Sinopsis, Detail dan Review Drama Korea Vincenzo episode 1- 20


Campusnesia.co.id -- Bergenre komedi-romantis, drama korea Vincenzo mengisahkan tentang dua pengacara yaitu Park Joo Hyung (Song Joong Ki) dan Jong Cha Young (Jun Yeo Bin). Joo Hyung diadopsi ketika berumur 8 tahun dan dibesarkan di Italia, ia memiliki nama lain yaitu Vincenzo Casano. Ia menjadi pengacara dan bekerja untuk mafia sebagai penasihat kelompok tersebut. Namun karena terjadi perang antar kelompok mafia, ia harus pergi ke Korea. 

Sementara di Korea ia bertemu dan terlibat dengan pengacara Jong Cha Young yang terkenal gigih untuk memenangkan setiap kasus yang ia tangani. Jo Hyung akhirnya jatuh cinta pada Cha Young.

Vicenzo disutradarai oleh Kim Hee Won yang sebelumnya menggarap drama Money Flower dan The Crowned Clown, sedangkan naskah ditulis oleh Park Jae Bom yang telah menghadirkan banyak drama populer, seperti God's Quiz, Good Doctor, Blood, Good Manager, dan The Fiery Priest. Drama ini dijadwalkan mulai tayang pada 20 Februari 2021 pukul 21.00 KST di saluran tvN, menggantikan drama Mr. Queen.

Pemeran Resmi Drama Korea Vincenzo

- Song Joong-ki sebagai Consigliere Vincenzo Cassano
- Jeon Yeo-been sebagai Hong Cha-young
- Ok Taecyeon sebagai Jang Jun-woo
- Yoo Jae-myung sebagai Hong Yoo-chan
- Kim Yeo-jin sebagai Choi Myung-hee
- Kwak Dong-yeon sebagai Jang Han-seo
- Choi Deok-moon sebagai Tak Hong-shik
- Kim Hyung-mook sebagai Toto
- Lee Hang-na sebagai Kwak Hee-soo
- Kim Seol-jin sebagai Larry
- Kim Yoon-hye sebagai Seo Mi-ri
- Yang Kyung-won sebagai Lee Chul-woo
- Seo Ye-hwa sebagai Jang Yeon-jin
- Im Chul-soo sebagai Ahn Gi-seok

Poster Resmi Drama Korea Vincenzo

Trailer Resmi Drama Korea Vincenzo

Review Drama Korea Vincenzo Episode 1
Vincenzo dalam bahasa italia artinya Penakluk Kesan pertama impresif, mungkin ini drama korea bertema mafia pertama yang saya tonton. Song Joong Ki adalah Vincenzo anak angkat Fabio mafia italia yang baru saya ditinggal ayahnya meninggal dan terjadi perebutan kekuasaan dengan saudara angkatnya.

Ia memilih kembali ke korea dengan target 1 bulan membantu menyelesaikan bisnis sang ayah yaitu membantu pengusaha china mempertahankan sebuah plaza bernama Geumpa. Setelahnya ia ingin pergi ke malta.

Sesampainya di korea, ia tertipu oleh sopir taksi palsu dengan modus minuman berisi obat bius dan semua hartanya raib. Penipu itu diperankan oleh Jin Sun Kyu, bak reuni karena keduanya baru saja tampil bersama di film Space Sweeper.

Plaza Geumga menjadi istimewa karena di bawah salah satu kamarnya terdapat brankas emas batangan. Namun entah bagaimana terlibat konflik dengan perusahaan bernama Babel Kontruksi.

Hampir semua penghuni Plaza Geumga sudah pindah, kecuali 7 warga yang bertahan karena didukung oleh seorang pengacara Hong Yoo-chan diperankan oleh Yoo Jae-myung dan dijanjikan oleh pemilik gedung akan tetap diberikan ijin tinggal kembali setelah gedung dipugar.

Cara preman dan kekerasan ditempuh oleh pihak Babel dengan menyandera pemilik gedung agar menyetujui pembelian, tak hanya itu dalam perjalana mobil yang dikendarai ditabrak oleh truk yang dalam banyak drama (The Uncanny Counter) dan film korea (Merciless) adalah cara penjahat membunuh seseorang agar terlihat seperti kecelakaan. 

Menjelang akhir episode 1 akhirnya Vincenzo menunjukkan taringnya, memberi pelajaran fisik pada para preman. Episode 2 sepertinya akan semakin menarik.

Sejauh ini, hal positif dari drama baru TvN yang juga tayang secara global melalui Netflix ini adalah tema yang diangkat, Hukum dan Mafia dua hal yang saling bertentangan dalam kehidupan nyata. Bagian laga cukup menarik serta poin komedinya yang menjanjikan, karakter para pennghuni Geumpa plaza dikenalkan dengan cara yang unik nan lucu ha ha bikin ketawa tengah malam, awas jumpscare.

Mungkinkah bisa menyaingi kesuksesan Descendent of the sun yang juga diperankan oleh Song Joong Ki? Love interestnya belum terlihat.

Review Drama Korea Vincenzo Episode 2
Musuh sebenarnya sudah muncul, direktur Babel group dan ada sosok misterius pemain hoki. Ada kutipan menarik dari Hong Cha-young, di korea menjadi pengacara tidak hanya bertarung melawan sesama pengacara, tetapi juga kepolisian, kementerian, kejaksaan dan hapir semua lembaga negara, semua karena Kartel dan itu tergambar dengan jelas dalam drama ini, agak Satire namun bisa jadi cerminan atas kondisi real di dunia nyata.

Cha-young memang berseteru dengan ayahnya, namun sepertinya ia masih punya hati nurani terbukti ia khawatir dengan keselamatan ayahnya saat bangunan Geumpa Plaza hendak dirobohkan.

Vicenzo asih enggunakan cara cerdas dan halus untuk mempertahankan gedung Geumpa yang di bawahnya ada ruang rahasia berisi emas, penasaran kalau ia mulai gunakan cara kekerasan bakal seperti apa.

Review Drama Korea Vincenzo Episode 3
Pak Hong tahu klien seorang ibu yang dipenjara dan sedang sakit adalah ibunya Vicenzo. Beliau menasehati sebaiknya vicenzo menemui sang ibu agar tidak menyesal.

Sementara grup Babel makin brutal, sekelompok peneliti yang dikarantina di sebuah vila dibunuh secara tragis dengan modus kebakaran akibat keboncoran pipa gas Lpg.

Saksi kunci yanag bisa membuktikan bahwa obat baru buatan babel farmasi yang mengandung unsur Narkotika juga telah tertangkap.

Benih-benih cinta nampaknya mulai tumbuh di mata Cho Young akankah bakal jadi love interestnya Vicenzo? 

Ending episode 3 sangat mengejutkan, vicenzo dan pak hong yang sedang minum di sebuah kedai ditabrak oleh sebuah truk yang bisa diduga atas perintah grup babel da kroninya. Nampaknya perah dari pengacara dan mantan jaksa Myung Hee.

Apakah keduanya selanat? Kita tunggu episode 4.

Review Drama Korea Vincenzo Episode 4
Rest in Peace untuk pak Hong yang meninggal setelah ditabrak oleh orang suruhan Myung Hee. Vicenzo koma selama 10 hari dan bangkit untuk membalas dendam dengan cara ala mafia.

Cha Young sadar akan perbuatanya dan memilih untuk mereruskan kantor advokat ayahnya membela mereka yang lemah, peristiwa kematian sang ayah menjadi titik balik.

Perlawanan Vizenco, Cha Young and the geng orang-orang yang terdholimi alat mafia italia mulai diperlihatkan dengan sentuhan kesantunan ala korea misalnya tanpa merenggut nyawa.

Episode selanjutnya sepertinya akan lebih menarik lagi dengan diungkapnya musuh aktor intelektual bos Babel grup sebenarnya yaitu Jang Jun Woo yang selama ini menyamar sebagai anak magang di kantor advokat Wusan. Hal ini juga mengkorfirmasi bahwa Pak Jang direktur Babel hanya boneka.


Review Drama Korea Vincenzo Episode 5
Jang Jun Woo sebagai the real bos of Babe Group mulai menunjukkan sifat aslinya yang menyeramkan jauh dari kata lugu dan lucu yang selama ini ditampilkan dalam karakter anak magangnnya di Wusan.

Vincenzo sudah menyadari bahwa Pak Jang bukanlah direktur asli grup babel namun sepertinya belum menyadari siapa direktur yang asli.

Perseteruan antara tim wusan yang dipimpin oleh pengacara Myung Hee vs Cha Young and team semakin seru. Setelah balas dendam dengan membakar pabrik Babel Farmasi, target berikutnya adalah Babel Kimia yang selama ini ditengarai sebagai perusahaan penggoreng saham dan ternyata dalam praktiknya bahan kimia yang sedang diproduksi berdampak pada kesehatan para peneliti di laboratorium, naasnya kakak biksu di plaza geumga menjadi salah satu korban.

Pertarungan selanjutnya akan lebih seru, di ruang sidang antara tim hukum Wusang dan Japuragi.

Hal penting yang bisa saya simpulkan setelah 5 episode tayang, Vincenzo Cassano sesuai genrenya yaitu drama komedi romantis, walau bumbu latar belakangnya mafia, tetap saja unsur komedinya lebih dominan. Jadi mulai sekarang saya akan menurunkan ekspektasi keseriusan seperti saat nonton Start Up misalnya.

Jeon Yeo-been yang berperan sebagai Hong Cha-young awalnya terkesan over acting namun makin ke sini, saya rasa dia cocok memerankan pengacara cewek over acting dan coffident. Cocok sebagai partner Vincenzo yang digambarkan sosok pengacara dan mafia yang cool, cerdas dan dingin.

Love interest keduanya mulai terasa dan dimulai dari vincenzo, akankah keduanya pacaran? kita nantikan episode selanjutnya.


Review Drama Korea Vicenzo Episode 6
Drama penggagalan sidang perdana kasus Farmasi Babel penuh drama dan kelucuan strategi buatan Vincenzo yang berlapis-lapis, ini ibarat pepatah kancil-lawan kancil sama-sama cerdik.

Jang Jun Woo akhirnya mengungkap identitas aslinya sebagai bos Grup Babel di depan bos Wusan dan pengacara Myung Hee.

Perseteruan terbuka mereka dengan Vincenzo cs kembali memasan, setelah semua saksi potensial dikriminalisasi agar gugur dan tidak layak memberikan kesaksaksian di persidangan, bener-bener mafioso cara-caranya.

Review Drama Korea Vicenzo Episode 7, 8, 9, 10, 11, 12
Karena kesibukan saya telat menonton 6 episode jadi reviewnya kita jadikan satu agar lebih mudah dibaca.

Peristiwa penting dalam 6 episode terakhir diantaranya, identitas bos babel sebenarnya sudah diketahui yaitu Jun Woo si anak magang di firma wusang. Penonton memang sudah dibertahu sejhak episode 6, namun dengan susah payah Cha Young dan Vincenzo harus menghadapi para antek-enteknya yang membahayakan dan merenggut nyawa mereka yang pernah berjuang bersama dalam melawan grup babel untuk sadar siapa bos babel yang asli.

Detail menarik lainya yang patut di ingat adalah, seorang gelandangan bernama Gilbert memberi tahu warga Geumga Plaza bahwa ada Emas Batangan yang disembunyikan di salah satu ruangan gedung tersebut. Mereka saling berlomba mendapatkannya, di sisi lain Vincenzo berusaha tetap menutupinya.

Fakta-fakta latar belakang para penghuni Geumga Plaza juga sedikit demi sedikit mulai direveal dan jadi pengembangan karakter serta kejutan menarik bagi penonton, seperti Lee Chul Wook dan Istri yang ternyata jago berkelahi terbukti saat menghajar para penyusup yang masuk kamar Vincenzo.

Tak Hong Sik yang selama ini kita kenal sebagai penjahit dan tukang loundry ternyata memiliki kemampuan berkelahi menggunakan senjata gunting/pisau yang lihai, nyaris saja para preman pedang ganda yang dikirim grup babel mati di tempat.

Seo Mi Ri sang guru les piano ternyata adalah hacker? kalau pak Ahn Gi Seok kita sudah tahu bahwa selama ini adalah agen eksekutif di Badan Intelijen Nasional yang sengaja menyamar untuk menyelidiki Vincenzo, dalam episode 11 dan 12 peranya mulai signifikan dengan membantu saat vincenzo ditangkap kejaksaan dan mencari identitas sebenarnya Jang Han Seok di Babo.

Tadinya saya merasa drama Vincenzo akan membosankan dengan konflik dan cara-cara mafia yang dihadirkan sepanjang 11 episode terakhir, unsur komedi cukup membantu drama ini sehingga tidak terkesan Dark. Sebuah faktya baru terungkap bahwa ada sebuah file milik Badan Intelijen Nasional yang selama ini sengaja disembunyikan karena berisi kejahatan, korupsi dan kolusi para pejabat negara, penegak hukum dan pihak swasta dalam hal ini Grup Babel juga terlibat telah diretas dan file aslinya di hapus.

Sebuah file dokumen yang bernama Guilotine tersebut berdasar informasi dari pak Ahn sang agen BIN Korea diretas atas perintah mafia China bernama Shaolin, file rahasia yang bisa menghebohkan korea itu disebut disimpan oleh Shaolin bersama hartanya di suatu tempat rahasia di korea.

Bagi sobat yang mengikuti drama Vincenzo pasti langsung paham, mafia china yang dimaksud adalah klien Vincenzo pemilik emas batangan di bawah kuil budha di gedung Geumpa, kini tambah hal menarik lain yaitu fakta bahwa diantara tumpukan emas tersebut ada sebuah file yang bisa mengguncang para politisi, penegak hukum korup bahkan bisa menghancurkan grup babel.

Episode 12 diakhiri dengan scene yang membuat penasaran, Vincenzo dan mr. Choi berhasil membuat warga Geumpa piknik dengan bantuan Cha Young dkk. Mereka berdua berhasil masuk ke ruang rahasia, benar saja mitos emas batangan itu benar adanya, namun dalam euforia itu pak Choi menodongkan pistol kepada Vincenzo, entah bagaimana nanti akhirnya, mari kita tunggu kelanjutannya.


Review Drama Korea Vicenzo Episode 13 dan 14
Masih seputar geng Vincenzo yang berusaha mengalahkan dan menjebloskan grup babel ke penjara dengan berbagai trik mereka, masih seru dengan diselingi unsur komedi, untung hanya tingal 2 episode tersisa, kalau lebih dari 16 episode pasti akan membosankan formula yang sama diulang-ulang terus.

Fyi, pak Choi yang sebelumnya berusaha mencuri emas dari Vincenzo ternyata mengincar file Guilotine juga dan terungkap bekerjasama dengan jaksa yang masih di jalan yang lurus dengan tujuan sama menghukum grup babel dan kroni-kroninya.

Detail lain yang diuangkap dalam episode 14 adalah sosok Seo Mi Ri yang kita kenal selama ini sebagai guru les piano ternyata sebelumnya adalah seroang Hacker yang kemudian terlibat dalam proyek pembuatan ruang penyimpanan emas Wang Shoalin sebagai pembuat keamanan digital. Dengan demikian ada harapan ruang rahasia yang kembali terkunci akibat perseteruan pak Choi dan Vincenzo bisa dibuka.

Ada istilah menarik yang dihadirkan dalam episode 13 dan 14 kali ini, yaitu tentang cara Babel grup mencuci uang hasil bisnis haramnya serta cara mereka menghindari setoran pajak ke pemerintah yaitu dengan membuat Perusahaan Cangkang, ini menarik karena bukan hanya sebuah istilah dalam drama namun dalam dunia nyata memang benar adanya, mafia, koruptor dan para pengemplang pajak tidak sedikit menggunakan cara ini.


Dari WikipediaPerusahaan Cangkang (bahasa Inggris: shell corporation) adalah perusahaan yang hanya ada di atas kertas dan tidak memiliki kantor ataupun karyawan, tetapi perusahaan semacam ini memiliki rekening bank atau investasi pasif atau menjadi pemilik aset tertentu (seperti kekayaan intelektual atau kapal). Perusahaan cangkang mungkin terdaftar di alamat perusahaan yang menyediakan jasa pendirian perusahaan cangkang. Perusahaan ini sering digunakan untuk mengemplang pajak dan mencuci uang.


Panama Papers
Terkait hal ini, tahun 2015-2016 lalu heboh dengan skandal Panama Papers yaitu kumpulan 11,5 juta dokumen rahasia yang dibuat oleh penyedia jasa perusahaan asal Panama, Mossack Fonseca. 

Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai lebih dari 214.000 perusahaan luar negeri, termasuk identitas pemegang saham dan direkturnya. 

Dokumen tersebut mencantumkan nama pemimpin lima negara yaitu Argentina, Islandia, Arab Saudi, Ukraina, dan Uni Emirat Arab serta pejabat pemerintahan, kerabat dekat, dan teman dekat sejumlah kepala pemerintahan sekitar 40 negara lainnya, termasuk Brasil, Tiongkok, Prancis, India, Malaysia, Meksiko, Malta, Pakistan, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol, Suriah, dan Britania Raya. 

Rentang waktu dokumen ini dapat ditelusuri hingga tahun 1970-an. Dokumen berukuran 2,6 terabita ini diberikan oleh seorang sumber anonim kepada Süddeutsche Zeitung pada bulan Agustus 2015 dan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). 

Dokumen bocoran ini kemudian disebarkan kepada dan dianalisis oleh kurang lebih 400 wartawan di 107 organisasi media di lebih dari 80 negara. Laporan berita pertama berdasarkan dokumen ini bersama 149 berkas dokumennya[6] diterbitkan pada tanggal 3 April 2016. Daftar lengkap perusahaan yang terlibat akan dirilis pada awal Mei 2016. (sumber: Wikipedia).

Ada orang Indonesia di Panama Papers
Nama-nama pejabat dan pengusaha di Indonesia pun terus bermunculan. Seperti dikutip dari Tempo, ada pemilik group Lippo James Riady dan John Riady yang mendirikan Golden Walk Enterprise Ltd dan Phoenix Pacific Enterprise Ltd di British Virgin Islands. Ada juga Franciscus Welirang salah satu Direktur Indofood Sukses Makmur tercatat sebagai salah satu klien Mossack Foncesa.

Selain itu ada juga nama Sandiaga Uno, pebisnis terkemuka yang mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta, tercatat memiliki 3 perusahaan offshore di British Virgin Islands. Sandiaga memiliki Aldia Enterprises Ltd, Attica Finance Ltd, dan Ocean Blue Global Holdings Ltd.

Ada juga nama-nama yang selama ini memang dicari penegak hukum, yaitu pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid dan pengusaha properti Djoko S. Tjandra.

Selain nama-nama yang resmi dirilis oleh tim ICIJ di Indonesia itu, beberapa media juga menerbitkan daftar panjang berisi 2.961 nama orang-orang Indonesia yang dikatakan terlibat dalam Panama Papers.

Tapi ya gitu, sampai sekarang masih belum jelas kelanjutannya, untuk detail dan informasi lebih lanjut tentang Panama Papers bisa dibaca di sumber media berikut ini Tempo.co , Wikipedia.org dan Kontan.co.id.

Oh ya, yang penasaran dengan iklan produk asal Indonesia yang muncul di episode 14, produk yang dimaksud adalah permen Kopiko produksi PT Mayora, setelah sekian lama melihat logonya di after credit akhirnya lihat scene produk placementnya, netijen indonesia sudah pasti heboh hingga muncul banyak pencarian di google dengan kata kunci Kopiko Vincenzo.



Bagaimana 2 episode terkahir drama korea Vincenzo? kita nantikan minggu depan. Myung Hae kali ini menggunakan strategi mengundang musuh bebuyutan Vincenzo asal Italia yang bernama Paolo.


Review Drama Korea Vicenzo Episode 15
Agak absurd ternyata yang menyelamatkan vincenzo dari anak buah paolo adalah Inzaghi, burung merpati yang biasa berada di balik jendelanya.

Mereka masih berkutat mencari cara menghancurkan grup babel setelah berhasil mendapatkan data penting dari Galeri Seni. Sayang jaksa Jung justru membelot di last minute dan berbalik berpihak ke grup babel dengan meminta imbalan jabatan.

Kabar baiknya file Guilotin ternyata ada di tangan Vincenzo dan beberapa data intelijen coba dimanfaatkan untuk meneyeret Han Jan Seok ke penjara salah satunya lewat media Daechang yang tadinya akan digunakan grup babel sebagai media pencitraan untuk menaikan saham.

Ending episode 15 tragis, pemimpin media daechang dibunuh oleh grup babel di depan mata vincenzo dan menjebaknya sebagai tersangka, entah bagaimana nanti cara Cha Young menyelamatkan sang partner kali ini.

Review Drama Korea Vicenzo Episode 16
Kali Myung He dan Han Seok sudah kelewatan dengan membunuh ibu Vincenzo, padahal chemistry keduanya sebagai ibu dan anak baru saja bagus-bagusnya.

Tak pelak ketika tahu apa yang terjadi pada sang ibu Vincenzo sangat murka, tak perlu waktu lama dengan bekal rekaman cctv rumah sakit ia segera memburu sang pelaku dan memaksa memberitahu siapa yang menyuruhnya.

Sudah bisa kita duga, tidak lain tidak bukan tentu saja bos Grup Babel, mereka yang sedang party merayakan keberhasilan membuat vincenzo kalah kali ini dikejutkan dengan kehadiran pembunuh suruhannya berlumpur darah dan dor..dor..pembunuh bayaran itu di tembak tepat di depan Myung He dan Han Seok.

Harus bersabar, karena episode 17 yang mustinya tayang sabtu malam harus diundur karena ada episode spesial.


Review Drama Korea Vicenzo Episode 17
Vincenzo berhasil membalas grup babel atas kematian sang ibunda dengan epik. Saatnya ia dan gengnya membalas kroni grup babel dalam sebuah pertemuan yang dramatic.

Hal penting dalam episode ini kemunculan sosk politikus calon presiden pak Park yang diperankan oleh aktor kawakan lee kyung young.

Karena pengaruhnya bisa membalikan keadaan, menjadikan direktur wusang jaksa wilayah, mengangkat Jan Han Seo sebagai direktur babel untuk meredam suasana dan mengundang Interpol guna menangkap Vincenzo.

Ending scene, Han Seo menembak Vincenzo hingga tergeletak, kita tunggu episode selanjutnya. 



Review Drama Korea Vicenzo Episode 18
Ending scene, Han Seo menembak Vincenzo hingga tergeletak, seperti biasa bagian dari trik dan rekayasa vincenzo dan pak Nam ya bisa ditebak dan syukurlah.

Jang han seo benar-benar diteror oleh vincenzo hingga dimasukan ke penjara untuk sementara waktu demi kemanannya.

Muncul musuh baru, Pak Kim sekretaris dari calon presiden yang menangkap pak Choi, para biksu dan Seo Mi Ri demi ingin mendapatkan emas dan file Guilotine.

Plot twist, emas di ruang bawah tanah sudah hilang, sepertinya sudah dipindahkan vincenzo yang bekerjsama dengan para biksu. Pemindahan dilakukan dengan kamuflase para biksu yang belakangan sering keluar.

Episode 19 bakal seru menantikan Vincenzo menghajar pak Kim dan anak buahnya yang sudah berani datang ke Geumga Plaza dan menyakiti teman-temannya.



Review Drama Korea Vicenzo Episode 19
Terungkap identitas asli para penghuni geumga plaza yang selama ini mereka sembunyikan satu sama lain agar tidak mencolok, sebelumnya kita sudah tahu bahwa Seo Mi Ri adalah mantan Haker dan konsultan keamanan digital, berikut identitas warga geumga yang lain.











Jaksa Jung yang tidak mematuhi perintah dibunuh oleh Vincenzo, Myung Hee memilih mengorbankan diri masuk penjara agar Jan Han Seok bisa keluar penjara untuk menghabisi Vincenzo.

Hng Cha Young dan Han Seo diculik oleh Jang Han Seok agar Vincenzo datang, dalam insiden baku pukul Han Seo yang coba menolong vincenzo ditembak oleh Jang Han Seok, ketika vincenzo hendak ditembak Cha Young spontan menghalagi sehingga tertembang di bagian punggung atas dekat bahu.

Apakah Cha Young bisa selamat dari luka tembak? apa yang akan dilakukan Vincenzo pada Jang Han Seok kali ini setelah menembak Han Seo dan Cha Young? kita tunggu episode final besok minggu malam.



Review Drama Korea Vicenzo Episode 20
Cha Young alhamdulillah selamat dari luka tembaknya, sayang sekali Han Seo yang belakangan sudah sadar akan perbuatan salahnya dan mulai bertobat serta jadi adik yang baik harus mengorbankan dirinya untuk melindungi Vincenzo dan dokter berkata "maaf kami sudah berusaha".

Choi Myung Hee mendapatkan ganjaran perbuatanya, dibunuh vincenzo dengan cara yang menyakitkan ala senanm zumba. Demikian juga Jang Han Seok setelah sempat melukai pak Lee berhasil disiksa vincenzo dan mendapatkan cara mati yang sesuai dengan perbuatannya.

Vincenzo berakhir dengan Happy Ending, setelah pergi setahun ke sebuah pulau dekat Malta, suatu hari vincenzo mendatangi korea dan bertemu dengan Cha Young.

Warga geumga plaza melanjutkan kehidupannya dan bersatu menjadi pembela yang tertindas, sebenarnya ada potensi untuk sekuel karena politisi macam pak Kim masih berkeliaran.

Okey, makasih TvN, Netflix dan Vincenzo sudah menemani hari-hari kita dengan sajian drama yang serius dan  kocak, tema yang baru dan fresh. Terima kasih juga yang sudah baca konten review per episode kami, sampai jumpa.



Penulis: 
Ika Shintya
Nandar


Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »