Tugas Akhir? Jangan Takut, Yuk Ketahui Prosesnya dan Persiapkan Sedini Mungkin

 


Campusnesia.co.id -- Mahasiswa semester akhir, sudah pasti mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan untuk memenuhi tugas akhir yang seakan tiada akhir. Untuk sobat yang tak mau keteteran di akhir semester, kalian dapat mulai menyiapkan lebih dini bahkan dari semester awal. Berikut kami bahas 7 hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan untuk menyelesaikan tugas akhir.


1. Memilih Topik Penelitian Sesuai Minat
Sobat dapat memilih topik penelitian apa yang ingin dilakukan, sesuai minat dan kemampuan jadi dalam pelaksaaan penelitian nanti menjadi lebih mudah. Setelah punya gambaran topik penelitian yang ingin dilakukan, sobat dapat mengambil mata kuliah pilihan yang dibutuhkan mendukung penelitian. Mata kuliah pilihan dapat menjadi alternatif bagus karena disini sobat dapat lebih mendalami ilmunya dan bertanya pada dosen pengampu tentang banyak hal yang terkait.

2. Memilih Dosen Pembimbing
Dosen pembimbing dapat sobat pilih sesuai dengan bidang dan topik penelitian yang ingin diajukan. Karena beliau sudah pasti memiliki ilmu lebih di bidang tersebut. Setelah mendapat dosen pembimbing, sobat dapat menyampaikan ide topik penelitian yang sobat inginkan dan membahas detailnya bersama dosen pembimbing. Biasanya dosen pembimbing berjumlah 2 orang, dapat berasal dari konsentrasi ilmu atau jurusan yang berbeda.


3. Membuat proposal penelitian
Proposal penelitian menjadi langkah awal yang sering disepelekan namun sebenarnya sangat penting. Proposal berisi bab 1 pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis hasil dari penelitian yang sobat akan laksanakan.  Sedangkan bab 2 berisi tinjauan pustaka, dan bab 3 menjelaskan metodologi penelitian.
 

4. Seminar Proposal a.k.s Sempro
Poin ini menjawab banyak pertanyaan tentang Apa itu Sempro? 
Setelah proposal lengkap dan disetujui dosen pembimbing, berikutnya adalah pelaksanaan seminar proposal. Seminar proposal dihadiri oleh dosen pembimbing dan penguji yang siap memberi pertanyaan mengenai presentasi sobat. Dalam seminar ini cenderung fokus membahas alasan mengapa penelitian ini dilaksanakan, tujuan dari penelitian, kira-kira hasil seperti apa yang akan didapatkan dan bagaimana metode pelaksaan penelitian tersebut. Keseuruhan poin  dalam 3 bab ini sangat pentingyang sehingga harus sobat pahami betul, karena menjadi pondasi keberjalanan pelaksanaan penelitian.


5. Penelitian
Begitu proposal penelitian direvisi dan disetujui oleh dosen pembimbing dan penguji, akhirnya penelitian dapat mulai dilakukan sesuai dengan metode yang telah dibahas sebelumnya. Untuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama penelitian, sobat dapat mendiskusikan dengan pembimbing atau meminta reverensi dari teman dan kakak tingkat yang telah berpengalaman.


6. Seminar Hasil Penelitian a.k.a Semhas
Seminar hasil dilakukan setelah hasil yang diinginkan terkumpul dan selesai dianalisis. Seminar proposal biasanya hanya fokus pada hasil analisis data, presentasi disampaikan dengan pembacaan nilai yang disajikan dalam grafik hasil atau perbandingan hasil apabila variabel yang diamati lebih dari 1.


7. Seminar Akhir (Sidang TA)
Sidang TA menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan untuk dinyatakan selesai melakukan penelitian tugas akhir. Dalam seminar kali ini, sobat perlu mengulas kembali penelitian sobat dari bab 1 hingga kesimpulan. Kesimpulan berisi jawaban atas rumusan masalah dan tujuan penelitian serta memberi gambaran apakah hasil penelitian sobat sesuai dengan hipotesis yang telah dikemukakan berdasarkan referensi sebelumnya.

Itu tadi beberapa gambaran mengenai tugas akhir dan 7 hal yang perlu diketahui serta dipersiapkan untuk menyelesaikan tugas akhir dan syarat menamatkan bangku perkuliahan. Untuk sobat yang akan melakukan seminar esok hari, jangan lupa berdoa dan istirahat. Semoga tulisan tadi bermanfaat. Semangat dan sukses selalu untuk sobat pejuang TA :)

penulis: Ika Shintya

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »