Review Stranger 2 Forest of Secrets, Cicak vs Buaya versi Drama Korea



Campusnesia.co.id - Ngomongin drama korea memang tidak ada habisnya, bagi kamu yang suka kisah sedih dan bikin nagis macam Pinocchio (2014) ada, mau cari yang kelewat romantis dan bucin macam Boys Over Flowers (2009) ada, suka yang penuh aksi seperti Vagabond (2019) atau komedi absurd seperti Pegasus Market (2019) juga ada. 

Dari sekian genre di atas, ada salah drama yang sejak kemunculan session pertamanya sudah menarik bagi saya. Entah mengapa bagi saya drama ini Dark banget dari awal hingga akhir episode, bahkan selingan love interest saja nyaris gak ada. Judul dramanya Secret Forest atau versi internasionalnya berjudul Stranger yang rilis tahun 2017 sebanyak 16 episode dan di tahun 2020 ini tayang lagi untuk session 2 sejak 15 agustus hingga 4 oktober nanti, berarti saat artikel ini ditulisa masih on going.

Pemeran Drama Korea Secret Forest: Stranger
Cho Seung-woo sebagai Hwang Si-mok
Jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Barat Seoul. Gil Jung-woo dan Song Eui-joon masing-masing memerankan Si-mok yang berusia 10 tahun dan Si-mok yang berusia 15 tahun.

Bae Doona sebagai Han Yeo-jin
Letnan Detektif di Kantor Polisi Yongsan dan kemudian menjadi Inspektur Senior di Badan Kepolisian Nasional Korea.

Lee Joon-hyuk sebagai Seo Dong-jae, Yoo Jae-myung sebagai Lee Chang-joon (musim 1), Shin Hye-sun sebagai Young Eun-soo (musim 1), Jeon Hye-jin sebagai Choi Bit (musim 2), Choi Moo-sung sebagai Woo Tae-ha (musim 2), Yoon Se-ah sebagai Lee Yeon-jae (musim 2; pendukung di musim 1).

Naskah drama Stranger ditulis oleh  Lee Soo-Yeon, duduk sebagai sutradara ada duo  Ahn Gil-ho dan Yoo Je-won. Tayang di jaringan TvN untuk Asia dan Netflit untuk pemegang hak siar internasionalnya.

Trailer Drama Stranger: Forest of  Secrets session 2



Sinopsis Stranger: Secret Forest session 1
Hwang Si-mok adalah Jaksa teladan yang menderita hipersensitivitas terhadap frekuensi suara tertentu. Setelah menjalani operasi korektif, dia kehilangan rasa empati dan kurang memiliki keterampilan sosial. Saat menyelidiki kasus pembunuhan, dia bertemu dengan Letnan Polisi Han Yeo-jin, yang membantunya dalam menyelesaikan kasus tersebut. Ketika mereka mulai mengungkap misteri di balik pembunuhan itu, mereka juga menemukan bahwa upaya mereka terus digagalkan karena secara bersamaan akan mengarah pada skema korupsi besar antara Kantor Kejaksaan dan konglomerat swasta.

Di musim kedua, perselisihan etika muncul di dalam Kantor Kejaksaan dan Badan Kepolisian Nasional. Kantor Kejaksaan menginginkan kekuasaan diskresioner atas semua proses investigasi sementara Badan Kepolisian Nasional mencari otoritas otonom. Di tengah konflik agensi masing-masing, Hwang Shi-Mok dan Han Yeo-jin bekerja sama untuk secara independen melakukan penyelidikan mereka sendiri tentang kasus yang dirahasiakan.

Enggak kaleng-kaleng, Stranger: Secret Forest oleh The New York Times dimasukan sebagai Acara TV Terbaik Kesepuluh tahun 2017 serta dinominasikan untuk berbagai penghargaan dan memenangkan Grand Prize untuk Televisi di Baeksang Arts Awards ke-54. 

Review Stranger 2: Forest of Secrets
Dari judulnya yang secara harfiah bermakna "Hutan yang penuh rahasia" atau bisa juga diartikan "Hutan Rahasia" bayangkan kita memasuki sebuah hutan yang penuh rahasia begitulan alur yang disajikan sepanjang episode. Berbeda dengan formula drama bergenre thriller kriminal atau aparat hukum seperti polisi (Live 2018) atau tentang jaksa Diary of a Prosecutor (2019) yang setiap episodenya ada kasus yang bisa diselesaikan dan menuju akhir drama kasus besar butuh beberapa episode, Stranger session 2 bahkan hingga episode 6 saya masih dibuat bingung dengan ujung setiap misteri kasus yang dihadirkan secara bertubi-tubi, satu belum selesai ada kasus lagi.

Cicak vs Buaya versi Drama Korea
Jika dalam session 1 konflik yang diangkat lebih menonjolkan bagaiman kongkalikong antara kejaksaan dengan korporat dan hanya menghadirkan konflik antara kejaksaan dan kepolisian dalam porsi yang lebih sedikit, di session 2 konflik kedua lembaga yudikatif ini menjadi sajian utama.

Saling merasa paling tinggi kedudukannya, perang sentimen dan media untuk mendiskreditkan bahkan saling bongkar kebobrokan masing-masing lembaga. Merasa dejavu?

Bagi saya intriks ini mengingatkan pada kasus "Cicak vs Buaya" jilid 1 tahun 2009 dan jilid 2 tahun 2015. Bagaimana antara KPK dan Kepolisian saling serang dan melemahkan hingga berujung kriminalisasi. Jadi seru kali ya kalau peristiwa bersejarah ini dibuat versi dramanya. canda pak..hehe

Selain tema cicak vs buaya, plot yang coba dihadirkan Stranger 2: Forest of Secrets dengan membuat tim reformasi gabungan antara kejaksaan dan polisi juga menarik. Antar anggotnya ternyata memiliki kasus yang coba disembunyikan rapat-rapat. 

Tim gabungan yang awalnya mungkin hanya sebagai "tim formalitas" untuk memenuhi tuntutan masyarakat berujung mapaletaka bagi para pelakunya yang bermasalah dengan kehadirang jaksa Hwang Si Mok dan Letna Han Yeo Jin yang di session pertama sudah diplot sebagai karakter yang anti kopromi dengan kejahatan, kolusi, dan nepotisme.

Latar belakang jaksa Hwang Si-mok yang menderita hipersensitivitas terhadap frekuensi suara tertentu dan harus menjalani operasi korektif sehingga dia kehilangan rasa empati dan kurang memiliki keterampilan sosial juga menurut saya adalah pilihan jenius dari penulis naskah. 



Dengan latar belakang penyakit di atas dan efek operasinya, membuat Jaksa hwang Si Mok dijuluki tidak punya empati saat dihadapkan pilihan rumit nan dilematis bagi orang normal karena harus meneyelesaikan kasus dengan beban moral yang besar. Misal pada session 1 ketika harus membongkar skandal oleh atasanya sendiri.

Umumnya ketika orang normal dihadapkan dalam kasus dengan conflict of interest akan membuat keputusan yang kurang adil, dengan kelainan efek operasi yang ia miliki menihilkan potensi conflict of interest tersebut.

secara keseluruhan menarik untuk diikuti, apalagi bagi kamu pecinta drama korea bertema thriller kriminal dan tema yang drak banget. Tapi kalau kamu sukanya drama yang romantis, mungkin Stranger Secret Forest bukan pilihan yang tepat. Selamat menonton.

penulis: Nandar
Korean Drama Enthusiast

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »