Reportase KKN Kenalan dengan ONYATAN, Obat Nyamuk dari Desa Pebatan Berbahan Bawang Merah, Serai dan Cengkih

 


Campusnesia.co.idPebatan, Brebes (02/23) – Desa Pebatan merupakan salah satu desa di Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes yang kaya akan potensi di bidang pertanian. Desa ini memiliki luas wilayah sebesar 211 Ha yang terdiri dari luas tanah sawah sebesar 119 Ha. Dari luasnya sawah yang tersedia, komoditas pertanian unggulan lokal yang terkenal di Desa Pebatan adalah bawang merah.

Salah satu bentuk inovasi produk dalam pemanfaatan potensi desa adalah produk ONYATAN. ONYATAN atau Obat Nyamuk Pebatan merupakan obat nyamuk sederhana yang terbuat dari bahan alami, seperti bawang merah, serai, dan cengkih. 

Masing-masing bahan tersebut memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu berperan sebagai antinyamuk. Hal tersebut berkenaan dengan tingginya jumlah nyamuk di lingkungan sekitar yang menimbulkan masalah kesehatan di Desa Pebatan.


Pembuatan ONYATAN dilakukan dalam beberapa tahap yang diawali dengan persiapan bahan, antara lain bawang merah, serai, cengkih, dan air. Kemudian, bawang merah dikupas lalu dicuci bersama dengan serai dan cengkih hingga bersih. Bawang merah dan serai kemudian dipotong tipis-tipis lalu disisihkan. 

Setelah itu, air direbus hingga mendidih lalu seluruh bahan lainnya dimasukkan dan dimasak selama ±15 menit sembari diaduk hingga air berubah warna menjadi bening kecokelatan. Setelah dingin, air rebusan dapat dikemas ke dalam botol semprot dan obat nyamuk siap untuk digunakan. ONYATAN dipakai sebagai obat luar yang dapat disemprotkan pada tempat rawan nyamuk.


Dalam rangka pengenalan produk ONYATAN, dilakukan sosialisasi disertai praktik oleh mahasiswa Program Studi Gizi dari Tim 1 KKN Universitas Diponegoro Periode 2022/2023 kepada warga Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 di Balai Desa Pebatan yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan kader posyandu desa. 

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa menjelaskan bahayanya nyamuk bagi kehidupan manusia sehingga perlu adanya upaya penanggulangan untuk membasmi nyamuk, salah satunya dengan obat nyamuk sederhana. Mahasiswa menjelaskan cara pembuatan ONYATAN disertai pembagian contoh produk kepada hadirin.
 
Melalui pengenalan produk ONYATAN, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dari nyamuk sehingga terhindar dari beragam dampak negatifnya. 

Dengan adanya produk ONYATAN juga diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan usaha lokal untuk dikembangkan sebagai produk unggulan Desa Pebatan. Sehingga, tidak hanya berperan dalam membasmi nyamuk, ONYATAN juga dapat berfungsi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon