Daftar Film dengan Tema Bahaya Teknologi Ai Artificial Intelligence

 


Campusnesia.co.id - Tema artificial intelligence atau Ai belakangan ini jadi bahan perbincangan setelah kemunculan ChatGPT-4 semua orang semakin penasaran dengan eksplorasi teknologi berbasis kecerdasan buatan.

Hiruk-pikuk ini diikuti dengan kemunculan berbagai website dan aplikasi berbasis Ai dan bisa membuat banyak hal.

Dimulai dari Ai untuk menulis artikel secara otomatis, membuat coding website, mengedit video dengan efek tertentu, membuat objek animasi 3 dimensi, membuat lukisan, gambar dan ilustrasi serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jauh sebelum ChatGPT meledak, perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Apple dan Amazon juga sudah membuat asisten berbasis Ai yaitu Google Assistant, Siri dan Alexa.

Google Assistant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Tidak seperti Google Now, Google Assistant dapat terlibat dalam percakapan dua arah. 

Amazon Alexa, juga dikenal sebagai Alexa, adalah sebuah teknologi bantuan virtual yang dikembangkan oleh Amazon. Alat tersebut mula-mula dipakai dalam Amazon Echo, Echo Dot, Echo Studio dan Amazon Tap yang dikembangkan oleh Amazon Lab126.

Siri adalah asisten pribadi yang disertakan dalam iOS. Anda dapat meminta Siri untuk mengirim pesan WhatsApp, melakukan panggilan WhatsApp, atau membacakan pesan WhatsApp yang belum dibaca. Catatan: Fitur-fitur ini hanya tersedia di iOS 12 atau yang lebih baru.


Nah kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang berbagai website dan aplikasi dengan teknologi Ai dan bagaimana caranya dapat uang dengan teknologi Ai, kali ini kita akan bahas bagaimana gambaran Ai dalam berbagai film. Apa saja? ini dia Daftar Film dengan Tema Bahaya Teknologi Ai Artificial Intelligence.



1. The Avengers: Age of Ultron 
Film The Avengers: Age of Ultron adalah film Avenger dari MCU yang dirilis pada tahun 2015 disutradrai oleh Joss Whedon dan menampilkan karakter dari Avenger pertama seperti Tony Stark, Captain America, Hulk, Hawkeye, Black Widow, Thor dll.

Banyak yang kurang suka dengan film ini karena Ultron dianggap lebih lemah dibanding karakternya dalam komik dan kartun, namun dari sudut pandang bagaimana berbahayanya teknologi Ai, film Avenger Age of ultron berhasil memberi gambaran yang menarik.

Tony Stark dan Bruce Banner yang dikenal sebagai anggota tererdas di Avenger ingin membuat Artificial Intelligence yang mampu berfikir secara mandiri dan punya inisiatif, menggabungkan teknologi dari Mind Stone di tongkat Loki dengan Ai milik Tony Stark yaitu Jarvis.

Teknologi Ai ini akan dipasang pada robot-robot buatan Tony Stark mirip iron man untuk menjadi tentara sebagai pertahanan jika suatu saat alien kembali menyerang seperti yang pernah terjadi di event Avenger pertama.

Seperti kita tahu cara kerja Ai agar semakin pintar adalah dengan belajar dari data yang ada di Intenet atau diberikan kepada machine learning. Sayangnya, Ai ciptaan Tony Stark dan Bruce Banner salah menyimpulkan dalam proses pembelajaran, alih-alih jadi sistem pertahanan untuk serangan alien, si Ai malah menyimpulkan kehancuran bumi justru disebabkan oleh manusia.

Hmm..tidak sepenuhnya salah, tapi sekali lagi Ai hanya mampu membedakan mana yang baik dan benar secara hitam dan putih. Lupa bahwa manusia punya potensi untuk sadar, menyadari kesalahan, tobat dan memperbaiki diri.

Kadung terlanjur menyimpulkan manusia sebagai penghancur dunia, Ultron memutuskan memusnahkan manusia, ngeri. Selengkapnya bisa nonton sendiri di DIsney+.



2. Terminator 
Film yang canggih pada masanya dan berhasil menjadi film thriller alih-alih super hero walau ada robotnya. Diceritakan pada tahun 2029, terjadi kerusakan di bumi akibat ulah mesin. Ketika itu para mesin sudah menguasai Bumi. 

Mereka mampu menciptakan mesin-mesin lain. Namun, para robot mendapat perlawanan dari seorang manusia bernama John Connor beserta para pasukannya. Para mesin jahat pada tahun 2029 itu kemudian menciptakan robot bernama Terminator yang dikirim ke tahun 1984 untuk membunuh Sarah Connor (ibu dari John Connor) agar John tidak lahir.

Di sisi lain, John Connor juga mengirim seorang prajurit terbaiknya bernama Kyle Reese ke tahun 1984 untuk melindungi ibunya.

Usut punya usut semua gara-gara sebuah program Artificial Intelligence bernama Skynet. Skynet adalah pikiran kelompok sadar berbasis jaringan syaraf tiruan fiksi dan sistem superintelligence umum buatan yang berfungsi sebagai kekuatan antagonis dari franchise Terminator. Di film pertama disebutkan bahwa Skynet dibuat oleh Cyberdyne Systems untuk SAC-NORAD.

Skynet membajak semua teknologi berbasis internet hingga membuat dunia berperang dengan senjata nuklir. Dalam seri Terminator Terminator Salvation yang rilis di tahun 2009 para pejuang manusia yag tersisa dari pembatantaian m\para robot berkomunikasi dengan radio jadul untuk menghindari deteksi dari Ai.


Tonton versi video di sini




3. Outside the Wire
Apa Jadinya Jika Android Terlalu Cerdas dan Melawan Penciptanya? itulah premis dari film original Netflix berjudul Outside the Wire.

Outside the Wire mengisahkan perang saudara antara Rusia dan Ukraina yang terjadi pada 2036. Dalam perang ini, militer AS mengerahkan sejumlah prajurit penjaga perdamaian berupa tentara manusia robot yang disebut Gumps.

Di tempat lain, seorang pilot pesawat tak berawak bernama Thomas Harp karena kesalahanya melawan perintah langsung atasan dalam sebuah misi harus dikirim ke zona militer yang mematikan dan harus bekerja dengan tentara di unit khusus, Kapten Leo.

Leo merupakan seorang prototipe andorid sistesis tentara terbaru yang diluncurkan oleh militer AS. Ia ditugaskan untuk masuk ke daerah konflik yang paling berbahaya dan mematikan untuk sebuah misi khusus mengejar bernama Koval (Pilou Asbaek) yang dikenal dengan Ghost karena saking misteriusnya.

Koval sangat berbahaya karena disinyalir sedang mengejar sebuah kode peluncuran misil Nuklir peninggalan Ukarina yang akan membayakan penduduk dunia.



4. I Am Mother
Bagaimana jika Robot jadi Seorang Ibu? masih film besutan Netflix judulnya I Am Mother. I Am Mother, film rilisan Netflix beberapa pekan yang lalu sangat menarik dari cerita, seorang robot membesarkan bayi tabung dari masih embrio hingga dewasa dalam sebuah fasilitas futuristik yang terutup. Dikisahkan bumi sudah hancur akibat ulah manusia, robot dengan kecerdasannya berfikir manusia harus "direboot" dengan kualitas yang lebih baik.

Sepanjang film kita hanya akan disuguhi 3 tokoh, robot mother, seorang anak daughter dan stranger, manusia dari luar fasilitas yang bertahan dari kejaran para robot.

Mother diperankan Rose Byrne yang membesarkan gadis perempuan diperankan oleh Clara Rugaard dan orang asing diperankan oleh Hillary Swank.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Daftar Film dengan Tema Bahaya Teknologi Ai Artificial Intelligence, akan kami update secara berkala, semoga bermanfaat sampai jumpa.


5. Oblivion
Oblivion adalah sebuah film fiksi ilmiah tahun 2013 yang ditulis, diproduseri, dan disutradarai Joseph Kosinski dan dibuat berdasarkan novel grafis karyanya yang belum diterbitkan dengan judul serupa. Novel tersebut disunting oleh Radical Comics.

Film ini dibintangi Tom Cruise, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough, Morgan Freeman, Melissa Leo, ZoĆ« Bell, dan Nikolaj Coster-Waldau. Film ini rencananya dirilis pada 10 Juli 2013. 

Karena rilis ulang Jurassic Park versi 3D dilaksanakan pada 19 Juli 2013, slot proyek ini dimajukan menjadi 19 April 2013. Menurut Kosinski, Oblivion adalah reka ulang film-film fiksi ilmiah tahun 1970-an.

Pada tahun 2073, mantan komandan marinir berusia 37 tahun, Jack Harper (Tom Cruise), adalah salah seorang mekanik pesawat sekaligus robot-robot rusak ,jack ditemani asistennya victoria olsen (andrea riseborough). 

Diceritakan bahwa saat itu adalah waktu usai perang melawan alien yang berlangsung 60 tahun lalu , alien berhasil menghancurkan bulan yang menyebakan volume air membanyak, manusia menang melawan alien tetapi nyaris kehilangan bumi. Sebagai bagian dari operasi penyelamatan besar-besaran sisa sumber daya alam Bumi, jack tinggal di sebuah "kota" udara melayang ribuan meter di atas permukaan, karena beberapa permukaan sudah dianggap zona radiasi yang tidak aman. 

Saat misinya hampir selesai, jack pergi dengan helikopternya ke suatu lembah di mana banyaknya sumber daya alam disana ada sebuah rumah tua yang diketahui adalh rumah rahasia jack, setelah tertidur di dekat kolam jack bermimpi bertemu seorang gadis pada masa sebelum perang, jack terbangun karena victoria yang memberitahukan bahwa ada pesawat jatuh tidak jauh dari tempatnya, dengan cepat jack langsung ke lokasi disana jack melihat banyak awak yang masih sekarat di kotak tidur, ia melihat ada seorang perempuan asing yang ada dimimpinya tertulis namanya adalah julia rusakova (Olga Kurylenko), ia hanya menyelamatkan julia dan membiarkan awak lain dihancurkan pemakan bangkai. 

Di rumah nya jack bersama victoria mencoba menolong julia, julia yang menceritakan perang dan dampak perang menyebabkan jack bingung karena kehilangan ingatannya , kekesalan victoria pun muncul karena jack yang semakin mengabaikannya dan lebih menyayangi julia , suatu hari julia meminta jack mengantarkannya ke lokasi pesawat jatuh , jack diam-diam meninggalkan victoria. 

Di lokasi jack dan julia yang berhasil mengambil rekaman terakhir diculik oleh para pemberontak bertopeng. victoria sadar akan perginya jack dan meminta komando pusat , sally (melissa leo) untuk mengirim para robot-robot untuk mencari jack. 

Jack siuman dan sadar ia telah ditangkap oleh pemberontak pimpinan Malcolm Beech (Morgan Freeman) yang berusia 102 tahun, Jack diberitahu bahwa masyarakat yang selama ini ia diami bisa jadi merupakan negara polisi.



6. I, Robot
I, Robot adalah film fiksi ilmiah-action tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Alex Proyas dan diproduksi oleh John Davis, Topher Dow, Wyck Godfrey, Laurence Mark dan Will Smith. Will Smith membintangi film ini sebagai Detektif Del Spooner, pemeran utama film ini yang membenci robot dan tidak menyukai integrasi mereka kedalam kehidupan manusia. Pemeran lainnya meliputi Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf. Film ini dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada 16 Juli 2004.




7. M3gan
M3GAN adalah sebuah film fiksi ilmiah horor Amerika Serikat tahun 2022 yang disutradarai oleh Gerard Johnstone. Naskah film ini ditulis oleh Akela Cooper, berdasarkan sebuah cerita yang ditulis bersama dengan James Wan, yang juga bertindak sebagai produser bersama dengan Jason Blum. 

Film ini dibintangi oleh Allison Williams dan Violet McGraw, dengan Amie Donald memerankan tokoh M3GAN secara fisik dan suaranya diserahkan oleh Jenna Davis. Cerita film ini mengikuti sebuah boneka cerdas yang mengalami perkembangan pada kesadarannya dan memusuhi siapa pun yang berdiri di antaranya dan manusia terdekatnya.

M3GAN pertama kali tayang di Los Angeles pada 7 Desember 2022 dan dirilis di Amerika Serikat pada 6 Januari 2023 oleh Universal Pictures. Film ini menerima sambutan positif baik secara komersial maupun kritis, menghasilkan pendapatan sebesar $161 juta di seluruh dunia dari anggaran produksi sebesar $12 juta. Kritikus memuji film ini atas kombinasi horor dan humor yang baik, unsur satire, serta penampilan akting yang luar biasa.

Sequel dari film ini, M3GAN 2.0, dijadwalkan akan dirilis pada 17 Januari 2025, dengan Williams dan McGraw kembali memerankan peran mereka dan naskah ditulis kembali oleh Cooper.

Gemma (Allison Williams), yang merupakan seorang ahli robot jenius di sebuah perusahaan mainan, menggunakan kecerdasan buatan untuk mengembangkan M3GAN (kependekan dari Model 3 Generative Android atau Model Generasi 3 Android), sebuah boneka yang mirip makhluk hidup yang dapat diprogram untuk menjadi teman anak dan sekutu terbaik orang tua.

Maka setelah secara tak terduga mendapatkan hak asuh atas Cady, keponakannya. Cady baru saja menjadi yatim piatu, ketika kedua orang tuanya tewas dalam sebuah kecelakaan mobil, lalu Gemma meminta bantuan prototipe M3GAN untuk membantunya mengasuh keponakannya. Hal ini merupakan sebuah keputusan yang memiliki dampak mengerikan ketika M3GAN menjadi sadar diri dan terlalu melindungi Cady, membuatnya membunuh semua orang yang mengganggunya.



8. Eagle Eye
Eagle Eye adalah film spionase, aksi-thriller Amerika produksi tahun 2008 yang diproduksi oleh D.J. Caruso dan menampilkan Shia LaBeouf dan Michelle Monaghan. Eagle Eye dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada 28 Desember 2008 bersamaan dengan DVD edisi khusus. 

Kisah film ini adalah mengenai sebuah komputer Departemen Pertahanan AS super canggih yang mengambil keputusan sendiri karena menganggap para penjabat yang mengambil keputusan telah melanggar hukum.






===
Baca juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon