Reporatse KKN Mahasiswa KKN Buat Inovasi Packaging Produk Sabun Organik Menggunakan Kertas Nasi

 


Campusnesia.co.idDesa Harjosari Lor memiliki UMKM yang sangat beragam. Salah satu UMKM unggulan yang ada di Desa Harjosari Lor adalah UMKM pembuat tahu. Produksi tahu yang dilakukan setiap hari membuat sampah hasil produksi tahu menjadi menumpuk dan akhirnya menjadi limbah. 

Salah satu permasalahan yang ada di Desa Harjosari Lor adalah masalah pencemaran lingkungan. Masalah pencemaran lingkungan yang terjadi merupakan salah satu masalah terbesar yang ada di Desa Harjosari Lor. Sebagian besar masyarakat Desa Harjosari Lor memiliki industri pembuatan tahu. 

Namun, limbah yang dihasilkan tidak dikelola dengan baik. Sebagian besar masyarakat yang memiliki industri pembuatan tahu membuang limbah tersebut ke sungai desa. Akibatnya terjadilah pencemaran lingkungan pada sungai. Limbah yang dihasilkan dari UMKM pembuat tahu adalah air tahu dan ampas tahu.

Untuk menanggulangi limbah hasil UMKM pembuatan tahu, kami yang terdiri dari beberapa disiplin ilmu mengusung program mengolah limbah ampas tahu menjadi sabun organik. Maka dari itu, Saya Andi Yanuar Pratama dari Jurusan Manajemen Dan Administrasi Logistik, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP membuat inovasi packaging produk menggunakan kertas nasi untuk sabun organik berbahan dasar limbah ampas tahu.

Dalam pembuatan inovasi packaging produk sabun organik tersebut itu tidak membutuhkan waktu yang lama karena pembuatan nya yang sangat mudah dan sangat simple. Dan dalam pembuatan packaging produknya itu menggunakan bahan utama nya kertas nasi dan sisanya yaitu plastik wrap, double tip, gunting dan diberi label.


Pemaparan hasil pembuatan packaging produk tersebut dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 Januari 2023 dengan media PPT dan Video. 

Kemudian mahasiswa menunjukan langsung hasil dari pembuatan packaging produk sabun organik berbahan dasar limbah ampas tahu menggunakan kertas nasi, dan pemaparan berjalan dengan lancar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon