Review Buku Belajar Zero Waste: Menuju Rumah Minim Sampah

7:57:00 PM



Campusnesia.co.id -- Halo sobat campusnesia, apa kabar weekendmu kali ini? walau libur harus tetap produktif ya. Kali ini redaksi hadir dengan konten baru seputar dunia review atau ulasan. Dalam beberapa posting sebelumnya kami hadirkan review film kali ini reviewnya adalah tentang buku. Konten ini merupakan kerjasama Campusnesia dan el Library sebagai kepedulian terhadap budaya membaca dan literasi. Bagi yang ini tahu apa itu eL Library silahkan klik di sini.

1. Judul Buku
Buku yang akan kita bahasa kali adalah terbitan Pustaka RMA, publishing yang terkenal dengan buku-buku seputar pembelajaran terbaik untuk mendampingi tumbuh kembang buah hati yang berjudul Belajar Zero Waste: Menuju Rumah Minim Sampah. Ini buku ke tiga saya dari pustaka RMA setelah sebelumnya Rumah Main Anak 1 dan Tutorial Mainan Kardus.

2. Penulis
Sang penulis tak perlu diragukan lagi beliau adalah DK Wardani, kami kutip dari laman resmi Minimsampah.com, Beliau merupakan lulusan Arsitektur ITB. Pernah tinggal di Bandung selama 10 tahun dan bekerja di konsultan arsitektur – urban desain kurang lebih 3 tahun.

Sejak 2010, beliau juga menulis kurang lebih 40 judul buku anak dengan tema-tema lingkungan hidup dan perkotaan hingga sekarang.

Beberapa tahun terakhir (2008-2018) menjadi dosen Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya. 

3. Isi Buku
Membuka lembar pertama buku yang warna-warni ini, saya langsung disuguhi pertanyaan "kenapa belajar zero waste?" yang membuat kita akan berfikir bahwa memang zero waste bukanlah hal yang mudah namun tidak berarti mustahil untuk diwujudkan.

Selanjutnya, kamu akan diajak mengetahui "kemana perginya sampah kita?" jika jawaban kamu adalah ke TPA maka bersiaplah mendapat fakta-fakta mencengangkan bahwa sampah kita belumlah selesai menajdi masalah.

"Gaya hidup Minim Sampah" itulah topik yang akan dibahas berikutnya, di bab ini kita akan belajar besama tentang gerakan 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle dan Rot) kok ada 5 kan biasanya cuma 3? itulah yang terlintah dibenak saya pertama kali, makin menarik kan?. dan adaptasi dalam bahasa indonesianya yaitu 5M (menolak, mengurangi, menggunakan Kembali, Mendaur Ulang dan Membusukan).

Cegah, Pilah dan Olah adalah gerakan selanjutnya, seperti apa penjelasanya? akan lebih lengkap jika kamu beli dan baca bukunya, he he.

4. Tantangan dan Tips
Selain menyajikan Tips dalam upaya menjalankan gaya hidup minim sampah, buku ini juga berisi tantangan disertai tabel isian hal-hal yang bisa kita lakukan, Ini menarik bagi saya, karena bukunya , tidak bersifat satu arah tetapi mengajak pembaca berinteraksi dengan melakukan sebuah tantangan, maka jadilah buku yang dua arah.

5. FAQ dan Kisah Inspiratif
Walaupaun sudah menjelang bab akhir, buku ini masih berisi sekali, kamu akan dihadirkan tanya jawab seputar Belajar Minim Sampah yang selaa ini sering ditanyakan orang, dan bisa saha mewakili pertanyaan kamu selama membaca buku ini, itu yang saya rasakan.

Penutup buku ini akan menyajikan kisah-kisah inspiratif dari meraka yang sudah mempraktekan dan berjuang untuk menerapkan gaya hidup minim sampah, kalau mereka bisa saya berfikir saya dan kamu juga bisa.

Nah sobat campusnesia, demikian review buku kita kali ini yang sedikit memberi gambaran tentang betapa bermanfaatnya buku Belajar Zero Wate: Menuju Rumah Minim Sampah. Bagi sobat yang ingin membaca bisa pinjam di el library, tapi berhubung stok kita hanya satu maka yang ingin memiliki dan membacanya atau bisa juga dijadikan kado untuk Ibu, kakak, istri atau orang dekat lainya langsung saja beli di sini MinimSampah.com .

Jangan lupa jika sudah membaca bukunya, share juga pengalamanmu di kolom komentar, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

penulis: Nandar
foto: Nandar



Artikel Terkait

Previous
Next Post »