Info Herbal: Kandungan dan Manfaat Tanaman Zaitun




Campusnesia.co.id - Tanaman zaitun (Olea europaea) memiliki pohon dengan tinggi mencapai 3-15 m. Bunga berwarna putih atau krem dan berukuran kecil-kecil, pada bulan Oktober sampai Maret bunga tersebut berkembang dan mempunyai panjang 6-10 mm. Dalam bentuk buah, zaitun muda yang berwarna hijau kekuningan kerap disantap begitu saja atau sebagai penambah rasa. Zaitun matang berwarna ungu kehitaman biasanya dibuat acar atau diperas diambil minyaknya. Buah zaitun matang mengandung 80 persen air, 15 persen minyak, serta 1 persen protein, karbohidrat, dan serat. Untuk menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun (6).

Minyak zaitun terdiri dari zat-zat minyak yang dinamakan glesiredat (ester) dengan persentase 97% dan zat-zat minyak lainnya. Minyak zaitun juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, D, dan vitamin E. Minyak zaitun mengandung mineral, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan asam folat, dan zat-zat penting yaitu: nutrisi, squalene, zat besi, polifenol, asam lemak, dan omega 9 (4). 

Salah satu komponen penting minyak zaitun adalah tokoferol (vitamin E), terdiri atas tokoferol alfa, beta, gama, dan delta. Jenis alfa paling tinggi konsentrasinya, hampir mencapai 90 persen dari total tokoferol. Karena itu, minyak ini sangat ideal sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari radikal-radikal bebas yang berbahaya. Zaitun adalah sumber istimewa dari polyphenols, senyawa antioksidan yang membantu mencegah penggumpalan darah yang berbahaya. Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology mengaitkan senyawa ini dengan peningkatan kadar nitric oxide, molekul jantung sehat yang meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah (2).


Manfaat minyak zaitun diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, pencegahan kanker dan jantung koroner. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan teh hijau yang digadang-gadang sebagai antikanker, darah tinggi, diabetes, stroke, dan jantung koroner, oleh karena itu sangat cocok sebagai pilihan untuk mendapatkan kesehatan (7).


Polifenol adalah senyawa kimia alami sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari radikal bebas dan dapat mencegah resiko penyakit jantung. Polifenol memberikan efek vasodilator dalam pembuluh darah melalui peningkatan Nitric Oxide Syntase (NOS), merangsang quanylate cyclase dan membentuk cGMP sehingga terjadi vasodilatasi pembuluh darah (1). 


Minyak zaitun memiliki konsentrasi squalene paling tinggi diantara minyak nabati lainnya. Kadarnya berkisar 2.500-9.250 miugram/g. Squalene bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker. Komponen ini juga meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit TBC, hepatitis, flu, dan lain-lain. Minyak zaitun mengandung mengandung 55-85 %  asam oleat, yang mampu mereduksi serum LDL  (kolesterol jahat). Sehingga akan menghindarkan penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung dan darah tinggi (3).


Riset menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti minyak nabati, buah-buahan, sayuran, gandum dan kacang memiliki resiko serangan jantung dan kanker yang lebih rendah.1
Vitamin E juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum, dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh menangkal penyakit dan infeksi (5).


Daftar Pustaka
1. Athiroh, N. 2012. Mechanism of Tea Mistletoe Action ob Blood Vessels. Jurnal Kedokteran Brawijaya 27 (1) : 1-7. 

2. Kinanthi. 2009. Minyak Zaitun (Sumber Lemak Nabati). Jakarta : EGC.

3. Orey. C., 2008. Khasiat Minyak Zaitun Resep Umur Panjang Ala Mediterania. Jakarta : PT. Mizan Publika.

4. Savitri, C. Y., 2011. Perbaikan Daya Kelembaban Minyak Zaitun (Olea europeae) dan Gliserol dalam sediaan Krim Tangan. Medan : Fakultas Farmasi USU.

5. Selby, Anna. 2005. Makanan berkhasiat : 25 Makanan Bergizi Super untuk Kesehatan Prima. Jakarta : Erlangga.

6. Susilo, T.Y., 2012. Khasiat Minyak Zaitun (Olive Oil) dalam Peningkatan Kadar HDL (High Density Lipoprotein) Darah Tikus Wistar Jantan (Skrisi). Jember : Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

7. Trubus. 2010. My Healthy Life : Trio Herbal. Depok : PT. Trubus Swadaya.

penulis: Ika Shintya

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »