Majukan UMKM, Mahasiswa Undip Sosialisasikan Pembukuan Keuangan Secara Sederhana

 


Campusnesia.co.idPagejugan, Brebes (01/02/2023). Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Tahun 2023 yang berlokasi di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes melaksanakan program kerja monodisiplin dengan tema “Sosialisasi Pembukuan Keuangan Sederhana pada Sektor UMKM Taman Kuliner Jatisono”.

Masalah yang sering ditemukan pada usaha salah satunya adalah masalah mengenai manajemen keuangan. Pembukuan keuangan penting dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk mengatur keuangan serta berguna untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang sehingga pengoperasian bisnis dalam UMKM akan lebih baik. Fakta yang terjadi di lapangan belum banyak UMKM yang melakukan pembukuan keuangan secara sederhana salah satunya seperti UMKM yang berada di Taman Kuliner Jatisono.

Oleh sebab itu dengan adanya permasalahan tersebut, mahasiswa Akuntansi Perpajakan yaitu Izdihar Belarina Afanin melakukan sosialisasi mengenai pembukuan keuangan secara sederhana kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang berlokasi di Taman Kuliner Jatisono, Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes pada hari Rabu, 01 Februari 2023. 

Program kerja mengenai sosialisasi pembukuan keuangan secara sederhana disampaikan melalui pemaparan materi dan pemberian modul mengenai tata cara bagaimana membuat buku kas umum serta laporan laba rugi. 


Pada sesi akhir diadakan sesi tanya jawab bagi para pelaku UMKM yang berada di Taman Kuliner Jatisono dan pemberian modul. Para pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam sosialiasi tersebut sangat antusias dan berterima kasih karena diadakannya kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan mereka mengenai pembukuan keuangan secara sederhana untuk UMKM. 

Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapakan dapat memajukan sektor UMKM yang berlokasi di Taman Kuliner Jatisono serta para pelaku UMKM dapat mengimplementasikan kegiatan sosialiasi tersebut dengan menerapkan pembukuan keuangan secara sederhana pada usahanya agar semakin baik dan berkembang di masa yang akan datang. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon