7 Drama Korea dengan Tema Dunia Kerja Perkantoran

8:13:00 PM



Campusnesia.co.id -- Seperti yang pernah penulis sampaikan, salah satu yang menarik dari Drama Korea adalah temanya yang tematik, berbeda satu sama lain dan epik dalam memotret drama di kehidupan nyata.

Salah satu tema favorit penulis adalah drama seputar dunia kerja dan kantor. Di sini penulis bisa membayangkan lucu dan uniknya dunia kerja sekaligus kadang miris dengan segala dinamikanya yang "banyak benarnya". 



Oke, buat sobat campusnesia pecinta drama korea, berikut kami hadirkan drama korea dengan tema dan setting dunia kerja dan perkantoran, apa saja daftarnya? Yuk simak.

1. Rooftop Princess

Alurnya maju mundur, dikisahkan era kerajaan joseon dan karakternya terlempar dalam mesin waktu ke era modern. Dinamika seputar dunia kerja. Rilis tahun 2012 dibintangi oleh Park Yuchun, Han Ji-min, Jeong Yu-mi, Lee Tae-sung, Lee Min-ho, Jung Suk-won, Choi Woo-shik tayang di tv SBS jumlah episode 20.

2. Radiant Office

Kisah 3 anak magang, betapa tidak mudahnya mencari pekerjaan tetap di korea sekalipun lulusan universitas ternama dengan nilai bagus. Betapa banyak lulusan sarjana yang rela kerja paruh waktu, jadi buat kamu yang mengeluh dengan pekerjaan yang sekarang dijalani, setidaknya bersyukurlah. 

Rilis tahun 2017 dibintangi Go Ah-sung, Ha Seok-jin, Hoya berjumlah 16 episode tayang di saluran MBC.

3. Revolutionary Love

Tentu saja masih seputar dunia kerja, hanya saja levelnya berpusat pada pekerja paruh waktu bagian kebersihan dan love interestnya adalah anak bos perusahaan yang tidak kompeten. Banyak suguhan drama moralitas, tonton saja.



Dibintangi Choi Siwon personel super junior dan Kang So-ra yang akan sobat temui di misaeng ada juga Gong Myung tayang tahun 2017 dengan 16 episode di saluran TvN karena comedy romance jadi menarik di simak.

4. What's Wrong with Secreatary Kim

Tentang CEO yang perfeksionis yang mendadak mau ditinggal sekretarisnya yang sudah 7 tahun bersama. Awalnya hanya tak ingin mencari sekretaris lain hingga akhirnya alasan sebenarnya adalah cinta.

Lebih banyak komedi, tapi tetap saja unsur drama perkantorannya terasa. Dibintangi oleh 
Park Seo-joon dan Park Min-young tayang 16 episode di tvN rilis tahun 2018.

5. My Mister

Tidak tahu kenapa ya, TVN itu kalau membuat drama akhir-akhir ini serius dan berat banget, my mister ini contohnya. Tema tentang perebutan kekuasaan di ssbuah perusahaan dibumbui drama cinta dan perselingkuhan. Berat sih menurut penulis dan tentu saja tetap membuat penasaran untuk diikuti hingga episode akhir.

Dibintangi Lee Sun-kyun, IU yang juga penyanyi ada juga Lee Ji-ah tayang 16 episode tahun 2018 kemarin.

6. My Golden Life

Ini drama korea dengan jumlah episode terpanjang yang pernah penulis tonton. Drama putri yang tertukar versi korea dengan bumbu perkantoran dan tentu saja tema susahnya mencari kerja di korea bahkan untuk para sarjana. 

Dibintangi oleh Park Si-hoo, Shin Hye-sun, Lee Tae-hwan, Seo Eun-soo tayang 50 episode di saluran KBS dan seru.

7. Misaeng

Dari tahun rilisnya ini cukup jadul karena sudah sejak tahun 2014 lalu, tapi setelah menonton episode 1 membuat semakin penasaran hingga artikel ini ditulis baru sampai episode 6.

Kalau tema besar di drama perkantoran lain tentang susahnya sarjana mencari kerja, bayangkan di misaeng menyajikan perjuangan anak muda lulusan SMA yang masuk ngerinya dunia kerja. 



Pelajaran yang bisa diambil adalah tentang kejujuran, ketulusan, kerja keras serta kemauan untuk belajar menjadi lebih baik. Dibintangi si imut  Yim Si-wan, Lee Sung-min , Kang So-ra, Kang Ha-neul, Byun Yo-han, Kim Dae-myung, Shin Eun-jung, Park Hae-joon berjumlah 20 episode tayang di tvn. Nimkati aja 

Itu tadi sobat campusnesia, 7 drama korea dengan tema dunia kerja dan perkantoran yang pernah penulis tonton. kalau ditanya apa yang paling menarik, jawaban penulis adalah "seru kali ya bertemu jodoh di tempat kerja ha ha..". Ada referensi lain? Tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »