Loading...

Tim Adiwiyata SMK N 1 Pati Gelar Tanam Pohon Mangrove dan Bersih Pantai Kertomulyo Pati

 


Campusnesia.co.id - Selasa 14 Desember 2021 Tim Adiwiyata dari SMK Negeri 1 Pati menggelar acara tanam pohon mangrove dan bersihkan sampah di Pantai Kertomulyo yang terletak di Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.

Selain sebagai kawasan konservasi hutan mangrove, Pantai Kertomulyo juga merupakan objek wisata yang lokasinya berbatasan langsung dengan bibir pantai. 

Dalam perkembangannya penggerak wisata lokal menambahkan beberapa fasilitas umum sehingga bisa menjadi destinasi Local Tourism untuk refresing serta menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar.

Kegiatan ini diikuti oleh sebelas siswa lintas jurusan yang tergabung dalam Tim Adiwiyata dan didampingi oleh dua orang guru yaitu pak Udin dan pak Afif.

Dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, peserta sudah divaksin, mengenakan masker dan mendapat ijin dari orang tua.

Sesampainya di lokasi, tim Adiwiyata SMK N 1 Pati disambut oleh Pak Yanuar dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tresno Segoro, beliau memberikan pengarahan tentang jenis pohon mangrove yang ada di sini, cara menanam dan manfaatnya untuk kawasan pesisir pantai.


Rombongan kemudian dipandu untuk menanam bibit pohon mangrove yang telah disediakan, sebuah alat tongkat berulir digunakan untuk menggali tanah, setelah bibit dimasukan ke dalam lubang dan diberi tanah, batangnya diikat pada sebilah bambu yang ditancapkan agar tidak roboh selama masa pertumbungan.

Di kawasan konservasi hutan mangrove Pantai Kertomulyo ini terdapat dua jenis tanaman mangrove yaitu Avicenia Officialis dan Rhizophora



Fungsi pohon mangrove ini sangat banyak, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Sebagaimana fungsi tumbuhan yang lain, mangrove juga memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2). 

Hutan mangrove memiliki peran sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut seperti ikan-ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan. Selain binatang laut, bagi hutan mangrove yang ruag lingkupnya cukup besar sering terdapat jenis binatang darat di dalamnya seperti kera dan burung.

Tuntas menanam pohon dan istirahat sejenak, Tim Adiwiyata SMK Negeri 1 Pati melanjutkan kegiatan bhakti lingkungan dengan membersihkan sampah di area wisata.


Beberapa sampah plastik dan cup mie instan berserakan karena pengunjung yang tidak membuang sampah pada tempatnya, padahal sudah disediakan banyak tempat sampah lho, untuk sobat pembaca yang akan datang ke Kawasan Wisata Konservasi Hutan Mangrove Pantai Kertomulyo jangan buang sampah sembarangan ya.

Menjelang siang, acara ditutup dengan istirahat, makan dan foto bersama sebagai oleh-oleh kenangan dan dokumentasi kegiatan Tanam Pohon Mangrove dan Bersih Pantai Kertomulyo Pati.



Foto: 
Dokumentasi Tim Adiwiyata SMK N 1 Pati

Editor: 
Nandar


====
Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys