Belajar Investasi dari Jin Do Joon dalam Drama Korea Reborn Rich

 


Campusnesia.co.id - Saat artikel ini ditulis drama korea berjudul Reborn Rich sudah tayang 8 episode. Drama ini dibintangi sejumlah nama besar dan sudah malang melintang dalam drakor diantaranya Song Joong-Ki yang sukses besar lewat descendent of the sun dan Vincenzo, Shin Hyun-Bin sebagai love interest Do Joon yang sukses lewat drama Hospital Playlist, selain itu ada pula aktor kawakan Lee Sung-Min yang diam saja sudah kelihatan auranya.

Reborn Rich bercerita tentang Yoon Hyun-Woo diperankan oleh Song Joong Ki, pegawai paling rajin dalam group Soonyang yang akhirnya justru dibunuh oleh orang-orang dipperusahaanya.

Ia terlahir kembali sebagai Jin Do-Joon, cucu pemilik perusahaan bisnis Soonyang Jin Yang-Cheol diperankan oleh Lee Sung-Min.

Yoon Hyun-Woo punya dendam pada grup Soonyang atas kematian ibunya dan penderitaan yang ia alami, lewat kesempatan kedua yang ia dapat terlahir sebagai Jin Do Joon ia bertekad akan mengalahkan grup Soonyang dan membelinya. 

Bisa dibilang Reborn Rich ini pake teori time travel ya, tapi bukan kembali ke masa lalu sebagai dirinya sendiri, tapi menggunakan cara terlahir kembali dengan ingatan dan kemampuan berfikir dari masa depan tentu menang banyak.

Teori yang dipakai adalah Buuterfly Effect, campur tangan Do Joon dari masa depan mempengaruhi apa yang terjadi di masa lalu, bermula ketika selamatnya sang kakek Jin Yang-Cheol dari kecelakaan pesawat yang harusnya menewaskannya di masa lalu.

Bagian menarik dari drakor Reborn Rich adalah tema yang diangkat, selain tentang konsep terlahir kembali juga tentang perusahaan dan investasi. 

Dengan informasi yang dimiliki oleh Do Joon dari masa depan, ia memanfaatkan dengan baik untuk tumbuh menjadi orang yang kaya dan sukses lewat investasi.

Referensi sejarah dan kejadian nyata dalam dunia ekonomi Korea Selatan dan dunia sejak tahun 1987 disajikan dengan baik tanpa menodai sejarah itu sendiri.

Banyak pelajaran dan inspirasi yang bisa diambil, lewat postingan kali berikut kami hadirkan Belajar Investasi dari Jin Do Joon dalam Drama Korea Reborn Rich.



1. Investasi pada tanah dan lahan yang potensial di masa depan
Do Joon kecil yang berhasil menyakinkan sang kakek mengubah penerbangan agar selamat dan membuat yakin sang kakek untuk tetap berbisnis di sektor semi konduktor atau chip yang akan sukses di masa depan.

Sang kakek menawarkan hadiah, Do Joon minta sebidang tanah di suatu daerah yang tahun 1987 hanyalah kawasan pinggiran, sepi, ndeso dan tak potensial sebagai sebuah kawasan.

Tapi Do Joon tahu, bahwa di masa depan kawasan tersebut akan menjadi lahan pembangunan kawasan perumahan sehingga nilai jual tanahnya akan naik signifikan.

Benar saja, selang beberapa tahun kejadian, sang remaja belasan tahun untuk puluhan ribu dollar karena kenaikan harha tanah pemberian sang kakek.

Dalam dunia nyata invetasi tanah masih jadi primadona, karena hampir dipastikan nilainya akan naik seiring berjalannya waktu, apalagi jika kita bisa "meramal" atau bahasa kerennya analisis suatau kawasan tersebut akan ramai di masa depan, membeli saat masih harga murah adalah pilihan cerdas.

Ini menjelasakan kenapa harga tanah sekitar lokasi pembangunan Tol, Perumahan, Kawasan Industri dan Pabrik juga terkerek naik seiring berjalanya waktu.

Nah coba cari tahu guys, sekitar daerahmu kawasan mana yang di masa mendatang akan ada pembangunan? beli tanah sekitarnya untuk investasi seperti Do Joon.



2. Investasi pada dunia hiburan
Do Joon yang dari masa depan tahu bahwa film Home Alone dan Titanic adalah dilm paling laris, maka ia menyakinkan sang ayah untuk membeli hak edar dua film tersebut untuk ditayangkan di korea, boom..benar saja perusahaan sang ayah mulai sukses dengan informasi dari Do Joon.

Terlepas dari informasi yang ia dapat kerena kehidupanya di masa depan, investasi di dunia hiburan memang sangat layak dipertimbangkan.

Film misalnya, memang nilai investasinya mahal, sebuah film Indonesia konon kabarnya membutuhkan biaya produksi milyaran rupiah, tapi kalau sukses bisa boxoffice setidaknya berhasil meraih 1 juta penonton, dalam hitungan minggu maksimal 1 bulan nilai investasi itu akan terbayarkan. Belum lagi kesempatan diputar di platform streaming, stasiun tv dan royaltinya.

Belakangan industri series dan konten di platform streaming dan YouTube juga makin beragam dan secara kualitas naik kelas, bukan hal mustahil kelak akan mengejar industri hiburan Korea Selatan. 

Ayo segera cari cara investasi di dunia hiburan seperti Do Joon guys.



3. Investasi di Perusahaan Startup
Do Joon lewat perusahaan investasinya Miracle Invesment bersama rekannya Oh Se-Hyun berinvestasi pada Amazom, iya plesetan dari Amazon.com yang pada tahun 1994 memulai bisnisnya dengan berjualan buku. Tentu saja Do Joon tahu dari masa depan kalau Amazom akan jadi raksasa bisnis dunia.

Terlepas dari hal itu, berinvestasi pada perusahaan Startup memang pilihan bagus, walau belakangan banyak berita tentang PHK kayyawan startup namun tidak dipungkiri kalau startup masih potensial sebagai sebuah bisnis.

Kalau belajar dari keputusan Do Joon berinvestasi pada Amazom, faktor teknologi dan disrupsi menjadi poin penting. Salah satu keunggulan startup adalah inovasi teknologinya, misalnya gojek dalam hal transportasi, tokopedia belibeli bukalapak dalam hal jual beli dan masih banyak lagi.

Sekarang yang lagi tren adalah Green Startup yaitu perusahaan rintsisan yang bergerak dalam bisnis lingkungan dan kelestarian alam, untuk sobat yang mau investasi coba cari startup yang jenis ini.

Pertimbangkan juga startegi bisnisnya ya, jangan hanya liat valuasi tapi juga revenuenya.



4. Jangan Serakah
Pepatah bijak mengatakan keserakahan akan membawa kehancuran, ketahui angka cukupmu. Pelajaran selanjutnya dari drama Reborn Rich adakah tentang jangan serakah.

Do Joon tahu sebuah perusahaan teknologi era 2000an bernama New Data Technology akan naik daun karena efek tren Dot Com dari amerika.

Ia investasi tapi exit saat sahamnya naik ke angka 40 persen, padalah ia tahu kelak akan naik hingga 300 persen.

Benar saja kejadian, orang serakah bukannya exit saat menjelang puncak justru tergoda terus menanamkan investasinya pada New Data Technology hingga kahirnya efek Bubble Dot Com terjadi. Uforia startup web pada tahun 2000 yang kolap juga melanda Korea Selatan (setidaknya demikian dikisahkan dalam drama ini ya) nilai saham New Data Technology jatuh hingga tak berharga sama sekali, para investor rugi kehilangan semua uangnya.



5. Coming soon



Oke sementara itu dulu sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Belajar Investasi dari Jin Do Joon dalam Drama Korea Reborn Rich.

Akan kami update jika dapat inspirasi baru, atau mungkin sobat yang punya inspirasi dari drakor Reborn Rich juga boleh menambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar



Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon