Universitas Terbuka UT, Solusi Kuliah Murah Di Tengah Mahalnya Biaya Pendidikan Indonesia

 



Campusnesia.co.id - Dalam beberapa tahun terakhir, keluhan mahalnya biaya pendidikan semakin banyak disuarakan oleh masyarakat. Jika biaya mahal dahulu identik dengan kampus swasta, hari ini kampus negeri bahkan yang dahulu berlabel kampus rakyatpun mulai mahal biayanya yang tak semua kalangan bisa menjangkau.

Usut punya usut, mahalnya biaya pendidikan di level perguruang tinggi negeri ini adalah banyaknya kampus yang berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum yang mengharuskan kampus mandiri secara pendanaan proses belajar mengajar dan fasilitas yang diperlukan.

Idealnya setiap kampus punya unit usaha yang bisa jadi penopang biaya operasional, namun hal tersebut butuh waktu sedangkan biaya harus dikeluarkan saat itu juga, maka beban biaya tersebut lebih mudah dibebankan pada iuran yang berasal dari mahasiswa seperti UKT.

Pertanyaannya apakah ada alternatif perguruan tinggi negeri namun dengan biaya terjangkau? jawabanya ada, salah satunya adalah Universitas Terbuka atau UT.

Pengalaman pribadi saya, tahun 2023 lalu mendaftarkan ponakan yang lulusan SMK di jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka untuk biaya masuk pertama 1,7 juta rupiah sudah termasuk SPP, buku ajar dan jas almamater.

Semua proses pendaftaran dilakukan secara online, buku ajar dan jas almamater dikirim ke rumah masing-masing dan semua proses perkuliahan full online bisa disambi kerja atau aktifitas produktif lainnya.

Kunci dari kuliah di UT ini adalah disiplin, setelah menerima buku ajar sebaiknya mulai belajar secara mandiri, saat proses kuliah online dimulai harus aktif interaksi dengan dosen untuk menanyakan materi yang belum dipahami. Jika sudah waktunya mendapatkan tugas harus rajin mengerjakan dan mengumpulkan tepat waktu.

Untuk ujian semester ada dua sistem yaitu online dan offline, mata kuliah tertentu yang offline ujiannya dilakukan di kelompok belajar per kabupaten, sebagai contoh untuk wilayah kabupaten Pati jurusan manajemen ujian semester offline dilaksanakan di SMK N 1 Pati.

Tentu ada kurang dan lebihnya, namun di tengah isu mahalnya biaya pendidikan Universitas Terbuka yang berstatus negeri bisa jadi daftar list alternatif untuk sobat yang ingin kuliah. Tidak hanya jenjang S-1 di UT sobat juga bisa melanjutkan jenjang S-2. Seorang teman yang S-1 nya Peternakan Undip kini sedang melanjutkan S-2 di UT dan masih banyak contoh yang lainnya.

Toh kalau dibandingkan saat pandemi, dimana semua proses belajar mengajar dari TK, SD, SMP, SMA hingga perguruang tinggi juga full online, tidak ada bedanya dengan UT. Bisa dibilang sebelum era kuliah daring UT sudah mempeloporinya dan sistemnya sudah teruji.

Semoga postingan kali ini bermanfaat, sobat yang ingin tahu lebih banyak tentang kuliah di UT, cara daftar, biaya pendidikan dan pilihan jurusan bisa kepoin websitenya: https://www.ut.ac.id.

Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar 


Sumber foto: Lazada.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon