15 Tips Mengelola Keuangan ala Raditya Dika

6:21:00 AM


Campusnesia.co.id -- Youtuber Raditya Dika yang 6 juni lalu baru merayakan kelahiran anak pertamanya yang diberi nama Alenia, kembali mengunggah video di Youtube dengan tema Manajemen Keuangan, menarik sekali, dalam video yang berdurasi 23.33 menit itu ada 15 tips yang dibagikan untuk subcribernya, apa saja? yuk simak tipsnya.




1. Beli barang yang benar-benar kita butuhkan
Beli barang untuk diri sendiri bukan untuk orang lain, kebanyakan beli barang untuk membuat orang impres, kagum, hormat  atau hanya karena ikut-ikutan. Beli brang karena happy karena butuh. 

Bukan berarti tidak bisa membeli barang mewah atau mahal, tetapi prinsipnya karena fungsinya yang maksimum dan brkualitas. Pastikan barangnya memberikan nilai atau value untuk diri sendiri bukan orang lain apalagi karena ingin pamer.

2. Investasi
Waktu adalah teman terbaik untuk investasi, semakin lama investasi semakin baik. 

3. Uang masuk harus lebih besar daripada uang keluar
Caranya meningkatkan pemasukan atau menekan uang keluar.

4. Jangan Berhutang dan ngutangin orang


Beli barang sesuai kemampuan, kalau uangnya belum cukup lebih baik kerja keras lagi atau nabung. Kalau ada orang yang hendak berhutang raditya dika lebih memilih memberi value dan dibayar secara prodesional. 

Kalau terpaksa berhutang, usahakan untuk aset yang bertumbuh misalnya rumah, dan hindari berhutang untuk sesuatu yang nilainya akan semakin turun di masa depan. Tapi kalau bisa jangan berhutang.

5. Bayar apapun usahakan cash 
Berdasar penelitian dengan membayar cash saat belanja, secara psikologis akan “terasa lebih sakit” agar bisa belajar menahan diri dalam mngeluarkan uang.

6. Fokus ke penghasilan
Gaji tidak sama dengan penghasilan, menaikan gaji bisa jadi selaras dengan naiknya penghasilan tetapi penghasilan tidak melulu dari gaji, bisa saja dari usaha sampingan dengan membuka revenue stream dari keahlian yang kamu miliki.

7. Pelajari instrumen investasi 
Untuk jangka pendek cari intrumen investasi dengan resiko kecil walau hasilnya juga kecil, kalau jangka panjang bisa menggunakan investasi saham.



8. Banyak penghasilan bukan berarti pengeluaran semakin banyak
Tahan diri ketika ada peningkatan penghasilan, jangan sampai culture shock. Jangan habiskan penambahan penghasilan, lebih baik naiknya penghasilan dimaknai dengan peluang menambah anggaran invetasi bukan untuk foya-foya.

9. Buat Rencana Anggaran Belanja
Buat rencana anggaran belanja atau pengeluaran, pastikan ada alokasi untuk investasi.

10. Beli Pengalaman Bukan Beli Barang
Ada sebah riset bahwa membeli pengalaman jauh lebih menyenangkan daripada membeli barang. Pengalaman misalnya berlibur atau makan bersama keluarga.

11. Beli barang yang berkualitas
Pastikan saat membeli barang yang berkualitas dan bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama, daripada yang terjangkau tetapi usia manfaatnya singkat.

12. Usahakan kalau belanja sendirian
Tujuangnya agar tidak kalap, atau terpengaruh pendapat teman yang bisa jadi ingin membeli barang yang tidak benar-benar dibutuhkan.

13. Bayar Pajak dan Donasi
Pajak adalah kewajiban, harus dibayar, kalau ada penyalahgunaan oleh oknum pejabat atau dikorupsi itu bukan berarti jadi pembenaran untuk tidak membayar pajak. 

Donasi, dengan berdonasi kepada orang yang lebih membutuhkan kita akan mendapatkan kebahagian yang lain. Usahakan jika penghasilan bertambah, tambah juga donasinya. Makin banyak donasi makin bisa bahagia.

14. Hubungan dengan uang adalah hubungan kebiasaan
Perlu komitmen dan fokus, memanaj keuangan erat hubungannya dengan kebiasaan, kalau selama ini belum terbiasa maka mulai dari sekarang.



15. Temukan pasangan yang perilakunya terhadap uang itu sehat
Komunikasi dengan pasangan tentang manajerial keuangan, jika yang belum punya pasangan akan lebih baik bila sejak awal dikomunikan agar tidak menjadi perdebatan di masa depan.

Itu tadi sobat Campusnesia, 15 Tips Atur Duit ala Raditya Dika, menarik ya, bagi yang ingin simak versi videonya bisa tonton di bawah ini, punya pengalaman mengelola keuangan yang lain? share di kolom komentar ya.



penulis: Nadar
sumber: Channel Youtube Raditya Dika


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »