereka berakhir pada tahun 2021, Chris Stokel-Walker dari The Guardian, Sara Morrison dari Recode, dan analis Dan Ives dari firma investasi Wedbush Securities menyebut ini sebagai perlombaan senjata AI antara keduanya.

Setelah streaming langsung 8 Februari yang "mengecewakan" di Paris yang menampilkan Bard, saham Google turun delapan persen, setara dengan kerugian $100 miliar dalam nilai pasar, dan video streaming langsung YouTube dijadikan pribadi.

Banyak pemirsa juga menunjukkan kesalahan selama demo di mana Bard memberikan informasi yang tidak akurat tentang Teleskop Luar Angkasa James Webb sebagai tanggapan atas pertanyaan. Karyawan Google mengkritik pengumuman Pichai yang "terburu-buru" dan "gagal" tentang Bard di Memgen, forum internal perusahaan,sementara Maggie Harrison dari Futurisme menyebut peluncuran itu "kekacauan". 

Pichai membela tindakannya dengan mengatakan bahwa Google telah "bekerja secara mendalam pada AI untuk waktu yang lama", menolak anggapan bahwa peluncuran Bard adalah reaksi spontan. Ketua alfabet John Hennessy mengakui bahwa Bard belum sepenuhnya siap produk, tetapi mengungkapkan kegembiraannya atas potensi teknologi tersebut.

Seminggu setelah bencana James Webb, Pichai meminta karyawan untuk mendedikasikan dua hingga empat jam untuk pengujian dogfood Bard, sementara eksekutif Google Prabhakar Raghavan mendorong karyawan untuk memperbaiki kesalahan apa pun yang dibuat Bard.

80.000 karyawan menanggapi ajakan bertindak Pichai. Pada minggu-minggu berikutnya, karyawan Google mengkritik Bard secara terus-menerus dalam pesan internal, mengutip berbagai masalah keamanan dan etika dan meminta para pemimpin perusahaan untuk tidak meluncurkan layanan tersebut. 

Mencari untuk memprioritaskan bersaing dengan pesaing, eksekutif Google memutuskan untuk tetap melanjutkan peluncuran, mengesampingkan laporan penilaian risiko yang tidak simpatik yang dilakukan oleh tim etika AI-nya.

Setelah Pichai tiba-tiba memberhentikan 12.000 karyawan akhir bulan itu karena pertumbuhan pendapatan yang melambat, pekerja yang tersisa membagikan meme dan cuplikan percakapan lucu mereka dengan Bard meminta "pendapat" tentang PHK. Karyawan Google mulai menguji versi Bard yang lebih canggih dengan parameter yang lebih besar, dijuluki "Big Bard", pada pertengahan Maret.


Peluncuran teknologi Ai Bard

Google membuka akses awal untuk Bard pada 21 Maret dalam kapasitas terbatas, memungkinkan pengguna di AS dan Inggris untuk bergabung dalam daftar tunggu. Tidak seperti pendekatan Microsoft dengan Bing, Bard diluncurkan sebagai aplikasi web mandiri yang menampilkan kotak teks dan penafian bahwa chatbot "mungkin menampilkan informasi yang tidak akurat atau menyinggung yang tidak mewakili pandangan Google". 

Tiga tanggapan kemudian diberikan untuk setiap pertanyaan, dengan pengguna diminta untuk mengirimkan umpan balik tentang kegunaan setiap jawaban. Wakil presiden Google Sissie Hsiao dan Eli Collins menjebak Bard sebagai pelengkap Google Penelusuran dan menyatakan bahwa perusahaan belum menentukan cara membuat layanan tersebut menguntungkan. Di antara mereka yang diberikan akses awal adalah mereka yang terdaftar dalam program loyalitas "Pixel Superfans" Google.

Tak lama setelah peluncuran awal Bard, Google mengatur ulang tim di belakang Asisten Google, asisten virtual perusahaan, untuk fokus pada Bard saja. Peneliti Google Jacob Devlin mengundurkan diri dari perusahaan setelah mengklaim bahwa Bard diam-diam memanfaatkan data dari ChatGPT Google membantah tuduhan tersebut. 

Pichai mengungkapkan pada 31 Maret bahwa perusahaan bermaksud untuk "meningkatkan" Bard dengan mendasarkannya pada PaLM, LLM yang lebih baru dan lebih kuat dari Google, daripada LaMDA.

Pada hari yang sama, Krawczyk mengumumkan bahwa Google telah menambahkan "kemampuan matematika dan logika" ke Bard. Bard memperoleh kemampuan untuk membantu pengkodean pada bulan April, kompatibel dengan lebih dari 20 bahasa pemrograman saat diluncurkan.

Microsoft juga mulai memasang iklan di bilah alamat dari versi pengembang browser Edge yang mendesak pengguna untuk mencoba Bing setiap kali mereka mengunjungi aplikasi web Bard. Google sedang bekerja untuk mengintegrasikan Bard ke dalam sistem operasi ChromeOS dan perangkat Pixel-nya.

Selama keynote Google I/O tahunan pada Mei 2023, Pichai dan Hsiao mengumumkan sejumlah pembaruan untuk Bard, termasuk penerapan PaLM 2, integrasi dengan produk Google lainnya dan layanan pihak ketiga, perluasan ke 180 negara, dukungan untuk bahasa tambahan, dan fitur-fitur baru.


Penerimaan masyarakat terhdapap teknologi AI Bard

Bard menerima tinjauan yang beragam pada rilis awal. James Vincent dari The Verge menemukan Bard lebih cepat dari ChatGPT dan Bing, tetapi mencatat bahwa kurangnya catatan kaki Bing-esque adalah "berkat dan juga kutukan".

Rekannya David Pierce tidak terkesan dengan tanggapannya yang tidak menarik dan terkadang tidak akurat, menambahkan bahwa meskipun Google bersikeras bahwa Bard bukanlah mesin telusur, antarmuka penggunanya mirip dengan itu, yang dapat menyebabkan masalah bagi Google.

Cade Metz dari The New York Times menggambarkan Bard sebagai "lebih berhati-hati" daripada ChatGPT, sementara Shirin Ghaffary dari Vox menyebutnya "kering dan tidak kontroversial" karena sifat tanggapannya yang tertutup. Dalam percakapan 60 Menit dengan Hsiao, wakil presiden senior Google James Manyika, dan Pichai, koresponden CBS News Scott Pelley menemukan Bard "mengganggu". 

Associate professor Ethan Mollick dari Wharton School of the University of Pennsylvania merasa kecewa dengan ketidakmampuan artistik Bard. The Times kemudian melakukan tes dengan ChatGPT dan Bard mengenai kemampuan mereka menangani tugas yang diharapkan dari asisten manusia, dan menyimpulkan bahwa kinerja ChatGPT jauh lebih unggul daripada Bard.


Cara menggunakan Bard dari Google

Untuk sobat yang penasaran dengan Chat AI buatan Goole yaitu Bard, langsung saja kunjungi linknya yaitu https://bard.google.com/ kita akan diberikan interfface seperti ini dan bisa mulai percakapan tanya jawab dengan Brad layaknya seperti ChatGPT.


Mungkin saya yang belum tahu caranya, tapi Brad yang saya coba hanya merespon dengan hasil terbaik saaat menggunakan Promt, pertanyaan dan perintah dalam bahasa inggris.

Kalau dibandingkan dengan ChatGPT-4 dari OpenAi sebenarnya masih lebih nyaman ChatGPT karena sudah bisa merespon dengan baik dengan promt dan perintah dalam bahasa Indonesia.

Artikel ini akan kami update seiring berkembangnya Brad.



Penulis
Nandar


Sumber:
- https://bard.google.com/
- https://en.wikipedia.org/wiki/Bard_(chatbot)


===
Baca juga:





Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon