Loading...

Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren agar masuk Page One Google

 


Campusnesia.co.id - Madrasah dan pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan berbasis agama memiliki peran penting dalam dunia pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengutip data dari situs Emis Pendis Kemenag, hingga Semester Genap 2015/2016, jumlah RA dan Madrasah di Indonesia mencapai 77.336 lembaga., Total ada 49.337 Madrasah (tidak termasuk RA) di Indonesia, sekitar 92,1 % atau 45.451 merupakan madrasah swasta. Dan 7,9 % sebanyak 3.886 merupakan Madrasah Negeri. Untuk masing-masing jenjang, jumlahnya adalah sebagai berikut: - Madrasah Ibtidaiyah Negeri sejumlah 1.686
- Madrasah Ibtidaiyah Swasta sejumlah 22.874
- Madrasah Tsanawiyah Negeri sejumlah 1.437
- Madrasah Tsanawiyah Swasta sejumlah 15.497
- Madrasah Aliyah Negeri sejumlah 763
- Madrasah Aliyah Swasta sejumlah 7.080

Untuk jumlah Pondok Pesantren berdasarkan Provinsi di Indonesia data Januari 2022 Laporan Kementerian Kementerian Agama menunjukkan, ada 26.975 pondok pesantren di Indonesia per Januari 2022. Jawa Barat menyumbang jumlah pondok pesantren terbanyakm, yakni 8.343 pesantren atau sekitar 30,92% dari total pesantren nasional.

Dalam konteks website, madrasah dan pesantren juga tidak boleh ketinggalan dengan sekolah negeri maupun swasta. 

Walau tidak pernah kekurangan siswa dan santri, madrasah dan pesantren juga perlu mempermudah aksesbilitas masyarakat pada lembaga pendidikan, profil tenaga pengajar, kegiatan madrasah dan pesantren, prestasi siswa dan santrinya serta hal baik lainnya.

Maka memiliki website bagi madrasah dan pesantren juga penting, saya tidak berani mengatakan wajib karena tidak ada dalilnya.

Namun, punya website adalah satu hal dan bisa ditemukan di mesin pencarian adalah hal lainnya. Agar masuk page one Google web madrasah dan pesantren perlu memperhatikan SEO.

Contoh untuk kata kunci "Sekolah Islam Terpadu di Tembalang" website Campusnesia.co.id berada di urutan pertama mesin pencarian Google.

Kali ini kami akan sharing tentang Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren agar masuk Page One Google.


Definisi SEO 
Definisi umum SEO adalah serangkaian cara untuk optimalkan situs website madrasan dan pesantren agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, fokus pada organic research. Pencarian organik ini biasanya dilakukan oleh pengguna saat memasukkan kata kunci pencarian atau keyword pada browser dan search engine Google.

Dengan memaksimalkan SEO pada situs madrasah dan pesantren akan mendatangkan traffic yang organic dan berkualitas serta yang paling penting adalah gratis tanpa perlu iklan di Google AdWords atau biasa disebut SEM (Search Engine Marketing).


3 Cara Kerja dan Teknik SEO
Crawling, mesin pencari akan melakukan crawling, tujuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website, mulai dari halaman hingga link. 

Indexing, setelah berhasil melakukan crawling, selanjutnya web crawler akan menyimpan informasi tersebut ke dalam enty list: index.

Ranking, berikutnya search engine akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan dengan keyword yang disasar.


Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren

1. Masuk halaman pertama Google

2. Mendatangkan pengunjung calon siswa, santri dan orang tua murid

3. Pengenalan profile madrasah dan pesantren

4. Memudahkan pembaca menemukan website sekolah kita

5. Menjaring target pembaca yang spesifik

6. Meningkatkan brand madrasah dan pesantren

7. Membangun ingatan pada madrasah dan pesantren kita

8. Memperbesar peluang ide dan gagasan siswa dan guru tersampaikan

9. Memenangkan persaingan dengan madrasah dan pesantren lain

10. Sebagai sarana e-learning madrasah dan pesantren



Jenis-jenis SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren

1. SEO On Page
SEO on page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian isi konten website. Tujuannya untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pembaca. 

Hal yang harus diperhatikan dalam SEO On Page diantaranya:
- Permalink judul link saat artikel dishare
- Judul konten yang mengandung kata kunci
- Struktur dalam penulisan artikel
- Gambar dan ilustrasi pada artikel, jangan lupa rename nama file gambar
- Sebaran keyword, masukan kata kunci yang ditarget dibeberapa bagian artikel
- Kualitas tulisan yang baik, ada unsur kebaruan informasi bukan repetitif
- Internal link dari artikel lain dalam website
- Bagian SEO lainnya, misalnya meta description dan tag kategori artikel


2. SEO Off Page
SEO off page adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada cara mendapatkan pengunjung dari luar website. Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten kita bagi pembaca.

Hal yang mesti diperhatikan dalam SEO Off Page yaitu:
- Link building dengan mendapatkan link dari website lain yang biasa disebut backlink. Bisa dengan saling tukar backlink atau membeli backlink dari website lain yang menyediakan jasa jual backlink.

- Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google skornya dari 1-100 semakin besar semakin baik. 

- Peningkatan PA atau Page Authority yaitu skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google skor 1-100 semakin besar semakin bagus.

- Promosi konten lewat sosial media instagram, facebook, pinterest, twitter dan instant messaging seperti whatsapp dan telegram. Untuk sosial media yang paling bagus adalah Twitter karena karakteristik penggunanya yang bagus dalam literasi.

- Menulis artikel berkualitas untuk website lain yang di dalamnya diberi backlink ke situs kita. 



3. Technical SEO
Technical SEO adalah cara mengoptimasi SEO yang fokus pada bagian jeroan website dan struktur yang membangunnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan struktur website sehingga performanya maksimal, diterima serta mudah di-crawler oleh Google.

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam Technical SEO:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs SSL (Secure Socket Layer)
- Tema yang responsive
- Layout website yang sederhana, clear dan clean 
- Navigasi halaman, kategori artikel dsb

Untuk pembaca kita juga punya artikel tentang 15 Tips Meningkatkan Rating Web Sekolah agar Masuk Halaman Pertama Google dengan SEO Sederhana bisa dibaca di sini.

Masukan ide untuk website pesantren bisa ditambahkan konten artikel pembahasan materi keagamaan dengan lebih panjang dan komprehensif. 

Bisa juga ditambahkan video pengajian dengan tema yang berkesinambungan sehingga bagi masyarakat atau santri yang tidak berada di lingkungan pesantren bisa mengaji dari lokasi masing-masing.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Pentingnya SEO untuk Website Madrasah dan Pesantren agar masuk Page One Google.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:






Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys