8 Langkah Mudah Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley

 



Campusnesia.co.id - Artikel kali ini kita akan membahas cara lain membuat daftar pustaka selain menggunakan cara manual. Tujuannya agar lebih praktis dan efisien dan tidak ribet. 

Magister Pengelana dari Jolalingopi.com akan membagikan tutorial cara mudah membuat daftar pustaka menggunkan mandeley. 

Terutama untuk sobat campusnesia yang sedang mengerjakan dan membuat tugas akhir, pasti membuat yang namanya daftar pustaka sebagai referensi dari kutipan-kutipan dimasukkan dalam skripsi, tesis, disertasi ataupun jurnal-jurnal. 

Tidak jarang daftar pustaka ini dianggap sepele oleh temen-temen, padahal daftar pustaka sangatlah penting, tanpa daftar pustaka hasil tulisan sobat bisa dianggap plagiasi. 

Sebagai catatan memang agak ribet diawal, tapi percayalah ini akan sangat membantu dalam membuat Daftar Pustaka tanpa ribet dengan format-formatnya.

1. Pertama sobat download dulu aplikasinya lewat website resi mandeley, sobat bisa langsung Klik di sini untuk menuju ke web mandeley. Ukurannya filenya sekitar 55Mb.



2. Setelah itu install file Mendeley-Desktop-1.19.6-win32.exe yang sudah di download. 
Seperti instal aplikasi biasa, tinggal klik next, instal, finish
Kalau sudah biasanya di Ms. Word kalian di bagian menu Reference akan muncul add-on mandeley

Sampai sini sobat belum bisa menggunakannya, karena sobat harus daftar dulu (sign in) ke aplikasi mandeley menggunakan email. 



3. Sampai sini saya anggap sobat sudah buat akun dan dapat membuka aplikasi mandeley. Langsung ke langkah menambahkan dapus ke aplikasi mandeley. 


4. Ada beberap cara yang bisa digunakan, yaitu menambahkan secara manual atau upload file jurnal (nanti otomatis dapus terinput ke mandeley). Tapi sebelumnya buat nama folder sobat terlebih dulu misal, "skripsi saya".




5. Pertama, cara manual dulu ya sob, Klik File > Add Entry Manually > Pilih sumber rujukan (jurnal, buku, majalah, artikel online, dsb). sebagai contoh Pilih Journal Article > Isikan semua bagian jurnal, mulai dari Judul, Tahun, Penulis, Vol, No. dst. Kemudian Klik Save

Selamat samapi sini sobat sudah punya Daftar Pustaka Otomatis, dan siap digunakan kapan saja. 



6. Kedua, dengan cara upload file, caranya Klik File (icon add file) > Add File > Pilih File yang akan sobat jadikan daftar pustaka bisa jurnal/tesis/skripsi) > Di kolom sebelah kanan biasanya akan otomatis terisi, dari mulai dari judul, penulis, dst. Namun kadang sobat perlu menyesuaikan dan melengkapi lagi. Lihat Gambar dibawah!


7. Oke, sekarang saatnya memasukkan Sitasi di Ms. word. Sebelumnya pilih dulu Style daftar pustaka yang akan sobat gunakan, misal APA Style versi 7, lalu Pilih menu Preferences > Klik Insert Citation (dibagian add on mandeley) > akan muncul kotak dialog, ketikan nama, judul, atau tahun, lalu pilih dan klik OK. Maka sitasi akan otomatis muncul. Lihat Gambar!



8. Yang Terakhir, cara memunculkan memunculkan Dapus di Halaman Daftar Pustaka sobat semua, caranya: Pilih menu Preferences > Insert Bibliography > Otomatis Daftar Pustaka akan muncul




Demikian tadi sobat campusnesia, 8 Langkah Mudah Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley.

Sebelum menggunakan mandeley, membuat daftar pustaka sangat melelahkan. Harus edit titik demi titik, harus balik nama, tahun, penerbit, dst. pokokmya sangat ribet. 

Dengan mandeley, kita memang sedikit repot diawal, tapi setelahnya tinggal klik-klik aja. Hehehe. Selamat mencoba dan berhasil.


Penulis: 
Magister Pengelana


Baca Tulisan lain Magister Pengelana seputar tips menulis tugas kuliah dan skripsi di website Jolalingopi.com 


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »