4 Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Dana dan Resource yang Dibutuhkan Website

 


Campusnesia.co.id -  Halo teman-teman, kali ini kita mau bahas tentang Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Dana dan Resource Yang Dibutuhkan Website. Memilih hosting terbaik sama halnya dengan memilih sebuah tempat untuk website sobat 'hidup'. Namun, bukan berarti sobat  memilih hosting sembarangan dengan prinsip 'yang penting ada' tanpa memperhatikan kualitas. Pasalnya, hosting merupakan komponen website yang sangat penting dan berguna untuk menyimpan semua file dan data website sobat .

Beberapa pengguna yang ingin memulai situs web mereka bahkan tidak sepenuhnya memahami apa itu hosting, apalagi bagaimana memilih hosting terbaik. Untungnya, artikel ini akan membahas bagaimana Memilih Hosting Terbaik sesuai dana dan resource yang dibutuhkan website sobat .


4 Cara Memilih Hosting Terbaik

Di era online ini, kebutuhan akan website selalu meningkat di berbagai sektor, seperti bisnis, perusahaan, bahkan perorangan. Website yang sebenarnya berfungsi untuk menyampaikan informasi kini bisa digunakan untuk memasarkan produk.

Berangkat dari hal tersebut, pengguna ingin memiliki website yang layak dengan harapan mendatangkan trafik yang tinggi atau bahkan mendapatkan penghasilan secara online. Namun, sebelum akhirnya memiliki sebuah website, sobat  tidak boleh melewatkan sebuah proses penting, yaitu memilih website terbaik untuk memenuhi kebutuhan sobat  kedepannya.
Jika sobat  berpikir bahwa semua hosting itu sama, maka sobat salah. 

Ini karena setiap penyedia hosting memiliki spesifikasi dan harga masing-masing, dan tugas sobat  adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan situs web sobat . Nah berikut beberapa tips memilih hosting terbaik yang telah kami rangkum dan terbukti ampuh dalam membantu menyesuaikan dengan kebutuhan website pengguna. 

DomaiNesia adalah hosting terbaik dan popular di Indonesia karena sudah menggunakan system cloud hosting dengan triple replication data dan up time server 99.9%.


1. Tentukan Platform Yang Ingin Sobat Gunakan
Platform yang digunakan untuk membuat website menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih web hosting. Di Indonesia sendiri, mayoritas website dibuat menggunakan platform WordPress yang dikenal lebih mudah digunakan dan SEO Friendly.

Selain WordPress, ada juga platform lain yang bisa sobat  gunakan, seperti Blogger, WIX, Joomla, dan lain sebagainya. Meskipun berbagai jenis platform tersebut dapat berjalan pada layanan web hosting paket apapun, sobat sangat disarankan untuk memilih paket hosting yang telah dibuat berdasarkan kebutuhan sobat .


2. Lokasi Target Pengunjung
Memilih hosting terbaik tentunya tidak lepas dari kenyamanan dan keamanan data pengunjung target sobat. Jika sobat  memiliki target audiens dari Indonesia, maka sebaiknya gunakan penyedia web hosting terbaik yang memiliki pusat data di Indonesia.

Selain memotong routing yang akan berdampak pada kecepatan loading, menggunakan hosting dari provider domestik juga relatif lebih mudah menjalin komunikasi saat terjadi masalah. Terlepas dari itu semua, dari segi keamanan dan teknologi, data center Indonesia saat ini tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri. Jadi, sobat  tidak perlu khawatir tentang hal ini.


3. Perhatikan Jenis Website
Faktor pertimbangan selanjutnya dalam memilih hosting adalah jenis website. Sebagai informasi, layanan web hosting sendiri hadir dalam berbagai pilihan paket, dan salah satunya untuk mengantisipasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan setiap website memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis dan fungsinya.

Misalnya, jika sobat  ingin membuat blog atau website untuk keperluan pribadi, maka cukup menggunakan paket hosting murah DomaiNesia yang harganya hanya puluhan ribu rupiah per bulan. Namun, jika sobat  ingin membuat website jenis toko online dengan produk yang banyak dan aktivitas kunjungan yang besar, sobat  bisa memilih paket hosting virtual private server (VPS) yang tentunya performanya jauh lebih baik.

Perlu sobat  ketahui, VPS hosting ditujukan untuk pemilik website berskala besar, karena sumber daya yang dimiliki hosting jenis ini hanya digunakan oleh pemiliknya. Berbeda dengan shared hosting, resource pada satu server digunakan oleh beberapa user sekaligus. Ketika pengguna shared hosting menggunakan sumber daya secara berlebihan, sobat  juga akan terpengaruh.


4. Jenis Konten yang Disajikan
Jenis suatu konten pada website akan sangat berpengaruh dalam menentukan paket hosting. Hal ini dikarenakan kebutuhan sebuah website yang kebanyakan berisi artikel tulisan tentunya akan jauh berbeda dengan website streaming video atau situs gambar atau wallpaper. 

Nah, sebagai pemilik website, sobat  harus mengetahui tujuan pembuatan website, apakah kedepannya hanya akan berisi teks, gambar, atau akan menampilkan video yang bisa langsung dilihat pengunjung.

Demikian ulasan tentang Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Dana Dan Resource Yang Dibutuhkan Website semoga bermanfaat.


sumber foto: freepik.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon