Loading...

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Mapel Teknologi Infromasi dan Komunikasi di Pelosok Kota Medan untuk Kali Pertama



Campusnesia.co.id - Medan (06/02/2022) - KKN Tim 1 Undip dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2022 - 15 Februari 2022. Pelaksanaan KKN tahun ini bertema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs”. 

Terdapat empat program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Undip yaitu 2 program kerja berkaitan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa, 1 program kerja berkaitan dengan Covid-19, dan 1 program kerja berkaitan dengan Kegiatan Bahaya Narkoba.

Rara Ariefftah salah satu mahasiswa Ilmu Komputer/ Informatika Universitas Diponegoro sekaligus merupakan peserta KKN Tim 1 Undip melaksanakan program kerja berbasis SDGs dengan melakukan pengedukasian dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pelatihan mengetik pelatihan mengetik menggunakan salah satu aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word. 


Pelaksanaan program kerja ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 060863, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Pada tanggal 19 Januari 2022.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan salah satu Sekolah Dasar yang ada di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru yaitu SD Negeri 060863, yang mana sekolah tersebut tidak pernah mengajarkan mata pelajaran TIK kepada siswanya. Hal ini dikarenakan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sempat dihapus oleh pemerintah saat menerapkan kurikulum 2013 (K-13). 

Penghapusan mata pelajaran tersebut dapat menyisakan masalah baru terhadap anak-anak yang sedang duduk di jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), tapi masalah ini lebih berdampak kepada siswa sekolah dasar karena pengetahuan dasar TIK seharusnya diajarkan sejak dini yaitu saat anak-anak duduk di sekolah dasar. 

Salah satu masalah terhadap penghapusan mata pelajaran TIK yaitu siswa tidak dibiasakan berpikir kreatif sehingga tidak siap menyambut era digital, kemudian siswa juga kemungkinan kurang pelatihan mengetik menggunakan perangkat lunak pengolah kata seperti microsoft word. Pada Tahun 2019, mata pelajaran TIK diterapkan kembali dengan nama Informatika. 

Konsep informatika berbeda dengan konsep TIK. Dikarenakan materi dari informatika masih sangat berat untuk kalangan Murid SD maka Pengenalan dasar tentang TIK dapat diajarkan. Pengenalan Dasar TIK ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini dalam pengawasan orang dewasa. 

Pengedukasian meliputi pengenalan dasar TIK yaitu penjelasan tentang sistem komputer kepada siswa, kemudian melakukan praktik langsung dengan salah satu software pengolah kata yaitu Microsoft Word. 

Pengenalan Dasar Teknologi Infromasi dan Komunikasi
pada Murid SD Negeri 

Praktik ini dilakukan untuk melatih jari-jari siswa dalam keterampilan mengetik di keyboard dan melatih siswa dalam penggunaan dasar microsoft word. Pengedukasian ini berfokus ke siswa SD kelas 6, dikarenakan siswa akan melaksanakan ujian beberapa bulan lagi dengan menggunakan perangkat komputer. 

“Terima kasih untuk mahasiswa Undip yang sudah memberikan pengedukasian kepada murid kelas 6. Adanya pengedukasian ini murid-murid kelas 6 mendapatkan ilmu yang tidak pernah diajarkan oleh guru di Sekolah ini” Ungkap Ibu Reni, salah satu Guru di SD Negeri 060863, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Dengan diadakan pengedukasian pengenalan dasar TIK dan pelatihan mengetik diharapkan dapat meningkatkan edukasi para murid kelas 6 SD Negeri 060863 mengenai dasar TIK dan pelatihan mengetik menggunakan Microsoft Word.



Penulis: 
Rara Ariefftah

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys