Rekomendasi 14 Website dan Situs Penyedia Jurnal Ilmiah Gratis

 



Campusnesia.co.id - Bagi para pelajar, mahasiswa, maupun ilmuwan yang sedang melakukan penelitian, sudah pasti sumber referensi sangat penting sebagai landasan studi kasus, sehingga adanya karya ilmiah maupun jurnal yang memuat hasil  penelitian terdahulu  sangat berperan dalam keberhasilan penelitian baru.

Buat sobat Campusnesia yang sering bertanya, di mana bisa mendapatkan jurnal secara gratis, berikut kami hadirkan 14 website dan situs penyedia jurnal gratis, apa saja? ini dia daftarnya


1.  Perpustakaan Nasional Republik Indonesa (Perpusnas)
Perpusnas menyediakan situs digital library yang tak berisikan bermacam ebook dan jurnal baik nasional maupun internasional.  Situs ini dapat diakses secara online setelah pengguna melakukan registrasi sebagai member. Perpusnas menyediakan jurnal dari berbagai sumber, seperti Proquest, Ebsco, SAGE, Neliti, Ebrary dan lain-lainnya.

5. Google Scholar
Google Scholar atau Google Cendekia merupakan mesin pencari dari Google yang berfokus pada penyedia jurnal maupun artikel ilmiah online secara gratis dari berbagai negara.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
LIPI merupakan lembaga yang menyediakan sarana bagi para penerbit jurnal untuk menerbitkan jurnalnya di situs LIPI. Jurnal disini dapat diakses secara gratis, yang diterbitkan oleh para penerbit jurnal ilmiah yang mencakup himpunan profesi, lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan banyak lagi.

4.  Science Direct
Science Direct merupakan situs penyedia jurnal internasional, yang memuat jurnal bersifat open access yang dapat diunduh secara gratis dan jurnal berbayar yang dapat diakses dengan berlangganan. 
 
5. ResearchGate
Researchgate merupakan situs yang memungkinkan para peneliti mengupload jurnal mereka. Pengguna dapat mengakses jurnal secara gratis, namun terlebih dahulu perlu mendaftarkan diri menggunakan email khusus mahasiswa dari kampus. 

6. Journal of Education and Research (IJERN) 
IJERN merupakan situsi untuk mencari jurnal sebagai bahan penelitian dan pendidikan yang di peruntukan oleh para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa berbagi ilmu pengetahuan.

7.  Directory of Open Access Journals (DOAJ)
DOAJ merupakan direktori online yang memungkinkan pengguna mengakses jurnal secara gratis dari berbagai negara. Selain itu situs ini juga menyediakan berbagai artikel ilmiah.

8. International Organization of Scientific Research (IOSR) Journals
IOSR merupakan lembaga penyedia jurnal online gratis yang mendukung para peneliti dan profesional yang bergerak di bidang pendidikan di bidang farmasi, teknik, manajemen, ilmu terapan dan matematika.

9. Scopus
Scopus merupakan salah satu pusat data literatur ilmiah milik penerbit Elsevier, sama dengan Science direct namun cangkupan datanya lebih banyak. Database ini berfokus pada bidang sains fisik dan teknik, ilmu hayati, ilmu kesehatan, serta ilmu sosial dan humaniora. 

10. Freefullpdf
Freefullpdf merupakan situs penyedia jurnal, paper atau artikel publikasi gratif yang berupa file pdf.

11.  Citeseer
Sama seperti Google Scholar, Citeseer berbasis mesin pencarian yang bisa diakses untuk mencari berbagai  artikel ilmiah dan akademik, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan komputer dan informatika.

12. PubMed Central
PubMed Central adalah situs penyedia jurnal gratis yang dikhususkan untuk menampung berbagai referensi dan  jurnal dalam bidang ilmu alam dan biomedis.

13. Biomed Central
Biomed Central merupakan salah satu open access journal  yang dikhususkan untuk bidang biologi dan perobatan.

14. Economics
Economics adalah penyedia jurnal dan artikel gratis yang berfokus pada ilmu ekonomi.


Ok, itu tadi sobat Campusnesia 14 website dan situs penyedia jurnal gratis biasanya kamu nyari referansi dari situs yang mana? share pengalamanmu di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

Iklan

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »