Review Serial The Falcon and Winter Soldier episode 1-6


 
Campusnesia.co.id - Setelah sukses dengan sambutan yang hangat dan meriah di setiap hari jumat dengan serial WandaVision, Disney+ sesuai dengan yang telah diumumkan, jumat 18 maret esok akan merilis bagian dari Marvel Cinematic Universe phase 4 yaitu serial The Falcon and WInter Soldier.
 
The Falcon and the Winter Soldier digarap oleh Malcolm Spellman, berdasarkan karakter Marvel Comics Sam Wilson/Falcon dan Bucky Barnes/Winter Soldier. Secara timeline event yang akan terjadi pada serial ini merupakan lanjutan setelah apa yang terjadi pada film Avengers: Endgame tahun 2019 silam. Dimana kita tahu steve roger yang kapten amerika memilih menetap di era 70 besama carter sang pacar saat mengambalikan infinity stone.
 
Ending Avenger End Game memperlihatkan steve roger yang sudah tua dan pensiun sebagai captain america, Shield atau perisainya diserahkan kepada Sam Wilson atau the Falcon.
 
Akankah bisa melanjutkan kesuksesan Wandavision yang di episode terkahirnya sempat membuat crash Disney+? mari kita nantikan bersama karya yang dalam serial ini ada Spellman sebagai penulis kepala dan Kari Skogland sebagai sutradara.

Sinopsis The Falcon and Winter Soldier
Setelah diserahkan mantel Captain America di akhir Avengers: Endgame (2019), Sam Wilson bergabung dengan Bucky Barnes dalam petualangan di seluruh dunia yang menguji kemampuan mereka.

Pemeran The Falcon and Winter Soldier
Anthony Mackie kembali berperan sebagai Sam Wilson/Falcon sebagaimana di film MCU versi layar lebar. Demikian juga Sebastian Stan sebagai Bucky Barnes/Winter Soldier yang sudah mengawali perannya sejak film Captain America pertama.

Daniel Brühl sebagai Helmut Zemo yang kita kenal sebagai villain dalam film Captain America Civil War, musuh dari sipil yang dengan kecerdasanya mampu menjalankan strategi devide at impera pada avenger hingga terpecah jadi 2 kubu yaitu tim cebong dan kampret eh salah maksudnya tim kapten amerika dan iron man.
 
Emily VanCamp sebagai Sharon Carter yang tampil apik adalam captain america juga. Wyatt Russell sebagai John Walker/U.S. Agent. Selain itu, Adepero Oduye, Desmond Chiam, Miki Ishikawa, Noah Mills dan Carl Lumbly juga ikut membintangi serial ini dalam peran yang masih dirahasiakan.

Poster Resmi The Falcon and Wintet Soldier

Trailer Resmi The Falcon and Winter Soldier


Review The Falcon and Winter Soldier episode 1 
Episode pertama diawali dengan scene aksi yang memukau, meng-eksploitasi banget Falcon dengan pertarungan di udara dan sensasi melayang bersama red wing, robot partner sam wilson.

Ia memilih mengembalikan perisai warisan captain america ke pemerintah karena merasa tidak layak. namun di ending episode ada raut merah dan kecewa saat menonton pemerintah mengumumkan sosok baru pengganti captain america dan memberikan perisai legendaris itu. Hal ini bisa jadi penyebab sam mencuri perisai capt di episode yang akan datang.

Sedangkan bucky selepas event avenger end game menjalani sesi terapi dan membantu pemerintah memberantas sisa-sisa Hydra dengan tanpa kekerasan sebagai syaratnya.

Setelah dirasa cukup sebagai penebusan, pemerintah memberikan kebebasan kepada bucky, mungkin berikutnya ia akan berkelana bersama sam.

Musuh baru sudah muncul, walau belum jelas siapa dalangnya dan apa motifnya. Di daftar cast memang sudah diumumkan Zemo akan kembali beraksi sebagai villain, tapi bagaimana ia menjadi musuh falcon dan winter soldier masih misteri, lagi pula di film captain america civil war ia akhirnya ditangkap oleh black panther.

Karakter Torrest sepertinya akan menjadi sosok ceria pelengkap lataknya Darcy dan detektif Jim Woo di Wandavision kemarin.


Review The Falcon and Winter Soldier episode 2
Musuh mulai nampak jelas, organisasi bernama flag smasher yang dipimpin oleh karli morgenthau. Falcon dan Bucky sempat dikalahkan dalam pertarungan di atas truk kontainer usut punya usut mereka memiliki kekuatan super soldier. Nampaknya di dapat dari serum yang membuat Captain America dan The Winter Soldier menajdi kuat. Pertanyaannya dari mana mereka dapat serum itu?

Untuk idealisme yang diperjuangkan adalah, kesetaraan perlakuan terhadap orang-orang pasca peristiwa Blip. Dikisahkan setelah orang-orang kembali pasca jentikan jari iron man, orang yang meghilang dan kembali mendapat perlakuan spesial. ini yang mereka tidak suka.

Sedangkan New Captain America mulai dihadirkan, seorang prajurit bernama asli John Walker dan partnernya Lemar Hoskins alias Battlestar. keduanya sudah sering malang melintang bertugas dalam kondisi bahaya ketika menjadi tentara amerika. Secara skill terlihat menjanjikan tidak seperti dugaan banyak orang yang dikira hanya boneka saja, tapi patut dicurigai percaya diri mereka berlebihan dan cenderung agak sombong, ada kemungkinan akan terjadi perselisihan antara mereka dan the falcon serta bucky.
 
Rasa penasaran Bucky tentang bagaiman organisasi Flag Smasher mendapatkan serum membawa mereka kepada seseorang bernama Isaiah, pejuang era 1951 yang juga manusia super setelah mendapat suntuikans erum era steve roger, pernah mengalahkan Bucky saat masing jadi Hydra dan diperlakukan tidak adil oleh pemerintah oleh karena itu ia enggan membantu bucky dan sam.

Akhirnya mereka mencoba menemui Zemo, mantan tentara Skovia yang hanya dengan kakuatan pikiran cerdasnya bisa memecah belah Avenger di film captain america civil war. Kita tungga kelanjutannya minggu depan.

Review The Falcon and Winter Soldier episode 3
Untuk menelusuri para Flag Samsher, Bucky dan Sam menemui dan membebaskan Baron Zemo dari penjara, sungguh langkah yang sangat berisiko mengingat cerdiknya Zemo dan potensinya menjadi musuh lagi bagi Avenger.

Mereka bertiga pergi ke sebuah wilayah bernama Madripur yang konon katanya dekat dengan indonesia, kawasan penuh dengan penjahat, para buron dan punya hukum sendiri. 

Tujuanya menemukan siapa pembuat serum super soldier sehingga jatuh ke tangan Flag Smasher dan disalahgunakan. Mereka berakting seolah masih menjadi penjahat dan berhasil bertemu dengan seorang mafia bernam Selby, sayang penyamaran Sam hampir terbongkar kerena menerima telpon dari adiknya. 

Baku tembak tak dapat dihindarkan, mereka bertiga jadi buron hingga datang Sharon, agen S.H.I.E.L.D yang datang menolong. Rupanya pasca event captain america civil war ia yang jadi buron pemerintah melarikan diri ke Madripur dan menetap di sana.

Dengan bantuan Sharon, mereka berhasil menemukan orang dibalik munculnya kembali serum super soldier. Seorang ilmuan bernama Dr. Wilfred Nagel yang pernah terlibat dalam penelitian Hydra, dan setelahnya direkrut oleh CIA, serum ciptaannya dicuro oleh Flag Smasher begitulah ceritanya.

Sayang sebeum banyak bicara, Zemo menembak sang ilmuan, bukti bahwa Zemo masih berbahaya dan ada potensi menjadi musuh, atau mungkin ia sekedar menuntaskan tugasnya membunuh orang-orang yang terlibat dalam super sodier seperti dalam event civil war.

Ada cameo Okoye dari Wakanda, entah apa nanti peranya dalams series ini. Penyamaranya yang terkuak oleh Bucky dari teknologi yang digunakan, kita tunggu saja detail episode selanjutnya.

Hal yang membuat saya penasaran adalah sosok Power Broker yang sering sekali disebut namun hingga episode 3 ini masih misterius, siapa orangnya dan apa perannya.


Review The Falcon and Winter Soldier episode 4
Karli Mogenthau membom sebuah gudang persediaan bahan makanan di mana di dalamnya masih ada orang. Teror ini ditujukan kepada pemerintah sebagai aksi teror.

Sementara Sam, Bucky dan Zemo melacak keberadaan serum hingga ke sebuah daerah pengungsian basis dari para aktivis Flag Smasher.

Pada awalnya sam behasil mendekati Karli dengan tujuan persuasif hingga rencananya hancur berantakan karena ketidaksabaran dan arogansi John Walker a.k.a new captain america. Beruntung Zemo berhasil menghancurkan serum milik karli.

Sayang tersisa 1 dan ditemukan oleh John Walker, dari perubahan gelagat dan kekuatannya sepertinya serum itu ia gunakan.

Pertarungan flag Smaher melawan falcon dan winter soldier dicampuri oleh John Walker dan Lemar Battlestar. Lemar harus menjadi korban dan tak bisa diselamatkan.

John Walker marah hingga membunuh salah satu anggota flag smasher di tempat umum dan direkam oleh masyarakat. Banyak teori berbasis komik bahwa nantinya john walker akan jadi jahat hingga sam dan buicky harus mengambil alih perisai milik steve roger lagi. Kita lihat episode selanjutnya minggu depan.

Oh ya, tim wakanda datang menemui bucky bertujuan menangkap kembali Zemo yang ia bebaskan, tim wakanda ini tidak setuju dengan strategi bucky dan sam karena zemo lah yang membunuh raja wakanda. Diperlihatkan pertarungan seru tentara wakanda melawan bucky hingga berhasil melucuti tangan vibraniumnya dengan mudah, seperti kia tahu bahwa teknologi tangan robot terbaru bucky dari wakanda.

John walker dan lemar juga dipermalukan oleh tentara wakanda yang notabene adalah wanita semua. Itu pula yang semakin membuatnya frustasi hingga diam-diam menggunakan serum supoer soldier yang ia temukan.
 
Fyi, dari data film captain america the first avenger, sang dokter pernah berkata bahwa serum selain menambah kekuatan juga akan membuat orang yang baik jadi makin baik seperti steve roger dan sebaliknya yang jahat makin jahat seperti red skull dan demikian diramalkan efeknya pada john walker.
 
 
Review The Falcon and Winter Soldier episode 5
John Walker yang lari setelah membunuh anggota flag smasher berhasil ditemukan oleh Sam dan Bucky, terjadi pertarungan sengit memperebutkan perisai warisan steve roger, mereka berhasil mengambilnya kembali dengan taruhan rusaknya sayap Falcon dan john walker yang cedera.

Sam dan Bucky kembali ke kampung halaman sarah, memperbaiki kapal milik adiknya, deep talk dan bersepakat, Perisai warisan Steve Rogers harus diterima oleh Sam sebagai the next Captain America sekaligus Black Captain America. Ia gita berlatih untuk menguasi perisai dengan beberapa trik ala steve bersiap jika Karli dengan gerombolannya muncul segera kembali beraksi.

Sementara itu Karli dengan komplotan Flag Smashernya diam-diam datang ke New York hendka menggagalkan Voting dewan pengembalian orang-orang pasca blip. Dibantu teroris yang di awal episode 1 bertarung melawan falcon.

Episode 6 yang akan jadi akhir serial The Falcon and WInter Soldier diprediksi akan seru penuh aksi pertarungan antara The Falcon, WInter Soldier melawan The Flag Smasher and the geng serta John Walker yang di credit scene terlihat membuat perisainya sendiri.

Efek serum nampaknya membuat ia menjadi jahat dan terobsesi sebagai captain america. Ada wanita misterius yang mendatanginya dan menawarkan bantuan, masih jadi misteri.

Btw, Zemo sudah dibawa tentara Wakanda untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya membunuh sang Raja.

Oh ya, berkat Bucky Sam mendapatkan sayap Falcon barunya, kali ini bukan lagi buatan america melainkan made in wakanda dengan teknologi lebih canggih dan bahan yang lebih kuat karena terbuat dari Vibranium, bahan yang sama dengan Perisai Captain America dan Lengan Winter Soldier, penasaran seperti apa penampakannya.

 
 Review The Falcon and Winter Soldier episode 6 - Tamat
Akhirnya selesai juga, saya melihat serial falcon dan winter soldier ini lebih kayak film yang berdurasi panjang, karena untuk sebuah series, 6 episode itu cukup pendek.

Di episode terkahir akhirnya kita melihat Sam dengan kostum made in wakanda barunya, tema amerika dengan akses biru dan putih, bintang dan sayap vibranium, betul kini falcon resmi menjadi the new Captain America menggantikan john walker.


Pertarungan sengit antara sam, bucky, flag smasher, batroc dan nimbrung juga sharon yang ternyata adalah Power Broker.

Anggota flasg smasher berhasil ditumpas, si karli terluka akibat baku tembak dengan sharon, belum jelas bagaimana nasibnya. Anggota yang lain tertangkap dan ketika hendak dibawa ke penjara RAFT tiba-tiba mobilnya meledak oleh seorang kakek yang kalau tidak salah adalah pembantu Zemo. Jelas misi Zemo adalah membunuh setiap orang yang menggunakan serum super soldier.

John Walker akhirnya sadar, saya beryukur akhirnya akur dengan bucky dan sam, kini ia tidak perlu menjadi captain america karena telah memiliki identitas sendiri yaitu U.S Agent yang katanya akan mengarah pada plot Thunderbolt  di MCU.


Thunderbolt adalah tim villain super yang muncul dalam Marvel Comics. Eksistensi tim tersebut rupanya telah disetujui oleh pemerintah. Thunderbolt diperkenalkan sebagai tim villain yang berharap mendapatkan kepercayaan dunia dan menggunakan kepercayaan tersebut untuk tujuan jahat. Seiring waktu, mereka pada akhirnya benar-benar menyukai menjadi seorang pahlawan, dan memutuskan untuk tetap menjadi pahlawan. Thunderbolt sejak itu mulai mendapat dukungan dari pemerintah AS.

Berikutnya kita akan disajikan dengan serial LOKI yang dari trailernya cukup menjanjikan, selengkapnya mari tunggu tanggal mainnya 11 Juni 2021, dan hawkeye. 
 

Penulis: Nandar


Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »