Tim KKN Undip Ajarkan Warga Wonosari Buat Pupuk Kompos Cair dari Enceng Gondok

9:52:00 PM



Campusnesia.co.id -- Wonosari Minggu (02/02/2019), Tim KKN 1 Undip Desa Wonosari Tahun 2019 mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos cair dari eceng gondok bertempat di Posko KKN tepatnya di Dusun Limbangan Desa Wonosari. Pelatihan ini dihadiri oleh anggota Kelompok Tani Desa Wonosari.



Pak Jono selaku Ketua Kelompok Tani Desa Wonosari mengaku sangat mendukung kegiatan ini, karena dengan menggunakan pupuk kompos cair maka dapat menekan pengeluaran. Selama ini petani di Desa Wonosari cenderung menggunakan pupuk kimia yang terbilang mahal dan jika sering digunakan dapat merusak unsur tanah.



Tim KKN 1 Undip Desa Wonosari Tahun 2019 memilih eceng gondok sebagai pupuk kompos cair karena populasi enceng gondok di Desa Wonosari terbilang cukup banyak. Keberadaan eceng gondok ini tentu akan membawa dampak negatif bagi lingkungan seperti menyebabkan pendangkalan, sebagai habitat vektor penyakit pada manusia, merusak estetika sungai serta hilangnya habitat ikan.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat mulai tergerak untuk memanfaatkan enceng gondok sebagai pupuk kompos cair serta memanfaatkan pupuk kompos cair sebagai ladang usaha bisnis.

sumber: Tim KKN Undip Desa Wonosari Siwalan Pekalongan
editor: Nandar
Foto: Tim KKN Undip Desa Wonosari Siwalan Pekalongan



Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »