Tim KKN UNS Ajak Masyarakat Aceh Lebih Peduli Lingkungan Lewat Program Penanaman Pohon


Campusnesia.co.id -- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) 2021 dilaksanakan secara luring dan daring. Salah satu tim KKN Tematik UNS, Kelompok 38, melakukan penanaman bibit pohon sebagai salah satu program luring. Rangkaian kegiatan ini dilakukan di Desa Bukit Harapan, Kec. Gunung Meriah, Kab. Aceh Singkil, selama dua hari pada Jumat (19/2) dan Minggu (21/2).

Kegiatan ini didasari oleh rendahnya tingkat kepedulian dan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup, budaya hidup sehat dan alam. “Program ini kami pilih karena lingkungan desa Bukit Harapan masih cukup gersang dan jarang ditemui pohon terutama di tempat umum seperti sekolah, mushola dan masjid, padahal pohon itu banyak manfaatnya, misalnya saja yang paling umum adalah menyediakan udara bersih, dan masih banyak yang lainnya,” ujar Arif selaku ketua KKN UNS Kelompok 38.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga diadakan penggalangan donasi terbuka bibit pohon. Berbagai pihak, mulai dari masyarakat lokal dan pemerintah desa pun terlihat sangat antusias karena berhasil mengumpulkan belasan bibit pada penggalangan donasi ini. 

Ada hampir 60 bibit yang ditanam dengan jenis yang beragam, seperti pucuk merah, ketapang, cemara, dan melati putih. Penanaman bibit yang beragam ini dilakukan di lahan kosong di sekitar sekolah, masjid dan mushola serta lahan gersang di pinggir jalan agar tercipta suasana teduh dan rindang, juga agar air tanah yang dihasilkan lebih efektif. 

“Kelompok kami tidak menyangka bahwa melalui donasi terbuka ini akan terkumpul lumayan banyak bibit pohon. Antusias dan dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat pun cukup besar,  kami juga ikut di bantu dan bekerjasama oleh warga Persaudaraan Setia Hati Terate yang ikut berpartisipasi dalam program ini sehingga penanaman bibit pohon ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujar Arif. 

Kepala Desa Bukit Harapan berharap program ini dapat tetap berlanjut. "Program penanaman pohon dari program Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret di desa ini bagus sekali karena selain untuk penghijauan di tempat umum yang juga terdapat banyak manfaat untuk masa depan, kami berharap program penanaman ini dapat berlanjut terus kedepannya,” ujar beliau.

Kelompok 38 KKN UNS ingin kegiatan penanaman bibit pohon ini dapat menyadarkan masyarakat bahwa melestarikan lingkungan adalah tugas dan tanggung jawab bersama, sehingga ke depannya bibit-bibit yang ditanam dapat terus dirawat dan dijaga.


Penulis:
Aretha Gea

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »