7 Tips dan Trik Agar Skripsi Jadi Skripsweet



Campusnesia.co.id -- Sebelum ngomongin tips dan trik, kita kenalan dulu sama skripsi, barangkali kamu calon mahasiswa yang sedang cari tahu suka duka jadi anak kuliahan ya.
Menurut KBBI, Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. 

Sebenarnya, tugas akhir tidak hanya punya terminologi skripsi. Skripsi biasanya digunakan untuk mahasiswa S1. Sedangkan mahasiswa diploma, biasanya dihadapkan pada karya tulis ilmiah. Mahasiswa profesi harus menyelesaikan karya ilmiah akhir. Namun, terminologi ini kadang berbeda tergantung institusi pendidikannya. 

ads



Mahasiswa tingkat akhir, seringkali dihadapkan pada berbagai cobaan pada saat menyelesaikan tugas akhirnya. Dari sakit, kecelakaan, keluarga meninggal, dompet kosong, sampai dilamar orang (nah lho..).

Alasan-alasan ini bisa menjadikan kamu mahasiswa yang terlalu betah di kampus, karena nggak kunjung lulus.. 

Kalau kamu mahasiswa tingkat akhir yang sedang mentok dengan tugas akhir mungkin kamu menemui beberapa kendala berikut ini:

1. Susah nyari judul, meski sudah semedi berhari-hari di kostan sampai habis stok mie instan.

2. Mentok ide penelitian.

3. Mentok di perijinan penelitian. Sudah nemu judul, sudah ACC Bab III, tempat penelitian susah nembusin perijinan. 

4. Mager alias males gerak. Mager harusnya jadi bisa menyelesaikan skripsi, tapi sayangnya, mager sekarang mentok di main game online (hayoo ngaku).

5. Dapet dosen pembimbing yang killer, saklek, atau jam terbang tinggi sehingga susah ditemui.


Mungkin masih banyak lagi kendala yang kamu hadapi saat ini. Berikut beberapa tips yang bisa penulis sarankan, agar skripsimu tidak menjadi bangunan mangkrak kayak proyek pemerintah yang ga kelar-kelar sampe lumutan itu.

1. Temukan niat
Pastikan kamu sudah punya niat utama, kenapa harus segera menyelesaikan skripsimu. Missal, biar ga nambah SPP semester, dapet hadiah, bangga, atau biar bisa segera nikah #ehh (kali camer ACC nikah kalau kamu sudah sarjana kan?). Niat ini, akan menjadi energi terutama pada saat semangat buat menyelesaikan skripsi lagi kendor. 

2. Miliki Penyemangat
Eits, penyemangat ini bukan macem-macem semacam boyfriend or girlfriend atau semacamnya ya. Inget, yang mulusin hidup kita Alloh, pastikan kita jadi kesayangan Alloh dulu dengan menjaga akidah. Missal penyemangatmu kampus S2 yang diincer, pasang foto kampus idamanmu, dijamin full charge semangat. 

3. Temukan “Jam Pintar”mu
Beberapa orang, punya jam pintar masing-masing. Artinya, dari 24 jam, pagi siang atau malam, kamu mungkin bisa berpikir lebih jernih jadi bisa mikir banyak. Strategi ini, bisa menjadikan kamu lebih produktif. 1 jam dapet 3 Bab lebih oke daripada 5 jam tapi Cuma mentok di Bab 1 kan? Dijamin, bisa punya jam lebih banyak buat nge-game deh.

4. Cari Temen yang Bener
Ini penting!. Karena kadang, niat kita sudah pengen lulus cepet, jadi mahasiswa cumlauder, eh tetiba klop sama temen yang kuliahnya nyantai dan betah di kampus alias ga lulus-lulus. Bisa-bisa, kebetahannya nular ke kamu. Kalau perlu, bikin komunitas yang bisa nambah semangat, missal “Pejuang Skripsweet”. Ini bisa menjadi support system untuk kamu menyelesaikan bab demi bab skripsimu.

5. Cari Temen Mager
Temen tidak selalu berarti manusia ya. Kalau kamu paling betah dengan ruangan yang wangi, sejuk, hijau, maka kerjakan bab demi bab mu di tempat yang semikian. Termasuk, cari cemilan yang bisa menambah semangat (tapi jangan sampai cemilannya saja yang habis tidak diikuti dengan tulisan di laptop ya).

6. Berdoa
Jangan sombong. Sepintar apapun kamu, semulus apapun kamu dari A sampai Z, kalau Alloh berkehendak kamu tidak lulus, kun fayakun, aka nada kendala mendadak yang kamu temui. Ibarat mau minta sesuatu sama orang tua, kita jadi anak manis dulu kan. So... perbanyak doa, solawat, dan sodaqah biar usahamu lancar (traktir temenmu yang lagi kehabisan duit bulanan mungkin bisa membuka jalan mulus skripsimu). 

7. Pastikan sudah paham karakter Dosbin
Ini tips yang paling penting, karena setelah Alloh SWT, dosbin alias dosen pembimbing adalah penentu skripsimu lancar atau ngadat menuju sidang hasil. Pahami betul-betul arahan dosen, dan ikuti. Sudah, ikuti saja apa mau dosen terhadap skripsimu. Dijamin, konsulan jadi kayak jalan tol. Bukan berarti kamu menjadi mahasiswa yang tidak punya prinsip. Ingat, dosen, sudah berkali-kali mengerjakan hal serupa yang sedang kamu kerjakan. Jadi, berlapang hati lah dalam menerima masukan dosen. Pesan ini khususnya buat kamu mahasiswa yang biasanya keukeuh dengan pendapat pribadi atas “temuan”mu. 

Biasanya, satu mahasiswa mendapatkan 2 dosen pembimbing. Kamu juga harus bisa mengatasi dengan cantik perbedaan pendapat kedua dosen jika terjadi. Kembali ke pasal satu, IKUTI ARAHAN DOSEN ;)

Ada rahasia jitu biar klop sama dosen. Pada saat pertemuan pertama dengan dosbinmu, bacalah doa rabithah untuk dosenmu. Dalam hati saja (kalau di depan dosenmu nanti dikira mau ceramah) Yang belum tahu doa rabithah, berikut contekannya. Doa ini ibarat “ilmu pelet” lho. Bisa dipakai juga untuk calon mertua yang mau kamu temui seusai wisudamu.

اَللّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ , قَدِ اجْتَمَعَتْ عَلَي مَحَبَّتِكَ

وَالْتَقَتْ عَلَى طَاعَتِكَ, وَتَوَحَّدَتْ عَلَى دَعْوَتِكَ 

وَتَعَاهَدَتْ عَلَى نُصْرَةِ شَرِيْعَتِكَ 

فَوَثِّقِ اللَّهُمَّ رَابِطَتَهَا, وَأَدِمْ وُدَّهَا، وَاهْدِهَا سُبُلَهَا 

وَامْلَأَهَا بِنُوْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَخْبُوْا 

وَاشْرَحْ صُدُوْرَهَا بِفَيْضِ الْإِيْمَانِ بِكَ, وَجَمِيْلِ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ 

وَاَحْيِهَا بِمَعْرِفَتِكَ، وَأَمِتْهَا عَلَى الشَّهَادَةِ فِيْ سَبِيْلِكَ 

إِنَّكَ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرِ 

اَللَّهُمَّ أَمِيْنَ

Latin
Allaahumma innaka ta'lamu anna haadzihil quluub
qadijtama’at 'alaa mahabbatik
wal taqat 'alaa thaa'atik
wa tawahhadat 'alaa da'watik
wa ta‘aa hadat ‘alaa nushrati syarii'atik
Fa wats-tsiqillaahumma raa bithatahaa
wa adim wuddahaa
wahdihaa subulahaa
wamla'haa binuurikal ladzi laa yakhbuu
wasy-syrah shuduurahaa bi faidhil iimaanibik
wa jamiilit-tawakkuli 'alaik
wa ahyihaa bi ma'rifatik
wa amithaa 'alasy-syahaadati fii sabiilik
Innaka ni'mal maulaa wa ni'man nashiir

Allaahumma aamiin
Wa Shallillaahumma ‘alaa sayyidinaa muhammad
Wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallim


ArtinyaYa Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui hati kami. Kami telah berkumpul karena cinta-Mu. Dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu. Dan bersatu dalam dakwah-Mu. Dan berpadu dalam membela syariat-Mu. Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya. Dan kekalkanlah cintanya Dan tunjukkanlah jalannya. 
Dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup Dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu, Dan indahnya takwa kepada-Mu, Dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu, Dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu, Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Ya Allah, kabulkanlah dan curahkanlah kesejahteraan dan kedamaian
Kepada baginda kami Nabi Muhammad SAW. Serta kepada keluarga dan sahabat beliau.


Terakhir, sudahi megang HP mu, yuk buka laptop sudah sampai Bab berapa?

Ditulis oleh:
Umi Hani
Dosen Pengajar Keperawatan Komunitas
di STIKes Karya Husada Semarang.


Baca Juga:
Mahasiswa STIKes Karya Husada Semarang siapkan Warga Siaga dengan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Non Medis dan Evakuasi 
Gelar Praktik Keperawatan Komunitas, Mahasiswa Calon Ners STIKes Karya Husada Terapkan Community Based Education

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »