5 Poin Penting dalam Presentasi PPT Skripsi (Sidang Akhir)


Campusnesia.co.id – Telah menyelesaikan penelitian skripsi, lalu apa saja yang perlu disiapkan dalam presentasi sidang akhir? Bagi Sobat pejuang skripsi, yuk simak penjelasan berikut.

Poin presentasi yang runtut dan lengkap sebenarnya kembali lagi pada jurusan dan dosen pembimbing, dimana biasanya jurusan memiliki standar tersendiri, bahkan tak jarang dosen tertentu menginginkan adanya poin khusus. 

Jadi terlepas dari sub bahasan umum ini, ada baiknya bagi Sobat untuk bertanya langsung pada dosen atau senior terkait.

Secara garis besar sub bahasan yang ditampilkan dalam presentasi sidang akhir sama dengan yang naskah skripsi. Hanya saja dalam bentuk PPT, tentu saja cukup poin penting yang perlu ditampilkan. 

Cukup poin yang dapat memandu dan mempermudah Sobat dalam menjelaskan pokok bahasan ke audiens.

PPT yang baik tentu harus jelas dan mudah dipahami. Jadi gunakan huruf yang mudah dibaca, ukuran huruf yang tidak terlalu kecil dan warna yang jelas. Jangan menuliskan kalimat terlalu panjang. 

Akan lebih baik jika ditambah gambar agar PPT tidak monoton dan lebih menarik. Dan juga tambahkan diagram dan tabel untuk menyajikan hasil analisis data jika diperlukan, karena akan mempermudah perbandingkan data hasil penelitian. 

Hal penting lain, tampilkan poin dengan bahasa yang jelas dan yang pasti Sobat pahami, karena kalimat yang ambigu dapat memunculkan pertanyaan dari dosen penguji maupun pembimbing.


Berikut poin-poin umum yang bisa Sobat cantumkan sebagai sub bahasan dalam PPT:

1. PENDAHULUAN

- Latar belakang :  Alasan penelitian ini perlu dilakukan. Juga berisi identifikasi masalah yang    ada dilapangan, sehingga menampilkan poin dari pentingnya penelitian ini dilakukan.

- Perumusan masalah : Masalah yang perlu dibahas dari penelitian yang dilakukan.

- Tujuan penelitian : Tujuan yang ingin dicapai dengan pengadaan penelitian tersebut.

- Manfaat penelitian : Dari penelitian yang dilakukan, apa dampak dan kebermanfaatannya       bagi masyarakat, ligkungan, bidang ilmu pengetahuan, atau pemerintah.


2. KAJIAN PUSTAKA

- Kajian teori : Pembahasan menngenai teori yang Sobat dapat dari pustaka, menampilkan   fakta-fakta dari variabel penelitian.

- Penelitian terkait / terdahulu : Penelitian yang telah dilakukan yang dapat Sobat cari dari pustaka dapat menjadi referensi dan perbandingan dengan penelitian yang akan dilakukan. Dapat dibahas mengenai hasil penelitian yang akan mendukung penelitian Sobat, atau kekurangan yang belum dilakukan sehingga menjadi celah perlunya dilakukan penelitian lanjutan.

- Hipotesis :  Atau dugaan sementara, berisi hasil yang diduga akan didapat dari penelitian tersebut berdasarkan kajian teori dan penelitian terdahulu.


3. METODOLOGI PENELITIAN

- Jenis penelitian : Cukup menjelaskan penelitian yang dilakukan.

- Variabel penelitian : Variabel yang digunakan dalam penelitian. 

- Latar penelitian : Berisi tempat dan waktu penelitian diadakan.

- Instrumentasi : Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian.

- Prosedur penelitian : Runtutan proses penelitian yang dilakukan, dari menyiapkan alat dan bahan hingga analisis data.

- Teknik pengumpulan data : Teknik pengambilan data setelah perlakuan.

- Teknik analisis data : Teknik analisis data akhir yang telah didapat.


4. PEMBAHASAN

- Hasil penelitian : Menampilkan hasil dari data yang telah dianalisis, dapat ditampilkan dalam bentuk diagram atau tabel sehingga mudah dipahami oleh audiens. 

Selain itu akan mempermudah dalam menjelaskan hasil penelitian. Jika penelitian menggunakan lebih dari 1 variabel grafik akan mempermudah dalam menampilkan perbandingan antar variabel yang diteliti. Lampiran foto hasil  juga dapat memperkuat data penelitian.


5. PENUTUP

- Kesimpulan : Menampilkan kembali hasil dari penelitian dalam bentuk singkat dan jelas, yang berisi jawaban dari tujuan atau pembuktian dari hipotesis penelitian.

- Saran : Dapat dituliskan masukkan yang membangun sehingga penelitian di masa mendatang dapat melengkapi penelitian tersebut. 

Itu tadi sobat Campusnesia, 5 Poin Penting dalam Presentasi PPT Skripsi dan Sidang Akhir, selamat mencoba tetap semangat semoga lancar sidangnya.


Penulis: Ika Shintya

===
Baca Juga:


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »