5 Tips Mengatur Keuangan untuk Pelajar

10:37:00 AM


Cahpati.id -- Lur sedulur, bicara uang orang bilang sebanyak apapun tetap akan kurang. Banyak kurang apalagi sedikit, oleh karena itu ketika memegang uang harus di atur harus di manaj bahasa kerenya.

Siapa saja yang wajib mengatur keuangan? Bendahara! yak tul. Tetapi gak juga, ibu rumah tangga, kamu yang sudah bekerja, bahkan kamu yang masih pelajar juga harus sudah belajar mengatur keuangan walau uang yang kamu dapatkan masih dari orang tua. Atau ada diantara pembaca yang sekolah sambil bekerja? wah salut, harus diatur keuangannya.

Orang tua berbeda dalam hal memberi uang kepada anaknya selama masih menjadi pelajar, ada yang memberikan harian sesuai kebutuhan ada pula yang diberikan mingguan atau bulanan.

Untuk yang uang sakunya diberikan mingguan atau bulanan, redaksi punya tips bagaimana baiknya mengatur keuangan agar tidak tergoda untuk menyalahgunakannya untuk hal-hal yang di luar kebutuhan sekolah.

1. Alokasikan  Terlebih Dahulu Uang Sekolah
Misalnya untuk SPP, beli Buku atau iuran lain. Agar lebih mudah penulis sarankan menggunakan amplop dengan tulisan masing-masing kebutuhan. Yang urgent-urgent ini harus segera diamankan dan dibayarkan untuk menghindari digunakan untuk kebutuhan lain. 

2. Alokasikan  untuk Kebutuhan Hidup
Berikutnya prioritas ke dua adalah kebutuhan hidup, misalnya Kos, Makan, Transportasi dan komunikasi. Beli paket data dan pulsa sesuai kebutuhan serta gunakan sesuai kebutuhan. Harus prihatin ya namanya juga sedang menuntut ilmu, bantu orang tua agar tidak terbebani berlebihan.

3. Alokasikan  untuk Cadangan
Ada baiknya sisihkan sebagian sebagai dana cadangan atau tabungan, jadi kalau sewaktu-waktu ada kebutuhan tak terduga tidak perlu meminta kepada orang tua selama bisa dipenuhi dari tabungan itu. 

4. Alokasikan untuk Sedekah
Walau nominalnya kecil, mengalokasikan uang saku untuk kegiatan sosial atau amal akan menjadi sarana latihan kepedulian dan kepekaan terhadap sesama. Manfaat kebiasaan ini akan kamu rasakan kelak ketika sudah bekerja dan berpenghasilan, bagaimanapun membantu sesama itu mulia.

5. Alokasikan untuk Main dengan Teman
Setelah semua yang penting dan prioritas sudah dialokasikan dan ternyata masih sisa, bolehkan digunkan untuk main bersama teman, misal kumpul dan makan atau jalan-jalan. Tapi ingat ini ada di urutan terkahir setelah yang penting-penting dahulu.

Nah itu dia lur, 5 tips mengatur keuangan buat kamu yang mash pelajar. Kalau kamu bagaimana caramu mengatur keuangan? share di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa salam sego gandhul.

penulis: Nandar
foto     :  klikkabar.com
sumber: Cahpati.id 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor