4 Drama Korea ini Bertema Jurnalisme

8:33:00 AM


Campusnesia.co.id -- Hai sobat campusnesia, kalian "ngeh gak?" ada tagline baru di bawah gambar judul posting kita tahun 2018 ini? yup ada kata edutainment kita coba lebih menghadirkan konten yang tidak hanya mendidik dan menginspirasi tetapi juga berusaha tetap menghibur, menyenangkan bukan?

Kali ini redaksi coba menghadirkan lagi konten yang akan membahas tontonan kesukaan sebagian dari kalian. Apalagi kalau bukan tentang drama korea. Yup bicara drama korea memang banyak temanya ya. Selain menghibur dan mengaduk emosi juga kita bisa belajar tentang tema-tema tertentu yang diangkat. Sebut saja kita pernah bahas drama korea yang bertema pendidikan, ada juga yang bertema dokter dan kesehatan.

Jurnalisme, bagaimana kalau kali ini kita coba bahas drama korea apa saja yang bertema tentang jurnalisme? penulis jadi tertarik dengan tema ini karena web ini juga masuk kategori jurnalisme walau tidak sesirius dikantor berita sungguhan.

Apa saja kira-kira drama korea yang bertema jurnalistik, yuk simak..

1. Pinocchio


Siapa yang nge-fan dengan Park Shin He yang pinter banget nangis dan Lee Jong Suk yang cute abis? di drama korea ini kalian akan menyaksikan keduanya berjuang menjadi reporter televisi berita.

Pelajaran yang bisa penulis ambil adalah tentang bagaimana mencari dan mengumpulkan berita. Kode etik dalam jurnalisme serta idealisme seorang wartawan. 

2. She Was Pretty

Kalau pinocchio bertema televisi berita, yang ini bertema tentang jurnalisme tulis. Tepatnya adalah majalah tentang dunia fashion. Unik ya bukannya tentang koran tetapi tentang majalah yang diangkat tentang fashion lagi.

Nah kalian akan menyaksikan akting dari Park Seo-Joon, Hwang Jung-Eum, Koh Joon-Hee dan si ganteng yang kocak Choi Si-Won.

Pelajaran yang penulis bisa ambil tentang bagaimana membuat konten yang menarik di sebuah media. Perjuangan mempertahankan rating demi oplah dan iklan yang jadi nyawa perusahaan. Menarik sih.

3. Argon

Bertema televisi seperti pinochio, Argon hadir dengan tema yang lebih serius. Ini bukan tentang tayangan berita reguler layaknya pinochio tetapi sesi khusus yang mendalami berita-berita tertentu. Kalau di indonesia macam mata najwa kali ya.

Siap-siap dengan akting dari Kim Ju-Hyeok, Park Won-Sang, Lee Seung-Joon dan lain-lain.

Pelajaran yang bisa diambil penulis tentang fakta sebuah berita, Berita harus berdasar fakta tidak boleh berupa opini dan karangan bebas. Fenomena semacam ini sedang banyak di negara kita. Apalagi berita yang bombastis "click bait" hanya demi klik, rating dan iklan.

4. Radio Romance

Yang satu ini masih on going, berbeda dengan 3 drama korea di atas, radio romance mengangkat tema jurnalisme Radio. Temanya tentang kisah-kisah kehidupan.

Menarik sekali di tengah era kecanggihan teknologi, ada sebagian orang yang masih serius dengan dunia radio dengan segala idealismenya.

Pelajaran yang bisa penulis petik tentang bagaimana proses pembuatan konten di radio, pembagian tim dan tugasnya, serta nampak perlatan radio yang canggih dan begitu serius.

Oh ya aktor dan aktrisnya Yoon Doo-Joon berperan sebagai Ji Soo-Ho, Kim So-Hyun berperan sebagai Song Geu-Rim, Yoon Park berperan sebagai Lee Gang, Yura berperan sebagai Jin Tae-Ri.

Nah sobat campusnesia, itu dia 4 drama korea yang bertema jurnalistik, dari sekian drama korea yang kami bahas, mana saja yang sudah kalian tonton dan mana favorit kalian? share di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »