Catat Berikut 12 Cara Menguatkan Sinyal Wifi Anda

 


Campusnesia.co.id - Saat ini, hidup masyarakat di Indonesia tidak bisa lepas dari jaringan Wifi di rumah. Mulai dari bermain game online, menonton layanan streaming, mengunduh dan mengunggah file berukuran besar, hingga menggunakan perangkat rumah tangga pintar. Selain itu, dengan semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan bekerja dari rumah, maka sinyal Wifi yang kuat menjadi prioritas utama untuk mendukung aktivitas itu.

Ya, sinyal Wifi yang lemah tentu akan sangat mengganggu dan menjengkelkan. Namun kabar baiknya, kami telah berhasil menghimpun 12 cara yang bisa Anda gunakan untuk menguatkan sinyal Wifi di rumah Anda, sebagai berikut:


1. Mulai ulang (restart) router Anda
Sebelum melakukan perubahan pada setup Wifi Anda untuk memperkuat sinyal, maka cobalah untuk memulai ulang router Anda. Anda bisa melakukan ini dengan mencabut router Anda selama setengah menit dan pasang kembali atau dengan menekan dan menahan tombol reset router Anda.


2. Posisikan ulang router Anda
Terkadang, memindahkan router Anda ke lokasi yang berbeda dapat membantu menguatkan sinyal Wifi. Idealnya, sebuah router Wifi harus ditempatkan di tempat terbuka dan di tengah rumah Anda. Sebab, jika Anda menyembunyikan router Anda di dalam lemari atau di belakang benda lain, jangkauannya bisa saja terblokir. 


3. Perbarui firmware router Anda
Banyak dari pabrikan router Wifi merilis pembaruan firmware yang dapat membantu memperbaiki performa router Anda. Perlu Anda ketahui bahwa memperbarui firmware router juga bisa memiliki peningkatan (upgrade) Wifi lainnya, seperti perbaikan keamanan dan fitur baru.


4. Ganti router Anda
Anda bisa saja mengganti router lama Anda dengan router yang lebih baru dan canggih seperti router Totolink. Untuk melakukan setup router ini termasuk untuk  mengubah kata sandi dan nama jaringan, silakan masuk Totolink dengan alamat IP yang sudah tersedia.


5. Menggunakan Wifi extender
Menggunakan perangkat untuk memperluas jangkauan Wifi juga dianggap cara yang baik untuk memperkuat sinyal Wifi Anda. Perangkat murah ini akan menangkap dan menyebarkan ulang sinyal dari router Anda, memungkinkannya untuk menjangkau jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.


6. Memutus koneksi perangkat yang tidak digunakan
Cara lainnya untuk membantu meningkatkan sinyal Wifi adalah dengan memutus koneksi perangkat internet yang terkadang tidak Anda gunakan, seperti perangkat rumah pintar. 


7. Alihkan ke 2.4 GHz daripada 5GHz
Tergantung tipe router, Anda bisa memiliki opsi pilihan antara dua band frekuensi yang berbeda. Untuk memperkuat sinyal Wifi, disarankan Anda beralih ke 2.4 GHz daripada 5GHz sebab sinyal ini dinilai lebih baik dalam menembus hambatan seperti tembok bangunan rumah. 


8. Tambahkan antena ke router Anda
Jika router Anda hanya memiliki satu antena, maka Anda bisa menambah satu antena lagi untuk memperkuat sinyal Wifi Anda. 


9. Jauhkan pengguna yang tidak diinginkan
Jika jaringan Wifi Anda dipasang untuk publik, maka dapat saja sinyal Wifi Anda melambat oleh pengguna yang tidak diinginkan seperti tetangga Anda. Karena itu, Anda bisa menambahkan kata sandi pada jaringan Wifi Anda, atau jika Anda menggunakan router Mercusys, Anda bisa berkunjung ke halaman manajemen web Mercusys untuk melakukan penambahan sandi sesuai yang Anda inginkan. 


10. Cek kecepatan internet Anda
Anda perlu mengecek kecepatan internet Anda untuk melihat apakah sinyal Wifi yang lambat berasal dari kecepatan internet Anda yang buruk. Ada banyak opsi secara online yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan internet rumah Anda.


11. Gunakan jaringan Wifi mesh
Jaringan Wifi mesh menjadi opsi lainnya untuk memperluas jangkauan Wifi Anda. Namun tidak  seperti router, jaringan Wifi mesh melibatkan penggunaan dua router atau lebih. 


12. Ubah saluran router Anda
Jika Anda tinggal di daerah padat penduduk, router Anda mungkin bisa tercampur dan terganggu dengan router lainnya. Mungkin juga, perangkat lain dapat berdampak pada kecepatan internet Anda, seperti sistem telepon nirkabel dan microwave. Karena itu, Anda bisa mengatur saluran router Anda ke “Automatic” yang biasanya berfungsi untuk menghindari kerumitan itu.



Demikian tadi postingan kita kali ini tentang12 Cara Menguatkan Sinyal Wifi Anda, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Sumber foto: unsplash.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon