Loading...

9 Skill yang Perlu Dimiliki Mahasiswa Tingkat Akhir

 


Campusnesia.co.id - Untuk sobat mahasiswa yang sudah menuntaskan kewajiban mata kuliah, magang dan KKN tiba saatnya fokus pada penelitian dan tugas akhir, tiap kampus bisa jadi berbeda tapi secara umum bisa disebut mahasiswa tingkat akhir.

Selain menyiapkan segala sesuatu untuk tugas akhir syarat kelulusan beberapa skill dan wawasan juga perlu diasah untuk bekal dunia pasca kampus.

Lewat artikel kali ini kami akan berbagi tentang 8 Skill yang Perlu Dimiliki Mahasiswa Tingkat Akhir, terinspirasi dari utas akun twitter kak Latifa @latifaskaaapa, apa saja? ini daftarnya.


1. Mencari referensi yang kredibel untuk Skripsi
Ketika mau mencari referensi seperti di website cari tahu juga bagaimana kredibilitasnya. Misal, siapa penulisnya atau profil websitenya. 

Tapi biar lebih aman gunakan saja referensi dari buku atau artikel ilmiah. Kemampuan ini akan sangat membantu dalam penulisan skripsi dan tugas akhir.



2. Menggunakan Mendeley untuk membuat Daftar Pustaka
Aplikasi ini memang membantu para mahasiswa untuk melakukan sitasi dan membuat daftar pustaka secara otomatis sehingga tidak mengedit secara manual. Untuk sobat mahasiswa akhir direkomendasikan pakai Mendeley.



3. Melakukan parafrase
Ketika mengutip kalimat jangan asal copas tapi parafrase dulu biar agar terhindar dari plagiat. Ingat, sertakan juga sitasinya. Sobat bisa latihan parafase saat membuat kalimat di makalah.

Baca: 



4. Membaca cepat atau skimming
Membaca cepat digunakan saat membaca referensi terutama artikel ilmiah. Baca abstraknya kemudian baca secara skimming dan temukan hal penting pada artikel atau referensi lain.



5. Berbicara secara sistematis
Bicaranya teratur dan gak belibet. Saat sempro ataupun ujian skripsi kamu diharuskan untuk presentasi dan menjawab pertanyaan penguji.

Nah, disinilah skill ini diperlukan, resentasikan penelitian secara runtut dan jawab pertanyaan dengan tepat.

Baca: 


6. Komunikasi 
Tak kalah penting juga yaitu komunikasi, entah lisan ataupun tertulis. Skill ini digunakan ketika kamu menghubungi dosen pembimbing atau saat menjawab pertanyaan beliau setelah sidang.

Baca:



7. Manajemen Keuangan
Walau sudah mahasiswa tingkat akhir, keuangan juga tetap harus diatur agar tidak kebobolan. Uang saku dari orang tua atau hasil kerja paruh waktu harus gunakan dengan bijak.



8. Mengatur Waktu
Kunci keberhasilan menyelesaikan tugas akhir tepat waktu adalah manajemen waktu yang baik, kapan waktunya cari bahan, menyusun skripsi, bertemu dosen pembimbing dan sidang.

Tanpa disiplin dalam memanaj waktu maka bisa keteran dan menjadi penyebab stress. 

Baca:



9. Skill untuk tetap waras dan tebel kuping dengerin pertanyaan orang-orang
Terima kasih tambahannya sobat Campusnesia di twitter pemilik akun ditayu @cariinakupacar, skill yang satu ini walau terkesan bercanda tapi memang penting lho.

Banyak sekali orang yang nir-empati sering menanyakan tentang kapan sidang, kapan lulus, kerja, nikah dll.

Jadikan saja semangat, jangan terlalu baper dan masukan hati anggap angin lalu, sebagian orang yang bertanya begitu kebanyakan karena iseng sisanya memang nir-empati saja.

Buat orang-prang yang masih sering tanya kapan sidang, lulus atau kerja hati-hati pertanyaan iseng anda bisa jadi sangat menyakitkan bagi orang lain, berapa kali kita baca berita mahasiswa yang depresi karena tugas akhir, so jadilah bijak.




Itu tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang 8 Skill yang Perlu Dimiliki Mahasiswa Tingkat Akhir, semoga bermanfaat sampai jumpa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys