Loading...

11 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara dan Interview Kerja Catat dan Pelajari




Campusnesia.co.id - Magister Pengelana dari Jolalingopi.com kembali hadir kali ini akan  mengupas tentang pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalamannya selama ini dalam mengikuti tes wawancara. 

Secara umum pertanyaan yang ditanyakan kurang lebih hampir sama. Oleh sebab itu, ketika mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi wawancara, sebaiknya sobat mencari tahu terlebih dahulu, tentang materi-materi yang kiranya ditanyakan oleh penguji nantinya. 

Namun dalam artikel kali ini kita disclaimer terlebih dahulu, meskipun sobat sudah belajar dan menyiapkan jawaban-jawaban tidak menjamin bahwa sobat akan diterima kerja. 

Karena dalam mencari kerja itu seperti mencari jodoh, mau sebaik apapun dan sebagus apapun kalau belum jodohnya ya, gak akan diterima. Ya percaya gak percaya, begitulah yang penulis rasakan selama ini.

Oke kembali ke topik bahasan, tentang pertanyaan saat wawancara kerja, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk sobat semua.

Berikut ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja:


1. Perkenalkan Diri Anda?
Nama, tempat dan tanggal lahir, Riwayat Pendidikan, Riwayat Organisasi, Pengalaman Kerja dari yang terbaru, Hal-hal positif dari diri anda, misal: saya orangnya kreatif, tekun, dll.


2. Apa Kelebihan dan Kelemahan Diri Anda?  
Sebutkan kelebihan apa saja yang anda miliki. Sebutkan kelemahan/kekurangan anda, dan bagaimana cara anda mengatasi kekurang tersebut. Nah pointnya bukanlah di kekurangannya, tapi solusi atau cara sobat mengatasinya.


3. Apakah Pernah Berkonflik dengan Rekan Kerja?
Sebutkan saja jika sobat pernah berkonflik atau berselisih atau mungkin hanya sekedar miss communication. 

Tapi pointnya bukan konfliknya ya sob, tapi bagaimana cara sobat mengatasi konflik tersebut.? 


4. Apa Kesibukan Anda Selama Ini?
Meskipun sobat nganggur atau hanya sekedar mencari pekerjaan, tapi usahakan untuk menjawab kegiatan atau aktivitas sobat lain yang bermanfaat atau produktif, misal: membantu orang tua jualan, dsb.


5. Kenapa Keluar dari Pekerjaan Sebelumnya?
Berikan alasan yang logis dan masuk akal kenapa sobat berhenti atau keluar dari pekerjaan sebelumnya. 

Misal: saya merasa perlu mengembangkan ketrampilan dan kemampuan saya ditempat lain dan memperluas jaringan adan pengalaman.


6. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?
Cari info tentang perusahaan di website Jika tidak ada cari tahu dari teman atau siapapun yang tahu Jangan sampai sobat tidak tahu apapun tentang perusahaan yang akan sobat lamar


7. Kenapa Melamar di Tempat Kami?
Berikan alasan yang meyakinkan kepada penguji kenapa sobat melamar di tempat tersebut. Misal: Saya melamar di perusahaan ini karena saya ingin bergabung dengan team yang solid dan kreatif, saya ingin menambah pengalaman, mengembangkan kemampuan dan ketrampilan saya lebih baik lagi, dsb.


8. Kenapa Melamar di Posisi ini?
Sobat harus pelajari dulu, apa saja jobdesk dari posisi yang sobat lamar. Misal staff admin: cari tahu dan pahami apa saja pekerjaan yang dikerjakan oleh admin secara umum. 


9. Kenapa Kami Harus Menerima Anda?
Berikan alasan berdasarkan pengalaman kerja, riwayat organisasi, atau ketrampilan dan keahlian yang sobat miliki.


10. Berapa Gaji yang Anda Butuhkan dan Buat Apa?
Kalau mau menjawab secara nominal, sobat cari tahu rata-rata gaji yang biasa diberikan pada posisi yang ingin sobat lamar. Ingat UMR tiap daerah berbeda-beda jadi perhatikan hal tersebut. 

Jangan hanya minta gaji gede, lha wong kerja aja belum kok. Sobat juga bisa menjawab dengan jawaban seperti, "Kalau soal gaji saya mengikuti perarturan dari perusahaan atau lembaga" Untuk apa gajinya? Jawab dengan hal-hal postif, misal mencukupi kebutuhan keluarga, ditabung untuk modal nikah, dll.


11. Kontribusi Apa Yang Bisa Anda Berikan? 
Agak susah memang, tapi sobat mau gak mau harus menyiapkan jawaban ini, karena ini termasuk pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara.

Intinya pahami dulu posisi yang akan dilamar dan kira-kira kontribusi apa yang mungkin bisa sobat berikan. 

Demikian tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang 11 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja Catat dan Pelajari. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Oh ya bagi sobat yang butuh informasi seputar lowongan kerja, bisa klik kolom "Loker" atau klik di sini.


Penulis:
Magister Pengelana

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys