Berkenalan dengan Raditya Dika, Stand Up Comedian, Novelis dan Sutradara Muda

9:38:00 AM


Sobat Campusnesia, selamat pagi apa kabar hari ini? kabar gembira untuk kalian semua selama bulan oktober ini campusnesia akan mengangkat tema tentang Sumpah Pemuda, sebagaimana kita tahu di tanggal 28 oktober kita akan memperingati hari sumpah pemuda.

Berkenaan dengan tema besar di atas, redaksi akan mengangkat profil-profil anak muda yang penuh karya dan prestasi dengan harapan bisa menginsirasi dan memotivasi kalian semua. dan tentunya berharap pembaca sekalian ikut menghasilkan karya dan prestasi juga.

Kali ini redaksi akan mengangkat seorang pemuda yang dikenal dengan stand up komedian, novel komedi yang selalu best selle serta film-film komedinya yang laris di layar bioskop. siapa dia? yup Radiitya Dika. Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Ia menuliskan pengalamannya sehari-hari, tulisan-tulisan tersebut berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertamanya ia tulis pada tahun 2005 yang berjudul "Kambing Jantan" masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan Raditya Dika saat kuliah di Australia. 

Ia memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan penulis lainnya, yaitu pada setiap judul karya tulisan yang dibuatnya selalu mengangkat nama-nama hewan salah satunya adalah "Kambing Jantan".

Raditya Dika lahir pada tanggal 28 Desember 1984, di Jakarta. Nama aslinya adalah Dika Angkasaputra Moerwani, namun ia menggantinya saat duduk di bangku kelas 4 SD. Saat itu ia meminta izin kepada orang tuanya untuk mengganti namanya dari Dika Angkasaputra Moerwani menjadi Raditya Dika. SMP Tarakanita I, SMU 70 Bulungan, University of Adelaide Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.


Karya Tulisnya

Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh - Tahun 2005
Cinta Brontosaurus - Tahun 2006
Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa - Tahun 2007
Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang - Tahun 2008
Marmut Merah Jambu - Tahun 2010
Manusia Setengah Salmon - Tahun 2011
Koala Kumal - Tahun 2015


Filmografi

Film : 
a. Kambing Jantan The Movie - Tahun 2009
b. Cinta Brontosaurus - Tahun 2013
c. Cinta Dalam Kardus - Tahun 2013
d. Manusia Setengah Salmon - Tahun 2013
e. Marmut Merah Jambu - Tahun 2014
f. Malam Minggu Miko - Tahun 2014
Penulis Skenario :
a. Maling Kutang - Tahun 2009
b. Cinta Brontosaurus - Tahun 2013
c. Manusia Setengah Salmon - Tahun 2013
d. Marmut Merah Jambu - Tahun 2014

Sutradara : 
a.  Marmut Merah Jambu - Tahun 2014
b.  Malam Minggu Miko The Movie - Tahun 2014
c. Marmut Merah Jambu The Series - Tahun 2015

Nah bagaimana sobat Campusnesia inspiratif kan, dan kalau kalian ngikutin channel youtube bang radit sekarang beliau sedang mengerjakan film baru yang ditulis, diperankan dan disutradarai oleh bang Radit sendiri dengan judul Hangout. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan prestasi-prestasi pemuda indonesia lainya./AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »