Dari Pak Hong Hometown Cha-cha-cha Kita Bisa Belajar, 5 Manfaat dan Pentingnya Sertifikasi dalam Dunia Kerja



Campusnesia.co.id -- Ada yang menarik dari drama terbaru TvN dan Netfix yang berjudul Hometown Cha-cha-cha, karakter utamanya yang bernama Hong Du Sik diperankan oleh Kim Seon Ho, adalah seorang "pengangguran banyak acara".

Sebutan di atas bukan tanpa sebab, karena hingga saat artikel ini ditulis, drama yang sudah on goindg sebanyak 4 episode ini memperlihatkan Pak Hong yang berganti-ganti pekerjaan, bahkan dalam sehari bisa melakukan dua hingga 4 kali pekerjaan yang berbeda.

Tak ayal, Yoon Hye Jin, pemeran utama wanita yang diperankan aktris Shin Min Ah mengira bahwa Pak Hong adalah mafia dan orang yang serabutan.

Tapi tunggu dulu, faktanya Pak Hong mahir dalam setiap pekerjaan yang dilakoni bahkan punya sertifikasi sebagai agen properti, tukang bangunan, cat interior, barista coffeshop, petugas tempat pelelangan ikan, penyalur tenaga kerja hingga kurir pengantar paket.

Nah dari pak Hong kita bisa memetik pelajaran lho, tentang manfaat dan pentingnya sertifikasi. 

Sertifikasi profesi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi untuk profesi dan keahlian tertentu, dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi terkait profesi dan keahlian tersebut yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional, standar internasional, dan atau standar khusus lainnya.

Ada berbagai alasan bagi seorang individu menginginkan sertifikasi profesi, diantaranya untuk prestasi pribadi, bekal mencari kerja, kenaikan gaji atau status, promosi atau keahlian khusus dengan tujuan untuk pengembangan karier.

Mengapa sertifikasi kompetensi kerja diperlukan? 

Sertifikasi ini menjadi bentuk pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Manfaat sertifikasi bagi individu

1. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan

Dengan memperoleh informasi atau teknik industri baru dalam pelatihan sertifikasi profesi, seorang individu dapat mengurangi/menghindari kebiasaan kerja yang mungkin menyebabkan inefisiensi atau kualitas hasil kerja sambil meningkatkan kompetensi. 

Hal ini dapat meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk mencoba sesuatu yang baru yang berdampak positif pada pekerjaan.

2. Meningkatkan peluang kompetisi

Ketika seseorang telah mengikuti pelatihan yang tidak ditempuh oleh individu lain, itu akan membuatnya selangkah lebih maju. 

Sertifikasi dapat membedakan seorang individu profesional dengan profesional lain di bidang yag sama, menunjukkan bahwa individu tersebut memiliki komitmen yang ditunjukkan untuk memahami dan unggul dalam profesi yang dia geluti. 

Sehingga akan terlihat memiliki nilai lebih dalam kompetisi dunia kerja saat ini.

3. Meningkatkan efisiensi

Sertifikasi profesi juga dapat membantu memberikan fondasi yang kuat bagi bisnis independen. 

Pelatihan, informasi, dan pengetahuan lanjutan yang diperoleh dari training khusus dapat memberi pengetahuan dan strategi teknis terbaru yang akan berfungsi untuk memandu dan mengarahkan dalam pelaksanaan proyek, memungkinkan seorang individu untuk mengelola semua aspek pekerjaan dengan lebih efektif. Sebagai seorang pekerja yang bersertifikasi, tentu pengetahuan lebih yang dimiliki dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

4. Membangun kredibilitas

Sertifikasi menunjukkan komitmen terhadap profesionalisme yang unggul, menjunjung tinggi standar industri, dan pembelajaran berkelanjutan. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan prestise profesional dalam jaringan, dan meningkatkan kredibilitas dalam mengejar peluang bisnis baru. Bagi pekerja dapat membangun kepercayaan dari atasan tentang potensi dirinya.


5. Meningkatkan penghasilan

Waktu dan upaya yang diinvestasikan dalam sertifikasi profesi sering menghasilkan peningkatan pendapatan. Sebagian besar klien akan memahami biaya yang lebih tinggi yang terkait dengan pelatihan khusus dan bersedia membayar konsultan yang memiliki sertifikasi industri. Atau bagi pekerja dengan sertifikasi mungkin mendapat gaji lebih tinggi dengan jabatan yang lebih baik karena kemampuannya yang telah diakui.

Jadi sobat campusnesia, jika hari ini kamu suka melakukan sesuatu bahkan mahir, coba deh cari lembaga sertifikasi agar keahlianmu tersebut diakui dan bermanfaat untuk mencari kerja atau keperluan yang lain.

Akan seperti apa ending hometown cha cha cha? kita nantikan bersama.


Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »