Loading...

Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Baca Komik, Manga dan Manhua

 


Campusnesia.co.id -  Komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik sering mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Depdiknas,2005: 583) komik diartikan sebagai cerita bergambar (dalam majalah, surat kabar, atau bentuk buku) yang umumnya mudah dicerna dan lucu. Dalam Kamus Ilmiah Populer, komik adalah cerita bergambar (tentang aktivitas dan sebagainya) yang pasti lucu.

Adapun pengetian komik menurut para ahli adalah sebagai berikut: 1. Menurut Franz & Meier (1994:55), komik adalah suatu cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata.

Ciri-ciri komik diantaranya memiliki sifat proporsional. Komik bisa membuat pembaca seolah-olah terlibat langsung secara emosional ketika sedang membaca. Seolah-olah, pembaca menjadi ikut berperan dan terlibat dalam cerita dan menjadi tokoh utamanya. Penggambaran watak.

Manga adalah komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di sana pada akhir abad ke-19. Manga memiliki sejarah awal yang panjang dan kompleks dalam seni Jepang terdahulu.

Manga dan anime memang sama-sama disajikan dalam bentuk media visual, namun keduanya tetap berbeda. Manga ditujukan untuk versi cetaknya yang berisi gambar dengan tulisan seperti novel grafis atau komik, sedangkan anime disajikan dalam bentuk media film atau serial televisi.

Mangaka memiliki padanan makna dengan komikus. Di luar Jepang manga biasanya merujuk pada buku komik Jepang dan mangaka mengacu pada pengarang manga yang biasanya adalah orang Jepang. Pada 2006, sekitar 3000 mangaka profesional ada di Jepang.

Manhua adalah sebutan untuk komik-komik berbahasa Mandarin yang dibuat di Tiongkok Daratan, Hong Kong, dan Taiwan.

Apa beda manhua dan manhwa?
Manga adalah komik Jepang, sedangkan manhwa merujuk pada komik Korea, dan manhua merupakan komik China. Seniman pembuat komiknya juga memiliki julukan sendiri, yaitu "mangaka" untuk pembuat manga, "manhwaga" untuk pembuat manhwa, dan "manhuajia" untuk pembuat manhua.

Donghua adalah sebutan untuk animasi buatan Tiongkok. Bisa dibilang mirip dengan anime atau animasi buatan Jepang. Manhua adalah nama atau sebutan manga dalam bahasa tiongkok, atau manga Tiongkok, atau komik buatan Tiongkok.


Lewat postingan kali ini, berikut kami hadirkan Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Baca Komik, Manga dan Manhua.

1. Comixology (Android, iOS, Kindle Fire, Browser)

2. VIZ Manga (Android, iOS)


3. Shonen Jump (Android, iOS, Browser)


4. Crunchyroll (Android, iOS, Browser)


5. Book Walker (Android, iOS, PC, Mac, Browser)


6. Renta (Browser)


7. Manga Club (Browser)


8. Mangamo (Android, iOS)


9.  INKR COMICS (ANDROID, IOS)


10. MANGA PLUS (ANDROID, IOS, BROWSER)


11. Webtoon Komik


12. Komikindo 


13. Webcomicsapp


14. Bacakomik


15. mangaku


16. Komiku


Jenis-jenis Komik:
1. Komik Strip. 
2. Komik Buku. 
3. Komik Humor dan Petualangan. 
4. Komik Biografi dan Ilmiah. 
5. Komik Edukasi. 
6. Komik Promosi (Iklan) 
7. Komik Wayang. 
8. Komik Silat.
9. Komik Non-Fiksi. 
10. Komik Fiksi Ilmiah. 
11. Komik Superhero. 
12. Komik Misteri.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Rekomendasi Website dan Aplikasi untuk Baca Komik, Manga dan Manhua. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:




Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys