Gelar Praktik Keperawatan Komunitas, Mahasiswa Calon Ners STIKes Karya Husada Terapkan Community Based Education

3:39:00 PM


Campusnesia.co.id -- Dalam menyelesaikan program profesi untuk mendapat gelar Ners (Ns), mahasiswa melewati berbagai stase baik di rumah sakit dan masyarakat untuk memantapkan skill dan knowledge dari calon ners. Tanggal 7 oktober - 16 november 2019, mahasiswa stikes karya Husada Semarang melalui stase praktik keperawatan komunitas dan keluarga. Mahasiswa diturunkan di berbagai wilayah kerja puskesmas di Semarang. Periode ini ada 145 calon ners yang diturunkan ke Puskesmas Kedungmundu (5 RW di Kelurahan Sendangmulyo) dan Puskesmas Tambakaji Ngaliyan (RW 12 Tambakaji). 

Dalam 6 minggu tersebut, mahasiswa melakukan pengkajian masyarakat untuk menemukan masalah kesehatan dan mendiskusikan dengan masyarakat solusi yang akan dilakukan bersama. 4 prinsip dalam intervensi keperawatan komunitas yaitu pemberdayaan, kemitraan, pendidikan kesehatan, dan proses kelompok, menjadi prinsip yang dipegang perawat dalam menyelesaikan masalah kesehatan di masyarakat. 

Praktik komunitas ini sekaligus Menjadi lahan bagi dosen Stikes Karya Husada Semarang untuk mengimplementasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Dosen bersama mahasiswa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di masyarakat untuk menyelesaikan masalah kesehatan di masyarakat. 


Di puskesmas Tambakaji, mahasiswa bersama departemen keperawatan komunitas setelah melakukan pengkajian kemudian  merencanakan bersama masyarakat beberapa kegiatan antara lain pengembangan sentra keperawatan di puskesmas, pelatihan kegawatdaruratan untuk masyarakat, promosi kesehatan untuk lansia, dan pendidikan kesehatan terkait masalah-masalah yang dominan.


Kegiatan praktik akan diawali dengan penyampaian hasil pengkajian masyarakat yang dilakukan mahasiswa, kemudian merencanakan dengan masyarakat kegiatan-kegiatan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan tersebut.

Penulis: Hani
Editor: Nandar


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »