6 Tips Melawan Penyakit Procastination ala Campusnesia

8:09:00 PM


Campusnesia.co.id -- "Nanti dulu ah...sebentar lagi...rebahan 10 menit aja.." dan sebagainya..dan sebagainya. Pernahkan sobat melakukannya? atau malah sering? Selamat kamu termasuk sobat procastinator.


Sebutan untuk orang-orang yang suka menunda melakukan sesuatu yang tekah direncakan sebelumnya atau Procastination.


ads

Dalam psikologi, prokrastinasi berarti tindakan mengganti tugas berkepentingan tinggi dengan tugas berkepentingan rendah, sehingga tugas penting pun tertunda. Psikolog sering menyebut perilaku ini sebagai mekanisme untuk mencakup kecemasan yang berhubungan dengan memulai atau menyelesaikan tugas atau keputusan apapun. Wikipedia.

Untuk produktifitas, penyakit ini berbahaya apalagi untuk kita yang masih muda usianya, mustinya ada pada fase semangat dan giat-giatnya dalam melakukan berbagai aktifotas yang positif.

Jadi apa solusinya? Berikut tips ala Campusnesia untuk melawan penyakit procastination.

1. Buat Jadwal Kegiatan
Bisa dengan selembar kertas, di buku agenda atau smartphone kamu. Buat jadwal kegiatan untuk esok hari dari pagi hingga malam menjelang. Dengan demikian kamu akan terjaga stay on the track dan tidak mudah teralihlan oleh kegiatan-kegiatan insidental yang tiba-tiba datang.

2. Cek list
Bubuhkan centang pada agenda yang berhasil terlaksana. Hal sederhana ini secara psikologis akan memacu semangat untuk melakukan kegiatan sesuai jadwal yang sudah kamu buat.

3. Buat Target
Selain agenda yang tersusun dan cek list harian coba buat juga target dari jadwal dan agenda tertentu. Misal saya menjadwalkan menulis artikel setiap hari untuk web Campusnesia.co.id agar lebih terukur saya buat target jumlah artikelnya. 

4. Buat Skala Prioritas
Ya namanya hidup kadang banyak hal tak terduga terjadi. Manfaat membuat skala prioritas akan membantu kita memutuskan akan melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Skala prioritas yang paling umum digukana misalnya kuadran penting-mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting-mendesak dan tidak penting - tidak mendesak.

5. Reward and Punishment
Menghadiahi diri sendiri sebagai apresiasi jika berhasil mencapai cek list dan target yang sudah dibuat. Serta memberi hukuman yang berdampak jika gagal capai target, misal traktir teman ha ha.

6. Ambil Liburan
Agar hidupmu stay on the track tapi tetap tidak membosankan ambilan liburan di sela-sela semua jadwal dan target hidupmu. Kamu juga harus sekali-kali bersikap "Selow kayak di moscow santai kayak di pantai" misal saat hari libur tiba. 

Ngomong-ngomong soal ngisi waktu selow..coba klik portal Kpopuler.com kamu bakal dapat info seputar Kpop, Drama dan Film Korea yang bisa jadi referensi mau nonton yang mana.

Itu dulu sobat Campusnesia, 6 Tips melawan penyakit Procastination dari kita. Semoga bermanfaat sampai jumpa. 

Penulis: Nandar 


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »