8 Cara Tetap Produktif dengan Waktu Terbatas ala Raditya Dika

 

 
 
Campusnesia.co.id - Raditya Dika adalah pegiat kreatif yang sudah malang melintang di indonesia mulai dari blogger, penulis buku dan novel, sutradara, youtuber dan stand up comedyan.

Karyanya juga banyak sekali, yang populer misalnya Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Film Hangout dan Singgle dll.

Beberapa waktu yang lalu, melalui channel youtubenya Raditya Dika berbagi tips agar jadi produktif, hingga artikel ini ditulis (13/7/21) video yang berdurasi 7 menit 19 detik tersebut telah ditonton sebanyak 179.724 kali.

Apa saja tipsnya, yuk simak satu persatu.
 
 
1. Buat To Do List
To do list adalah daftar kegiatan yang harus dikerjakan pada hari itu diurutkan berdasarkan skala prioritas.

Dengan memiliki to do list kita jadi punya tanggung jawab untuk mengerjakannya, karena jika tidak ada biasanya kita akan lupa dan merasa bebas menunda pekerjaan.

Jangan lupa catat hal-hal sederhana, bisa menggunakan aplikasi di handphone,laptop, komputer atau post it di dinding kamar atau ruang kerja.

Kebiasaan mencatat membuat kita jadi punya stok ide dan bahan kegiatan, inspirasinya bisa datang dari obrolan, saat nonton film bahkan ketika melamun. 

Suatu saat ketika luang, stok catatan ide bisa dikembangkan jadi sebuah kegiatan atau project.
 
 
2. Kerjakan mulai dari yang Kecil-Kecil Aja
Mindset mengerjakan sesuatu dari yang besar kadang membuat males di awal karena terbayang bebannya yang berat.
 
Tipsnya mulailah dari hal kecil dan bisa dikerjakan sekarang juga, pekerjaan besar bisa dibagi jadi satuan target-target kecil agar lebih ringan dan tak terasa tahu-tahu sudah selesai saja.
 

3. Banyak Project Kerjakan Sepenggal-penggal
Misal dalam sepekan ada 3 tugas sekaligus, coba setiap hari semua tugas dikerjakan sedikit-demi sedikit bergantian satu tugas dengan tugas yang lain.

Dengan demikian semua tugas jadi punya kemajuan atau progres dan tidak bosen hanya mengerjakan 1 jenis tugas saja.
 

4. Jangan Lupa Sediakan Waktu untuk Bersenang Senang
Kuncinya adalah keseimbangan dalam bekerja, luangkan waktu diantara kerja dan bersenang-senang agar tidak penat dan terforsir.

Jika kamu suka game online, bisa dimainkan saat istirahat atau bagi yang suka drama korea juga bisa sebagai pelepas penat dan penyemangat.

Misal biar bisa nonton episode Hospital Playlist terbaru harus sudah menyelesaikan tugas tertentu sehingga bisa jadi motivasi.


5. Tentukan Jam Spesifik
Tetapkan jam kerja atau jadwal sekolah dan kuliah, di masa sekolah dan kuliah online membagi waktu menjadi sangat menantang, agar semua berjalan dengan baik tetapkan jamnya.

Misal pagi mulai jam 07.00-13.00 WIB adalah jam sekolah, jam tertentu sebagai jam istirahat layaknya saat sekolah offline dan pastikan juga membuat jadwal belajar dan mengerjakan tugas. 

Dengan demikian akan jelas pembagian waktunya dan tidak capur aduk.

Begitu pula untuk yang WFH, membuat jam kerja jadi sangat penting, agar p\keluarga di rumah tahu kapan kita kerja dan kantor juga tahu kapan seharusnya kita tidak diganggu dengan urusan kerjaan.
 
 
6.  Kurangi Meeting tidak Penting
Salah satu yang menguras waktu selama pandemi adalah banyaknya meeting online yang pembahasannya kurang esensial lebih kepada menghamburkan waktu.

Kurangi meeting yang tidak penting, meeting kalau penting saja.

Meminimalisir apps di HP dan PC yang penting-penting saja untuk mengurangi distraksi. Misal menjelang ulangan untuk sementara waktu aplikasi seperti IG patut diuninstal agar lebih fokus belajar.
 
 
7.  Sediakan Waktu Olahraga dan Melamun
 Olahraga agar badan tetap fit, dan melamun untuk mendatangkan ide, sediakan waktu untuk melamun ya.

8.  Delegasi
Delegasi adalah menyerahkan sebagian tugas kepada orang lain. Ini bisa diaplikasikan saat kita kerja kelompok atau bekerja bersama teman kantor.

Belajar delegasi juga belajar mempercayai orang lain. 
 

Itu tadi sobat Campusnesia 8 tips Jadi Produktif dengan waktu yang terbatas ala raditya dika, yang mau nonton versi videonya bisa klik di sini.

Semoga beranfaat sampai jumpa.

===
Baca Juga:
 
 
 
 

 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »