Resensi Buku Cerita dari Gunung, Kisah Dhani Mahendra Mendaki 68 Gunung di Indonesia

 



Campusnesia.co.id - Halo sobat campusnesia, kali ini kami akan kembali menulis konten yang sudah lama tidak ada di postingan kita yaitu review buku.

Beberapa waktu yang lalu, di grup alumni kami kedatangan anggota baru, alumni yang lama tak bersua dan membawa kabar baru saja merilis bukunya.

Penasaran dengan kisahnya, saya pesan satu eksemplar sebagai investasi isi kepala, buku yang saya maksud berjudul "Cerita dari Gunung - Pendakian 68 Gunung di Indonesia", dari judulnya saja sudah mengusik rasa ingin tahu perjalan sang penulisnya.

Beliau bernama Dhani Mahendra, saya pribadi sebagai adik angkatan memanggil beliau dengan sapaan mas Dhani, alumni Jurusan Teknik Industri Undip angkatan 2004, kami dipertemukan dalam penerima Beastudi Etos.

Kali pertama bertemu tahun 2007, kala itu kami sebagai mahasiswa baru mengikuti acara perpisahan angkatan 2004, program beasiswa kami selama tiga tahun dengan pengembangan diri berkonsep boarding school.

Sejak mahasiswa mas Dhani lebih suka kegiatan outdoor, aktif di organisasi KSR Undip pernah sebagai ketua, informasi pribadi penulis ini cukup berharga mengingat tidak akan sobat temukan dalam buku beliau saking padatnya kisah-kisah pendakiannya.

Kembali ke buku Cerita dari Gunung - Pendakian 68 Gunung di Indonesia, bersampul abu-abu jumlah halamannya 265 lembar terbitan AE Publishing Malang, cetakan pertama Juli 2021 dan saya beruntung berhasil dapat 1 pcs setelah pre order cetakan ke tiga.

Isi Buku "Cerita dari Gunung - Pendakian 68 gunung di Indonesia"

Sesuai judulnya buku ini berisi catatan perjalanan mas Dhani mendaki gunung di Indonesia, mulai dari yang terendah Gunung Anak Krakatau dengan ketinggian 388 mdpl hingga yang paling tinggi Gunung Kerinci 3.905 mdpl.

Untuk orang yang belum pernah naik gunung dan camping, buku Cerita dari Gunung - Pendakian 68 Gunung di Indonesia berhasil membawa imajinasi saya seakan ikut melangkah setapak demi setapak di belakang mas Dhani dari gunung ke gunung.

Dilakoni sejak tahun 2004 hingga yang paling anyar Mei 2021, buku Cerita dari Gunung - Pendakian 68 gunung di Indonesia merekam keindahan dan kekayaan alam Indonesia yang tidak kalah dibanding gunung di luar negeri misalnya.

Dhani Mahendra-sumber:dhanimahendra.blogspot.com

Beberapa bab merangkum kisah takjub akan alam, sesekali diselingi senyum kecil karena kejadian konyol nan lucu, sebagain lagi berasa ikut tegang seperti saat membaca bab berjudul "Tenda Terbakar di Tanggamus" dan "Celaka di Gunung" menuturkan pengalaman beliau "mengecup maut di gunung Merbabu" akibat mencoba jalan baru dan nyaris terjatuh gara-gara terpeleset, untung ada ilalang kering untuk berpegangan, nyaris saja.

Kisah di gunung Sumbing juga gak kalah miris, mas Dhani terjatuh hingga giginya tanggal, dengkul dan paha lecet, serta sendi jarinya dislokasi pada pendakian tahun 2004, selang dua tahun tak kalah miris karena serombongan kehabisan air, dari delapan peserta, hanya tiga yang berhasil mencapai puncak, lima orang "menghilang" yang ternyata istirahat di tengah jalan, akibatnya ada rekan yang pingsan hingga butuh bantaun warga untuk penjemputan.

Untuk pembaca yang penasaran motivasi beliau mendaki 68 gunung di Indonesia, bisa ditemukan pada kata pengantar paragraf lima, yaitu berawal dari sebuah artikel yang mas Dhani baca di mana ada seorang asing yang gemar menjelajah Indonesia mengaku sudah mendaki 60 gunung bahkan lebih, dari situ terbersit rasa malu, iri dan harga diri beliau terusik, "Seorang luar negeri saja bisa, kenapa kita sebagai orang asli indonesia tidak bisa?" tulis pria asal Kendal Jawa Tengah ini.

Sejak itulah pemilik akun twitter @dhanimahendra ini membulatkan tekat untuk dapat menggapai 150 gunung, menurut data gunung berapi di Indonesia ada sekitar 128 dengan 83 diantaranya masih aktif, setidaknya kita akan membaca 82 lagi kisah beliau mendaki gunung di indonesia atau bahkan lebih, mengingat ada ratusan hingga ribuan gunung di negeri kita ini yang terkenal dengan sebutan Ring of Fire.

Fun fact lain, buku ini ditulis saat mas Dhani Mahendra sedang menjalani isolasi mandiri akibat virus covid-19, wow inspratif sekali ya guys.

Itu tadi sobat Campusnesia, resensi buku "Cerita dari Gunung - Pendakian 68 Gunung di Indonesia" karya mas Dhani Mahendra, dibanderol dengan harga Rp45.000 worth it banget sebagai koleksi, apalagi buat sobat yang suka aktifitas outdoor dan naik gunung.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di resensi buku lainnya.

Penulis: Nandar

===
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »