Review WandaVision Episode 1-9 Serial Pembuka MCU Phase 4 yang Epik

 



Campusnesia.co.id - Mengawali tahun 2021, Disney+ dengan konten MCU nya merilis serial WandaVision yang digadang-gadang sebagai pembuka phase 4 MCU dalam hal serial setelah sebelumnya selama setahun kita hanya disajikan Spider-Man Far From Home karena pandemi Black Widow diundur penayangannya di bioskop.

Direncanakan akan tayang sepanjang 9 episode setiap hari jumat jam 15.00 waktu indonesia dan ketika artikel ini saya tulis sudah tayang 5 episode, sejauh ini sangat menjanjikan sebagai obat kangen sajian dari MCU dan memberi ekspektasi akan serial-serial lain yang akan dirilis di Disney+ seperti The Falcon and the Winter Soldier dan Hawkeye.

Pemeran WandaVision
Walau tayang sebagai series, jangan salah kualitas WandaVision tak kalah dengan versi layar lebar. Disutradarai oleh Matt Shakman dengan sederet artis yang tentu saja dari versi bioskop dan beberapa tambahan cast baru. Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff/Scarlet Witch, Paul Bettany sebagai Vision (iya vision hidup lagi) Teyonah Parris sebagai Monica Rambeau, Kat Dennings sebagai Darcy Lewis dan Randall Park sebagai Jimmy Wo.

Poster Resmi WandaVision


Trailer  WandaVision




(Awas Spoiler)

Males Baca? dengerin versi Podcast klik tombol Play


Review WandaVision Episode 1-5
Seperti yang saya sampaikan di awal tadi, artikel ini ditulis saat serial ini baru tayang sebanyak 5 episode. Di awaki dengan epik sebanyak 2 epsode penonton di bawa ke era 1950, 1960, dan 1970 bertema sitkom komedi dengan layar hitam putih dan rasio layar kotak.

Baru di episode 3 dan 4 terkuak bahwa kehidupan wanda dan vision dalam sitkom era jadul adalah efek realita ciptaan wanda dengan kekuatanya. Area realita wanda ini berada di wilayah westview.

Mengetahui ada yang tidak beres, detektif  Jimmy Wo polisi yang ada di film Ant Man mendatangi daerah west view dan mendapat bantuan dari S.W.O.R.D organisasi bentukan Maria Rambeau ibunya Monica Rambeau sebagai organisasi taktis pengganti S.H.I.E.L.D yang telah bubar setelah disusupi oleh Hydra.

Secara garis besar premis dari serial ini adalah wanda yang patah hati akibat kematian pacar androidnya yaitu vision akibat ulah Thanos merasa depresi dan tidak bisa move on begitu saja. Hingga akhirnya memutuskan mencuri jasad vision yang disipan di markas sword dan menghidupkannya dalam realitas yang ia ciptakan dengan kekuatannya.

Sampai di sini sebenarnya gak ada masalah ya, toh itu cuma ilusi wanda, sayangnya tidak sesederhana itu efeknya. Karakter dalam dunia fiksi wanda ternyata adalah manusia asli dari kehidupan nyata yang terperangkap dalam kubah berbentuk segi enam bernama Hex, mereka berperan sesuai kehendak wanda dan dinyatakan sebagai orang hilang oleh kepolisian dan sword.

Kubah realitas alternatif wanda ini juga tidak mudah ditembus oleh orang luar, benda dan manusia yang memasuki wilayah berdinding kosmik ini akan menjadi bagian rangkaian cerita wanda dan menyesuaikan dengan time line waktu yang sedang berjalan di dalamnya. 

Sebut saja Monica Rambeau yang tersedor ke dalam kubah saat melakukan penyelidikan, ia yang awalnya mengenakan rompi anti peluru tiba-tiba berubah menjadi fashion era 60an, drone mata-mata yang menjadi helikopter mainan atau peneliti yang masuk lewat saluran air dengan pakaian khsusu ala aastronot muncul menjadi pakaian anti lebah, aneh.

Keanehan lain yang disadari oleh Darcy, tim gabungan yang dipanggil oleh sword, sitkom yang kita tonton sepanjang 3 epsidoe awal adalah siaran gelombang dari dalam kubah yang hanya bisa ditangkap oleh televisi teknologi jadul. Akan tetapi visual yang tampak di layar tv berbeda dengan yang terjadi di dalam kubah, semacam ada orang yang sengaja membroadcast tayangan ini disertai sensor di beberapa bagian.

Mampukan Monica Rambeau dan sword menyadarkan wanda dan menyelamarkan orang-orang yang terjebak di realitas bikinan wanda? untuk mendapatkan jawaban ini ya harus menonton hingga episode 9 nanti. Sambil menunggu kelanjutan kisahnya, ada beberapa hal yang sangat menarik dari serial ini, apa saja? ini daftarnya.

Review WandaVision Episode 6
Di episode 6 ini banyak hal baru terungkap dan cukup menjawab pertanyaan para penonton diantaranya;

- Apa yang terjadi jika entitas yang sudah mati dan hidup di realita buatan wanda keluar dari kubah Hex? jawabanya adalah hancur seperti yang dialami oleh Vision ketika mencoba keluar kubah dan meminta tolong pada Sword dkk.

- Apa yang terjadi jika orang luar kubah masuk dalam realita wanda? jawabanya akan berubah sesuai time line waktu buatan wanda beserta perannya, misal markas sword yang masuk kubah jadi tenda sirkus dan para agen jadi badut.

- Tommy dan Billy sudah menunjukkan kekuatan sebagai calon young Avenger, Tommy dengan kekuatan speed seperti pak liknya si quick silver ditambah kemampuan gerakan supersonik, akselerasi molekul, metabolisme luar biasa, dan reflek yang sangat cepat. dan Billy dengan kekuatan mirip seperti Thor dan juga Scarlet Witch. Mulai dari kemampuan sihir, terbang, hingga melompati waktu realistis.

- S.W.O.R.D sepertinya memang punya niat buruk dan bisa jadi villan dalam series ini terlihat dari file-file rahasia yang diretas oleh Darcy.

- Di dalam kubah realitas wanda, mereka yang hidup normal hanya yang ada disekitar wanda dalam radius bebera meter saja, mereka yang berjarak jauh ternyata hanya menjadi manusia patung atau nge-lag kayak di dunia game.

- World of Madness semakin masuk akal sejak wanda marah karena vission dalam bahaya saat mencoba keluar dari kubah Hex, ia memperluas area kubahnya dan membuat orang-orang di skitar kubah masuk dalam realita buatanya. Termasuk Darcy yang saat kejadian ditahan oleh agen Sword, masih jadi misteri akan jadi apa si darcy di dalam kubah nanti.


Review WandaVision Episode 7
Beberapa poin penting dari epsiode 7 yang perlu pembaca ketahui, darcy yang masuk ke kubah hex buatan wanda menjadi anggota sirkus, vision menemuinya karena ingat saat ia oba menerobos keluar bermaksud meminta bantuan. Vision mengembalikan kesadaran darcy dan meneritakan semua hal tentang Wanda dan Vision, karena kebingungan fix bisa kita simpulkan bahwa Vision di realita ini bukanlah vision yang kita kenal dulu karea ia sama sekali tidak ingat peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Monica Rambeau berhasil masuk kembali ke dallam kubah dan hampir terjadi baku hantam dengan Wanda. Bagia paling menarik adalah monia ternyata punya kekuatan entah namanya nanti akan jadi Captain Marvel atau Spectrum yang pasti dia gak takut melawan wanda.

Sword di bawah pimpinan .. memang punya niat jahat menoba menghidupkan Vision sebagai senjata dalam proyek Cataract. Karena gagal sepertinya sword juga memanfaatkan wanda untuk menghidupkan vision.

Agnes adalah Agatha Harkness, seperti sudah diprediksi banyak orang, ketika wanda membuat realitynya tidak mungkin tiba-tiba jadi kacau karena ia terlihat merasa kebingungan. Dugaan bahwa ada apur tangan orang lain yang mengacaukan realita wanda benar adanya, orang tersebut adalah Agnes yang aslinya adalah penyihir bernama Agatha Harkness aktor intelektual penyebab hadirnya Pietro, kematian anjing wanda, kelahiran anak wanda vision dll. Di akhir episode 7 semua itu diungkap namun belum jelas apa tujuan si Agatha Harkness ini.


Review WandaVision Episode 8-9
Adegan dimulai dengan flashback siapa agatha harkness, ternyata ia adalah newbie di sebuah group penyihir, namun karena melanggar peraturan geng akhirnya dihukum yang nampaknya dari pilihan kata panggilan yang digunakan pemimpin penyihir tersebut adalah sang ibu.

Agatha Harkness terlalu kuta hingga bisa mengalahkan segerombolan pemimpin penyihir putih tadi.

Fakta menarik ternyata wanda memperoleh kekuatan supernya dari penyihir yang diibunuh oleh agatha harkness, terlihat dari banyangan dan mahkota yang dikenakan.

Wanda yang ditangkap oleh Agatha Harkness kemdudian dipaksa untuk memberi tahu apa rahasia kekuatan supernya. Sayangnya wanda sendiri tidak tahu apa dan bagaimana dia akhirnya punya kekuatan super.

Terungkap bahwa Agatha Harkness memang outsider yang datang dan masuk ke Hex buatan wanda karena keinginanya sendiri, merasa iri dan ingin tahu rahasia kekuatan wanda yang sayangnya tidak bisa dimilikinya.

Tyler Hayward pemimpin Sword yang sejak semula sudah dicurigai punya niat menghidupkan Vision sebagai sebuah Senjata terkonfirmasi melalui flashback Wanda.

Di mid credit ditampilkan tubuh vision yang awalnya sudah dipreteli bisa dihidupkan kembali dengan energi dari benda-benda yang sudah masuk ke Hex buatan wanda. Namun ada yang yang berbeda Mind stone yang berwarna kuning di kening vision berubah menjadi warna biru mirip warna tesseract.

Bagaimana kelanjutanya? nantikan final episode 9 minggu depan.

Review WandaVision Final Episode 9
(Coming Soon)

Easter Egg or Whatever in WandaVision Series
Detektif Jimy Wo adalah polisi di film Ant Man artinya secara setting westview dekat dengan Ant Man and The Wasp.

Monia Rambeua yang meruapakan akan dari Maria Rambaeau dikabarkan akan menjadi captain marvel berikutnya setelah Carrel Danver?

Wandavision punya anak Tommy dan Billi yang akan menjadi manusia super selanjutnya generasi penerus Avenger.

Apakah vision benar-benar hidup? bukan hal yang mustahil dengan kekuatan wanda dalam menciptakan realitasnya sendiri bisa saja vision yang sudah mati oleh thanos akan hidup lagi. Tapi yang jadi pertanyaan apakah berlaku di luar kubah wanda? atau wanda akan memperluas cakupan wilayah relaitanya?

Jika benar itu yang akan terjadi, maka rumor yang mengabarkan bahwa Doctor Strange akan muncul di serial wanda vision akan masuk akan dan menjadi easter egg jembatan penghubung ke film berikutnya yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madnes versi layar lebar yang posternya menampilkan wanda. 

FIlm Doctor Strange in the Multiverse of Madnes rumornya juga akan membawa ke multiverse universe yang memungkinkan kita melihat Spider Man dalam 3 versi film berbeda dalam satu frame yaitu Peter Parker versi Tom Hollamd, versi Andrew Garfield dan versi Tobey Maguire, gila sih ini kalau sampai kejadian pasti seru.

Bocoran, Pietro adik wanda dalam avenger age of ultron yang mati setelah mengorbankan dirinya semi menyelamatkan Hawkeye dan rakyat akan kembali di series ini, tetapi bukan versi sebelumnya melainkan versi X-Men  days of future past, yup si Quick Silver (versi Evan Peters) yang bisa diartikan sebagai kabar baik bahwa X-Men telah resmi masuk MCU setelah Fox diakuisi oleh Disney.

Ada pula teori kenapa pietro si quick silver munculnya di episode ke 5 dan kepana versi x-men yang muncul? iru semua karena pas dengan time line dalam realita bikinan wanda yang dalam tampilan sitkom episode 5 merujuk pada era 1980, kalau temen-temen ingat di x-men dthe days future past kemunculan quick silver juga di setting era tahun yang sama 80an saat wolfrin ke masa lalu untuk menyelmatkan masa depan.

Berbeda dengan serial agen of S.H.I.E.L.D sepertinya serial era Disney+ dan MCU phse 4 ini memang dibuat sebagai bagain dari puzzle keseluruhan cerita dengan versi theatrical atau bioskop.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »